Laskar Wisata Alam di Bangka Belitung

Bangka Belitung, sebuah daerah yang dikenal masyarakat Indonesia berkat novel dan film Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Bagi Anda yang masih belum kenal dengan Bangka Belitung maka Anda harus tahu bahwa Bangka Belitung atau yang lebih dikenal dengan Belitung adalah sebuah daerah yang sudah resmi terpisah dari Bangka. Berbagai tempat yang sangat indah dijadikan latar tempat pada film Laskar Pelangi sehingga banyak orang yang tertarik untuk datang.

Wisata Alam di Bangka Belitung

Lalu apa yang terjadi setelah mereka datang ke Belitung? Mereka langsung jatuh cinta seketika. Panorama pantai yang indah, kuliner yang khas dan lezat, keunikan budaya, serta keramahan masyarakatnya semakin mendukung daerah ini menjadi sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata terutama wisata alam. Beberapa objek wisata alam akan dibahas dalam artikel ini supaya Anda menjadi salah satu orang yang ingin datang ke sana.

Pulau Batu Berlayar

Wisata Alam Pulau Batu Berlayar

@jelajah.nusantara.official

Pemandangan pantai yang menakjubkan dan ikonik di Belitung ada di Pulau Batu Berlayar.  Pulau Batu Berlayar terlihat ikonik karena ada panorama batu-batu granit besar dan menjulang tinggi yang berdiri di atas pulau berpasir putih yang lembut. Air laut di sekeliling pulau berwarna biru jernih kehijauan dengan ombak yang tenang. Berkeliling sambil berfoto di Pulau Batu Berlayar merupakan aktivitas yang sangat seru dan berkesan. Celah-celah batu granit besar itu juga harus dieksplor dan difoto atau Anda yang berfoto di tengah celah batu itu pasti hasil foto Anda akan sangat keren. Untuk menuju ke tempat ini harus menyewa kendaraan atau memakai kendaraan pribadi karena di Belitung sangat sulit menemukan kendaraan umum kecuali di tengah kota.

Liburan di Pulau Batu Berlayar

@litha253

Pulau ini bisa menjadi spot snorkeling yang bagus karena bawah lautnya sangat indah, namun Anda harus berhati-hati karena banyak bulu babi di sana dan arus lautnya cukup kuat sehingga kalau tidak mahir berenang wajib memakai pelampung. Terumbu karang menjadi keistimewaan yang bisa dilihat saat snorkeling sehingga Anda juga harus berhati-hati saat snorkeling agar tidak menginjak terumbu karang sehingga mereka tidak akan rusak. Laut di sekitar pulau ini juga indah karena biota laut seperti ikan-ikan cantik dan bintang laut yang sehat. Untuk menuju pulau ini bisa ditempuh dari Pantai Tanjung Kelayang selama 15 menit perjalanan. Sewaktu-waktu pulau ini bisa tidak terlihat karena tertutup laut sehingga pulau ini dinamakan Batu Berlayar karena batu-batu besar itu akan terlihat seperti perahu nelayan yang sedang berlayar saat air laut sedang tinggi.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Bangka Tak Kalah Dengan Bangka Belitung

Pantai Tanjung Kelayang

Wisata Alam Pantai Tanjung Kelayang

@videolucuhaha

Pantai di Belitung memang khas dengan batu-batu granit yang tinggi menjulang seperti di Pantai Tanjung Kelayang. Uniknya di pantai ini batu-batu granit tersebut berbentuk seperti pulau dan burung sehingga pantai ini diberi nama Pantai Tanjung Kelayang. Tanjung Kelayang menjorok ke arah dengan pasir putih yang membentang luas sehingga pantai ini nampak sangat indah. Di sebelah timur pantai ini bisa untuk berenang karena dasar pantai cukup dangkal terlihat dari atas sebab air lautnya sangat jernih. Sedangkan sisi barat pantai ini memiliki pemandangan berbeda karena didominasi dengan batu-batu granit. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menikmat sunset karena pemandangan matahari terbenam sangat indah di sana.

Liburan ke Pantai Tanjung Kelayang

@pikniknusantara

Tanjung kelayang menjadi titik mula untuk berwisata ke pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti pulau lengkuas, pulau burung, pulau batu berlayar. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk hoping islands (keliling pulau-pulau). Hanya ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit karena letaknya cukup dekat dari daratan maka Anda akan bisa menikmati keindahan dengan puas karena pulau ini tidak berpenghuni. Anda harus membawa perbekalan berupa makanan dan minuman karena tidak ada warung atau penjual di pulau ini. Sebaiknya menyewa mobil karena Anda tidak perlu repot dengan arah perjalanan, tinggal duduk manis dan sampai di tempat tujuan.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Bangka Tak Kalah Dengan Bangka Belitung

Pulau Lengkuas

Wisata Pantai Lengkuas Bangka Belitung

@dytaditdutt

Pulau eksotik dan ikonik ini wajib dikunjungi jika Anda ke Belitung. Pulau ini memiliki mercusuar yang bisa dinaiki jika ingin melihat pemandangan dari atas. Anda akan lelah karena harus menaiki banyak anak tangga setinggi 18 lantai untuk sampai di titik teratas dari mercusuar. Namun tenang saja semua akan sirna seketika saat tiba di atas mercusuar karena Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah. Gugusan pulau yang unik bentuknya, hamparan pasir putih, dan air laut yang sangat jernih menjadi suguhan termewah untuk Anda. Untuk menuju ke pulau ini maka Anda harus memulai penyebrangan dari desa Tanjung Kelayang dan memang pulau ini biasanya termasuk ke dalam rangkaian wisata pulau di Belitung.

Wisata Alam di Pantai Lengkuas Babel

@bandar_wisata

Setelah puas memandangi keindahan pulau lengkuas dari atas mercusuar dan berfoto dengan berbagai angle, selanjutnya cobalah berendam di kolam bidadari. Kolam Bidadari merupakan kolam alami yang terbentuk dari batu-batu granit yang menyatu sehingga saat air laut pasang dari pantai pulau lengkuas  lantas berkumpul di dalam kolam tersebut. Pulau lengkuas biasa dijadikan spot memancing karena banyak jenis ikan seperti kakap merah yang ukurannya besar di pantai ini. Jika ingin berkunjung ke pulau-pulau cantik di Belitung sebaiknya datang pada musim kemarau agar air laut tidak tinggi sehingga bisa menikmati semua pulau cantik yang ada.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Bangka Tak Kalah Dengan Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi

Wisata Alam Pantai Tanjung Tinggi Belitung

@exploredolan.id

Pantai Tanjung Tinggi yang terkenal karena menjadi setting film Laskar Pelangi buah pemikiran Andrea Hirata. Pantai ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk menikmati momen sunset karena Anda akan melihat matahari seolah masuk ke laut di pantai ini. Pantai ini juga memiliki batu-batu besar yang menjulang tinggi seperti pantai-pantai lainnya di Belitung. Air laut di pantai ini cukup tenang sehingga Anda bisa bermain air atau berenang jika mau. Anda wajib menyusuri celah-celah batu besar dan berfoto di sana karena hasil foto Anda akan sangat menakjubkan.

Pantai Tanjung Pendam

Wisata Alam Pantai Tanjung Pendam Belitung

@richybudiyanto

Pantai yang terletak di tengah kota ini menjadi tempat favorit masyarakat setempat. Tak heran pantai ini ramai pengunjung setiap hari karena orang-orang mungkin yang lelah atau jenuh beraktivitas akan datang ke tempat ini untuk rileksasi dan mencari penghiburan. Para pengunjung bisa menikmati taman hiburan yang ada di pantai ini. ombak yang tenang dan tidak besar membuat pantai ini dijadikan tempat untuk bermain air. Terdapat galeri seni di dekat pantai ini sehingga Anda tidak akan disuguhkan dengan keindahan pantai tetapi juga bisa menikmati berbagai karya seni terutama lukisan. Pantai ini juga memiliki pemandangan sunset yang menakjubkan. Momen sunset bisa dinikmati sambil duduk santai di pinggir pantai.

Liburan di Pantai Tanjung Pendam Belitung

@theweekendwarrior.id

Itulah 5 besar objek wisata di Belitung yang paling digemari oleh para traveler. Anda akan menikmati berbagai pemandangan indah yang semuanya memiliki kesamaan yaitu berbatu granit besar dan spot matahari terbenam. Anda harus pilih salah satu tempat untuk dijadikan spot sunset terbaik karena semua pendapat bersifat relatif.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.