Liburan Nan Eksotis di Banda Neira

Liburan Nan Eksotis di Banda Neira

Banda Naira, sebuah pulau di kepulauan Banda yang termasuk dalam Kabupaten Maluku Tengah yang terbagi menjadi enam desa. Dahulu Pulau Banda menjadi pusat perdagangan namun kini Banda Naira telah berubah menjadi destinasi wisata alam yang eksotis. Pulau yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara sangat indah dan tidak akan yang memungkiri keindahannya. Keunikan alam dan kehidupan masyarakat setempat akan memberikan pengalaman baru yang tak akan pernah terlupakan sehingga menjadi oleh-oleh yang pantas untuk dikenang. Sudah penasaran seperti apa objek wisata alam di Banda Neira? Berikut ini beberapa destinasi unggulan yang harus dikunjungi.

  • Benteng Belgica

Wisata Alam Benteng Belgica

@djisparkindonesia.id

Benteng Belgica adalah ikon Banda Neira yang wajib dikunjungi karena kalau Anda tidak ke sana berarti Anda belum ke Banda Neira. Benteng ini merupakan peninggalan Portugis yang pernah menjajah Indonesia pada abad ke 16. Dahulu benteng ini dibangun sebagai bentuk pertahanan untuk mencegah serangan VOC Belanda. Anda akan merasakan seperti berada di masa lampau saat berada di benteng ini. Arsitektur asli peninggalan sang penjajahan masih ada dan berdiri kokoh walaupun bangunan ini sudah berumur ribuan tahun. Cobalah masuk dan naik ke atas benteng jika ingin menikmati pemandangan alam Banda Neira yang menawan dari ketinggian. Lautan Banda yang luas berwarna senada dengan langit pasti membuat Anda akan merasa kagum dan terpesono seutuhnya. Pemandangan yang mungkin tak akan pernah terlupakan karena tidak ada di tempat lainnya. Benteng yang memiliki gaya bangunan persegi lima ini jika dilihat dari udara atau difoto dengan drone ternyata bentuknya mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat. Tak heran banyak orang menjuluki Benteng Belgica ini The Indonesian Pentagon. Benteng Belgica sudah diajukan sebagai Situs Warisan Dunia ke UNESCO sejak tahun 1995, tetapi sampai sekarang belum mendapat persetujuan dari UNESCO.

Di link bawah ini kami memiliki informasi mengenai wisata alam hutan kota untan yang ada di Pontianak. Yuk cari tau!

Kepoin Yang Ini  Alam Pontianak yang Tak Boleh Dicuekin
  • Pulau Hatta

Wisata Alam Pulau Hatta

@marischkaprue

Pulau Hatta semula bernama Pulau Rosengain ini diubah namanya untuk mengenang jasa bapak proklamator tanah air yaitu Bung Hatta. Pulau ini memiliki pantai andalan yang terkenal dengan kebersihan dan keindahannya. Pasir putih yang lembut seperti bedak pasti membuat Anda senang untuk menyentuhnya atau memainkan pasir itu. Betah itu pasti saat berada di pulau ini terutama di pantainya. Bagi pecinta laut maka Anda wajib menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Jika ingin datang ke pulau ini maka Anda harus menyewa perahu motor selama 2 jam perjalanan dari Banda Neira. Sebelum sampai di pulau ini saja Anda pasti sudah sangat terhibur melihat keindahan sekitarnya dari perahu motor.

  • Desa Lonthoir

Wisata Alam Desa Lonthoir

@fannylatte

Desa Lonthoir memiliki banyak spot wisata yang wajib dikunjungi. Apa sajakah itu? Benteng Holandia, Kebun Pala dan Kenari, serta Sumur Air. Jangan pulang di kala sore karena Anda harus menikmati sunset di dekat dermaga yang sudah menjadi andalan pulau ini. Anda pasti akan takjub dengan pesona matahari terbenam yang seolah masuk ke laut yang sebelumnya menyajikan warna jingga di langit. Pesan secangkir kopi atau teh di sore hari agar suasana semakin syahdu dan nikmat sehingga tak akan pernah terlupa seumur hidup. 

  • Pulau Nailaka

Wisata Alam Pulau Nailaka

@ayodolan

Wisata di Banda Naira selanjutnya adalah Pulau Nailaka. Pulau yang tidak berpenghuni ini sangat aman untuk dikunjungi sehingga tidak usah khawatir. Pulau nan mungil yang kalau di daerah lain sering disebut pulau gosong karena ukurannya yang kecil ini juga memiliki spot andalan. Pantai yang pasirnya putih bersih dan lembut dan keindahan bawah laut yang wajib diselami. Banyak spot cantik untuk snorkeling dan diving sehingga wajib diabadikan dengan kamera underwater. Terumbu karang yang berwana-warni dan ikan-ikan yang bervariasi menjadi keindahan yang tak boleh disia-siakan. Semua itu bisa terlihat dengan jelas karena air lautnya sangat jernih tanpa polusi sedikit pun.

Dan bagi anda yang penasaran soal rumah lamin balikpapan, bisa klik link di bawah ini untuk info lengkapnya.

Kepoin Yang Ini  Wisata Rumah Adat di Balikpapan Kalimantan Timur
  • Pulau Rhun

Wisata Alam Pulau Rhun

@izap

Pulau Rhun juga termasuk pulau kecil lainnya yang ada di Kepulauan Banda. Namun pulau ini berpenghuni dan sudah dilengkapi dengan home stay serta rumah makan. Pulau indah ini bagai terisolir karena tidak terjangkau jaringan seluler. Anda pasti tidak akan menyesal dan tentunya pasti lupa dengan smartphone karena asik menikmati keindahan alamnya. Satu hal yang pasti, Anda akan merasa betah di pulau ini tanpa gangguan deadline atau pesan dari klien yang memusingkan. Pulau ini juga memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan berupa terumbu karang dan ekosistem laut yang beraneka ragam dan warna. Ketagihan itu sudah pasti dirasakan sehingga Anda ingin kembali lagi ke tempat ini. Setelah merasa letih karena snorkeling atau diving, hilangkan rasa haus dengan minum air kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya. Tak ada kata yang mampu mengungkapkan keindahan pulau ini. Ayo buruan buat rencana liburan ke Banda Neira untuk membuktikan keindahan pulau ini.

  • Gunung Api Banda

Wisata Alam Gunung Api Banda

@gunungindonesia

Sudah pernah ke Banda Neira tetapi tidak mendaki Gunung Api Banda? Itu berarti kunjungan Anda masih kurang sehingga harus kembali ke daerah ini lagi. Gunung yang tingginya hanya 670 MDPL ini tergolong gunung berapi yang masih aktif dan telah meletus pada bulan Mei 1988. Jika ingin mencoba untuk mendaki gunung ini, maka Anda harus menyeberang ke pulau Gunung Api dari Banda Neira yang bisa ditempu selama 10 menit saja. Naik apa ya ke sana? Anda bisa naik katiting yaitu perahu kecil yang hanya cukup dinaiki 3-4 orang dan perahu ini memang ciri khas Banda lho. Masyarakat setempat pasti menyarankan untuk mendaki gunung ini setelah subuh karena sinar matahari belum terlalu menyengat. Kalau Anda bangun kesiangan maka selamat menikmati panasnya matahari saat mendaki gunung ini. Setelah berada di puncak gunung, Anda akan melihat panorama Banda Neira 360 derajat yang cantiknya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. More than words! 

Bagi anda yang ingi cari tau tentang clean water maluku utara, bisa klik link di bawah ini.

Kepoin Yang Ini  Apa itu Clean Water Maluku Utara?
  • Lava Flow

Wisata Alam Lava Flow

@anoo_13

Keindahan bawah laut Banda Neira tak usah diragukan lagi. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menyelam di laut Banda Neira. Jika tidak bisa berenang maka pakailah life jacket saat snorkeling. Keindahan underwater ini juga bisa dilihat dari permukaan air karena air lautnya sangat bening. Namun jika Anda punya diving license maka pergunakanlah untuk menyelami laut lebih dalam. Salah satu spot menyelam terbaik di Banda Neira adalah Lava Flow yang penuh dengan terumbu karang yang beraneka warna. Namun ingat ya, jangan pernah menginjak terumbu karang karena mereka bisa mati seketika. Berwisatalah dengan bijak tanpa merusak karena alam diciptakan untuk dinikmati bukan dieksploitasi secara sembarangan.

Puas tidak dengan ulasan artikel ini? Kalau belum puas maka Anda wajib datang ke Banda Neira untuk membuktikan secara langsung betapa indah alamnya. Happy traveling forever!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.