Liburan Seru Buat Kita Tak Kenal Waktu di Pangandaran

Daerah di Jawa Barat yang satu ini tidak pernah jemu menyajikan tempat-tempat wisata yang indah. Tidak hanya Pantai Pangandaran, wilayah ini memiliki banyak pesona alam lainnya yang tak boleh dilewatkan.

Wisata Alam di Pangandaran

Jika penasaran seperti apa keindahan Pangandaran, Anda harus simak artikel ini hingga selesai. Berikut ini beberapa tempat wisata unggulan di Pangandaran.

  • Green Canyon (Cukang Taneuh)

Wisata Alam Green Canyon Pangandaran

@aipkabayan

Tempat wisata yang bernama asli Cukang Taneuh ini diberi nama Green Canyon karena memiliki kenampakan alam yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Aliran sungai dengan tebing-tebing besar nan hijau menjadi ciri khas tempat ini. Tak hanya itu, warna hijau juga karena air sungai yang mengalir deras itu sehingga tempat ini dijadikan lokasi body rafting yang disukai. Tempat ini terletak di Desa Kertayasa, Cijulang sekitar 31 km dari Pantai Pangandaran. Tempat ini terbentuk akibat erosi tanah yang disebabkan oleh Sungai Cijulang sehingga goa yang memiliki stalaktit dan stalakmit semakin tergerus. Berkat fenomena alam itu terciptalah tempat yang sangat indah ini.

Perbukitan hijau semakin membuat tempat ini istimewa. Untuk mencapai tempat ini harus menyewa perahu dari Dermaga Cisereuh selama 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km. Perahu atau sampan itu biasa disewakan dengan harga Rp 150.000 yang bisa dinaiki oleh 5 orang maksimal. Green Canyon buka dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Terdapat air terjun sebagai penyambut selamat datang kepada para wisatawan. Kesegaran dan kesejukan menjadi kemewahan yang disajikan oleh tempat ini. Jika ingin melakukan body rafting bisa menghubungi penyelenggara wisata di depan pintu masuk. Layanan body rafting akan dilengkapi dengan perlengkapan dan jasa guide. Jika ingin ke tempat ini sebaiknya menyewa mobil atau membawa mobil pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di dekat area wisata.

  • Pantai Batu Karas

Wisata Alam Pantai Batu Karas

@dessiarisa

Batu Karas dijuluki Balinya Jawa Barat karena memiliki pantai yang indah dan ombak yang tinggi sehingga cocok untuk olahraga surfing (berselancar). Pantai berpasir hitam ini tidak terlalu ramai seperti Pantai Pangandaran sehingga menjadi keunggulan tempat ini. Anda bisa berwisata dengan tenang tanpa perlu melihat orang yang ramai sehingga bisa untuk relaksasi atau merenung. Retribusi di pantai ini sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk parkir motor sebesar Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus Rp 50.000 per hari. Sebaiknya berjalan kaki saja dari penginapan sehingga Anda harus mencari penginapan yang berada dekat dari pantai ini.

Kepoin Yang Ini  5 Objek Wisata Indramayu Hits 2018

Cobalah untuk berjalan kaki dari penginapan pada pagi hari. Udara yang sejuk dan panorama yang indah pasti akan menghilangkan kepenatan Anda. Pantai Batu Karas sangat tepat untuk berburu sunrise. Matahari terbit terlihat begitu indah dari pantai ini sehingga Anda sebaiknya datang pada pagi hari.  Selain berselancar, Anda bisa bersenang-senang dengan menyewa banana boat atau jet ski. Berjalan-jalan atau bermain pasir di pantai ini juga menyenangkan.

  • Pantai Keusik Luhur 

Wisata Pantai Keusik Luhur

@vinadzania

Pantai ini memiliki keunikan pemandangan berupa batu karang yang menjulang tinggi dengan deburan ombak yang cukup besar. Pantai ini diberi nama Keusik Luhur karena gelombang laut yang besar telah mengangkat pasir hingga ke batuan atas. Keusik dalam bahasa sunda berarti pasir dan luhur artinya tinggi. Nama itu sesuai dengan kenampakan alam di pantai ini. Bebatuan karang yang terkena ombak memiliki celah yang menjadi tempat hidupnya berbagai biota laut. Terdapat sebuah bukit curam dengan kemiringan 90 derajat yang berada di tepi pantai ini juga menjadi spot favorit bagi pengunjung yang berani untuk mendakinya. Dari atas bukit bisa melihat panorama pantai secara keseluruhan dengan deburan ombak yang seolah menjadi musik alam yang merdu untuk didengar.  Jika ingin berwisata ke pantai ini harus memakai kendaraan pribadi atau ikut paket wisata Pangandaran yang cukup murah. Para pengunjung dilarang berenang karena ombaknya cukup besar dan banyak batu karang yang bisa melukai tubuh.

  • Pantai Batu Hiu

Wisata Pantai Batu Hiu

@yudiyunaputra

Pantai ini bisa ditempuh sekitar 20 hingga 30 menit dari Pangandaran karena berjarak sekitar 14 km saja. Lokasi pantai ini berada di Desa Ciliang yang masuk Kecamatan Parigi. Pantai ini memiliki panorama yang khas sesuai namanya Batu Hiu karena terdapat sebuah batu karang di tengah laut yang bentuknya seperti hiu. Deburan ombak yang cukup besar bisa dinikmati dengan hikmat dari atas bukit kecil yang didominasi dengan pepohonan pandan wong. Tidak seperti pantai pada umumnya yang bisa bermain dari pinggir pantai, di sana hanya bisa menikmati deburannya dari lokasi yang cukup tinggi. Tidak perlu membayar tiket masuk untuk berwisata di pantai ini.

  • Goa Lanang

Wisata Air Goa Lanang

@usenxmulyana

Dinamakan Goa Lanang karena bentuknya seperti kelamin laki-laki. Pemandangan goa ini sekilas mirip Cukang Taneuh (Green Canyon) dan aktivitas yang ditawarkan pun sama yaitu body rafting. Para pengunjung akan merasakan segarnya air di dalam goa serta berenang dengan aman karena memakai pelampung. Jangan khawatir atau takut karena tidak bisa berenang, Anda bisa menyewa alat body rafting beserta pemandu dengan harga Rp 200.000 saja per orang. Petualangan di goa ini akan dimulai dengan melompat ke sungai dari jembatan. Ujilah adrenalin Anda dengan melompat, pada awalnya akan merasa takut namun setelah itu pasti ketagihan. Tidak seperti goa pada umumnya yang ditelusuri dengan berjalan, namun di goa ini Anda akan berenang atau naik ban karet untuk melihat pemandangan goa yang indah.

  • Curug Bojong Pangandaran

Panorama Alam Curug Bojong Pangandaran

@gitgit19

Pada awalnya air terjun ini bernama Curug Sawangan namun berubah nama menjadi Curug Bojong karena terletak di Kampung Bojong. Dari Pangandaran tempat ini bisa didatangi dengan mengambil jalur Babakan lalu melewati Sukahurip dengan jarak 6 km saja atau sekitar setengah jam perjalanan. Curug ini bisa menjadi area pemandian yang seru. Namun sebelum itu Anda harus melewati jalanan yang cukup sulit karena belum beraspal. Untuk datang ke tempat ini harus naik kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di dekat area ini. Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah cukup lengkap. Tiket masuk hanya sebesar Rp 3.000 tidak akan sebanding dengan keindahan curug ini. 

Kepoin Yang Ini  Melirik Pesona Alam dan Budaya Tasikmalaya

Itulah tempat-tempat wisata unggulan di Pangandaran dari sekian banyaknya objek wisata alam di wilayah itu. Ciri khas dari wisata alam di daerah ini adalah body rafting karena kenampakan alamnya yang sangat mendukung dengan aliran air sungai yang jernih dan deras. Keberadaan tebing-tebing dan goa yang eksotis juga semakin membuat Pangandaran menjadi destinasi yang sangat layak untuk dikunjungi. Perjalanan yang jauh akan terbayar lunas dengan kepuasan yang didapatkan setelah berwisata. Happy Traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.