Lumajang Punya Objek Wisata yang Alamak Jang

Lumajang Punya Objek Wisata yang Alamak Jang

Lumajang adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata yang sangat indah. Alamak Jang! Mungkin itu ungkapan yang pas untuk mewakili kekaguman para wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata alam di daerah ini. Banyaknya objek wisata mungkin akan membuat Anda bingung harus memilih tempat yang mana. Artikel ini akan membantu Anda untuk memberikan rekomendasi tempat-tempat terbaik yang wajib dikunjungi saat berada di Lumajang. Berikut ini beberapa tempat wisata yang dimaksud.

  • Bukit B-29

Wisata Alam Bukit B-29

@cicimade

Diber nama B-29 atau bukit 29 karena bukit ini berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut. Bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Negeri di atas awan sepertinya cocok diberikan untuk tempat ini. Sajian awan-awan yang bergumpal di bawah kaki Anda saat sudah berada di puncak bukit ini pasti akan membuat Anda gemas. Seolah ingin tiduran di atas awan tersebut. Dari puncak bukit ini bisa terlihat Bromo dan pegunungan di sekitarnya. Bukit ini terletak di Desa Argosari yang termasuk wilayah Lumajang.

Bagi orang yang biasa mendaki gunung pasti tidak akan merasa lelah untuk mendaki puncak bukit ini. Namun bagi orang yang jarang atau belum pernah mendaki gunung tidak usah khawatir karena tersedia ojek yang akan mengantarkan Anda sampai ke puncak. TInggal berjalan sedikit dan voila Anda sudah berada di puncak B-29. Waktu terbaik untuk datang ke bukit ini tentunya pagi hari. Untuk melihat momen sunrise yang spektakuler maka Anda harus berangkat menuju bukit ini setidaknya jam 4 pagi. Suhu udara yang sangat dingin bisa mencapai 5 derajat celcius mengharuskan Anda untuk memakai jaket yang tebal. Rute lokasi ini cukup mudah dan sudah terkenal jadi pasti banyak orang yang tahu. Hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati anugrah terindah yang ada di dunia ini.

  • Pantai Bambang

Wisata Alam Pantai Bambang

@adhista6

Pantai ini terletak di Desa Bago Kecamatan Pasirian yang berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Lumajang. Ombak di pantai ini sangat besar bisa mencapai 3 meter sehingga harus berhati-hati saat berada di tempat ini. Pantai selatan jawa ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul. Akses jalan yang beraspal bisa didatangi dengan naik kendaraan roda dua atau roda empat pribadi atau sewaan. Fasilitas di pantai ini cukup memadai karena sudah dikelola oleh pemerintah setempat. Pantai berpasir hitam dengan butiran-butiran yang besar seperti batu kerikil. Sebaiknya memakai alas kaki saat berada di pantai ini agar kaki tidak terluka. Jika ada penjaga loket maka Anda harus bayar Rp 2.000 saja per orang, namun saat tidak ada penjaga maka pantai ini gratis.

  • Goa Tetes

Wisata Alam Goa Tetes

@alamsyah23glembis

Goa yang sangat molek dan unik ini wajib dikunjungi jika Anda berada di Lumajang dan sekitarnya. Goa yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang bentuk beragam dan berwarna keemasan ini berada di Pronojiwo. Warna batu yang keemasan di dalam goa ini disebabkan oleh belerang. Uniknya, goa ini berada di bawah air terjun sehingga air akan merembes ke dalam goa karena aliran air yang deras dari air terjun tersebut. Untuk masuk ke goa ini memang harus trekking yang cukup melelahkan. Namun semua rasa lelah akan terbayar lunas saat melihat keindahan di dalam goa. Bukan hanya itu, selama trekking di jalan setapak, perjalanan akan ditemani dengan panorama yang sangat indah berupa tebing-tebing berlumut dan pepohonan yang rindang. Layaknya goa pada umumnya, goa ini juga banyak memiliki cerita mitos. Harga tiket masuk ke goa ini hanya Rp 5.000 saja per orang. Jika membawa kendaraan juga akan dikenakan harga yang sama dengan tiket masuk. Jalan menuju goa ini cukup sempit sehingga Anda harus naik motor untuk menuju lokasi goa. Sebaiknya membawa pakaian ganti karena baju Anda pasti akan basah sebab goa ini berair yang disebabkan oleh air terjun yang ada di atasnya. Hanya butuh waktu setengah jam hingga satu jam untuk menyusuri goa ini karena tidak terlalu besar.

  • Pantai Watu Godek

Wisata Alam Pantai Watu Godek

@iema_92

Pantai ini diberi nama Watu Godeg karena terdapat sebuah batu besar yang menjulang tinggi seperti prasasti yang berdiri di pinggir pantai. Batu tersebut merupakan pecahan dari tebing batu yang hancur akibat hantaman ombak yang besar. Watu Godeg berarti batu kudis yang melambangkan bahwa air laut di pantai bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti panu atau kudis. Namun versi lain dari nama Watu Godeg ini karena batu besar yang berdiri di pinggir pantai itu sering bergerak atau seperti bergodek (mengangguk) saat terkena ombak besar. Terlepas dari mitos dan cerita mistis, pantai ini tetap indah sehingga layak untuk dikunjungi. Panorama tebing berbatu menjadi latar belakang yang menawan di pantai ini. Jika datang ke tempat ini maka Anda harus mengabadikan keindahannya dengan kamera. Jalur menuju pantai ini cukup sulit karena berkelok-kelok berupa tanjakan dan turunan yang cukup curam sehingga harus ekstra hati-hati jika Anda menyetir mobil atau motor.  Tidak perlu membayar uang tiket ke pantai ini, hanya sesekali jika ada yang menjaga paling hanya diminta Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per orang.

  • Ranu Bedali

Wisata Alam Ranu Bedali

@mariaulva36

Ranu atau Danau Bedali ini berada di Kecamatan Ranu Yoso yang berjarak sekitar 15 km dari kota Lumajang. Ranu ini berada pada ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Permukaan air danau ini sangat jauh dari daratan sehingga danau ini terlihat seperti cekungan dalam dari kejauhan. Jika ingin mencapai daratan di pinggir danau ini cukup sulit karena harus berjalan cukup jauh sehingga Anda harus rela mendaki saat akan kembali. Jalur menuju danau ini cukup sulit karena jalan yang beraspal hanya sampai di Ranu Yoso. Sangat disarankan untuk naik motor ke tempat ini agar tidak sulit saat berada di jalan yang cukup sempit. Ada 2 air terjun di danau ini namun air terjun yang paling indah berada di pinggir Ranu Bedali. Anda akan merasakan kesegaran air terjun sambil bermain di danau yang indah ini.

  • Ranu Pakis

Wisata Alam Ranu Pakis

@dhaa0312

Ranu Pakis terletak dekat dari Ranu Bedali yang termasuk dalam 3 segitiga ranu di Lumajang. Tiga serangkai danau terdiri dari Ranu Bedali, Ranu Pakis, dan Ranu Klakah. Kondisi danau ini masih alami karena belum dikelola secara professional. Danau ini berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Akses jalan menuju Ranu Pakis sudah lebih bagus dari Ranu Bedali sehingga bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat. Untuk melihat keindahan Ranu Pakis sebaiknya dari atas bukit. Untuk berada di pinggir danau tidak dikenakan biaya karena tidak ada fasilitas di tempat ini.

  • Ranu Klakah

Wisata Alam Ranu Klakah

@jessicaeveli

Ranu terakhir dari 3 serangkai ranu yang letaknya berdekatan adalah Ranu Klakah. Ranu ini sudah dikelola sehingga tersedia fasilitas seperti toilet. Jika ingin mengelilingi danau bisa menyewa perahu bebek seharga Rp 10.000 per orang tanpa hitungan jam. Akses jalan juga sudah baik sama seperti Ranu Pakis sehingga bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Pemandangan di danau ini jauh lebih indah karena ada sebuah gunung di seberang danau sehingga bisa menjadi penghias yang indah pada foto Anda.

Kepoin Yang Ini  Keindahan dan Kesejukan yang Berkesan di Batu

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.