Liburan Ke Maumere Selalu Bikin Mau Lagi

Liburan Ke Maumere Selalu Bikin Mau Lagi

Maumere, sebuah kecamatan di Pulau Flores yang merupakan Ibukota dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Sama dengan daerah-daerah lain di Nusa Tenggara Timur khususnya Flores, Maumere juga memiliki pesona wisata yang menakjubkan. Berbagai objek wisata alam tersuguh dengan indahnya dan tinggal pilih mana yang mau dikunjungi. Namun pasti Anda bingung harus memilih yang mana karena banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi apalagi semuanya indah. Supaya Anda tidak bingung lagi untuk pergi ke mana saja di Maumere, simak terus artikel ini sampai selesai ya. Berikut ini beberapa objek wisata alam yang wajib dikunjungi di Maumere.

  • Bukit Tanjung Kajuwulu

Wisata Alam Bukit Tanjung Kajuwulu

@langkamau_christina_cbl

Bukit ini juga dikenal dengan nama bukit salib karena terdapat patung salib yang sangat besar di puncak bukit. Namun jika Anda bukan penganut nasrani tidak apa berkunjung ke bukit ini karena bukit ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa sehingga kalau di Maumere harus berkunjung ke bukit ini. Kombinasi pemandangan laut, langit yang biru, dan padang rumput kering yang menguning menjadi suguhan yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah sore hari karena pemandangan sunset di bukit ini sangat indah, namun pada sore hari juga biasanya lebih ramai dikunjungi karena banyak orang yang ingin menikmati keindahan sunset di bukit ini. Bernama Bukit Tanjung Kajuwulu, terletak sekitar 15 km dari Maumere atau sekitar 2 jam perjalanan darat karena letaknya memang di luar kota tersebut. Anda harus persiapkan fisik yang prima karena Anda harus menaiki 300 anak tangga untuk mencapai puncaknya. Jika ingin bersantai-santai dalam waktu lama sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman yak arena butuh perjuangan untuk mencapai bukit ini. 

  • Puncak Bukit Nilo

Wisata Alam Puncak Bukit Nilo

@fuad_hajihasan

Bukit Nilo yang tidak kalah indahnya dengan Bukit Tanjung Kajuwulu. Di puncak bukit ini juga terdapat patung simbol nasrani namun bedanya kalau di puncak bukit ini ada Patung Bunda Maria bukan patung salib. Patung setinggi 28 meter (di atas fondasi setinggi 18 m) ini menjadi kebanggaan warga Maumere.  Tempat ini tidak hanya untuk kaum nasrani yang melakukan wisata religi, kaum non nasrani juga bisa datang ke bukit ini untuk menikmati pemandangan Kota Maumere dari puncaknya. Bukit Nilo berjarak sekitar 16 km dari Kota Maumere yang bisa ditempuh selama 30 menit. Perjalanan ke bukit Nilo ini juga membutuhkan perjuangan karena jalan menuju bukit ini tidak mulus. Walaupun demikian, lelah atau kesal tidak akan Anda rasakan karena sepanjang perjalanan akan disajikan pemandangan perbukitan dan perkebunan yang indah. Setelah tiba di bukit ini, Anda hanya perlu sedikit menanjak dan tak lama kemudian akan sampai di puncak bukit. Voila, seketika keindahan bukit nan hijau dan laut yang berwarna kompak dengan langit akan menemani Anda selama di puncak bukit. 

  • Pantai Koka

Wisata Alam Pantai Koka

@natgeoindonesia

Pantai Koka termasuk salah satu sudut terindah di Maumere. Anda wajib datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan pasir putih dan kapal-kapal nelayan di lautan. Semua keindahan bagaikan saling menyatu dan terlihat kompak saling melengkapi. Perjalanan sejauh 48 km dari Maumere yang bisa ditempuh sekitar 4 jam perjalanan wajib dilakukan jika ingin menyaksikan secara langsung pantai yang cantik dan unik ini. Perjalanan jauh akan terbayar lunas ketika sampai di pantai ini. Air jernih berwarna biru toska, pasir putih halus dan bukit-bukit tersajikan dengan indahnya. Tidak berlebihan kalau masyarakat setempat menyebut pantai ini surga kecil di NTT. Pantai Koka ini berada di desa Wolowiro, kecamatan Paga, kabupaten Sikka, Flores sehingga pantai ini juga sering disebut Pantai Paga. Kedamaian dan ketenangan akan menjadi hal yang sudah pasti didapatkan saat berkunjung ke pantai ini. Uniknya, terdapat lengkungan garis pantai yang menyambung di sebelah kiri bukit itu.Bukit kecil tersebut bagai memisahkan pantai ini menjadi 2 bagian. Bukit tersebut bisa didaki untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan. Namun Anda harus membayar Rp 5.000 untuk pembuatan tangga ke atas bukit tersebut. Untuk melepas lelah bisa duduk santai di pinggir pantai sambil minum air kelapa. Beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu berenang, bermain air, bermain pasir, wisata kuliner, dan jika mau pergi dari pantai ini sebaiknya belanja ikan-ikan kering yang dijual oleh nelayan setempat. 

  • Desa Wuring

Wuring adalah sebuah nama desa nelayan tradisional di Maumere yang lokasinya dekat dengan pelabuhan. Sebagian besar penduduk desa ini berasal dari Suku Bajo yang berasal dari Sulawesi Selatan sehingga mayoritasnya beragama Islam. Bhineka tunggal ika sangat terasa di Maumere, kaum islam hidup dengan damai di tengah-tengah masyarakat yang mayoritasnya beragama nasrani dan katolik. Letaknya di pesisir pantai yang tentunya dekat dengan laut membuat para lelaki di desa ini berprofesi sebagai nelayan. Desa Wuring hanya berjarak 3 kilometer dari Maumere yang bisa ditempu sekitar 10 menit saja. Keunikan desa ini ada pada rumah-rumah panggung milik warga setempat yang dihiasi perahu atau sampan kecil di depan rumah. Halaman rumah berupa air laut biru jernih ke hijau-hijauan menjadi sumber penghidupan masyarakat setempat.

  • Pulau Pangbatang dan Pulau Babi Bater

Pulau Pangbatang lokasinya cukup jauh dari Maumere. Jika ingin berkunjung ke pulau ini maka Anda harus menempuh satu jam perjalanan dengan naik perahu motor dari pelabuhan Laurens Say di Maumere. Bagi pecinta laut maka aktivitas snorkeling terutama diving harus dilakukan saat berkunjung ke pulau kecil ini. Penghuni pulau ini hanya berjumlah 20 kepala keluarga yang semuanya berprofesi sebagai nelayan. Berbagai ikan yang berbeda ukuran dan warna serta terumbu karang yang sehat menjadi keunggulan yang dimiliki laut di daerah ini. Cobalah menginap di rumah warga setempat untuk menikmati sensasi tinggal di pulau kecil dengan sedikit penghuni. Ada juga sebuah pulau kecil yang tak kalah indah yaitu Pulau Babi Bater. Pulau ini bersebelahan dengan Pulau Pangbatang. Letaknya yang berada di perairan yang sama dengan Pangbatang maka laut di dekat Pulau Babi Bater terkenal sebagai spot diving dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Labuan Bajo yang Membekas di Hati

Seperti itulah keindahan Maumere yang tak bisa dielakkan. Untuk mengenal negerimu lebih mendalam maka Anda harus mendatangi tempat-tempat unik dan berbeda dengan tempat tinggal Anda. Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup memang benar adanya. Traveling atau eksplorasi Maumere akan terngiang dalam ingatan. Memori indah berupa cerita dan foto akan menjadi oleh-oleh terbaik yang tak akan lekang oleh waktu. Untuk itu ke mana pun Anda pergi maka bawalah kamera terbaik agar hasil foto-fotonya menawan dan bisa dijadikan kenangan yang indah. Selamat liburan!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.