Malang, Kota Kecil Nan Sejuk yang Memukau

Wisata Alam Malang Jawa Timur

Sebuah kota kecil di Jawa Timur ini memang menjadi destinasi favorit banyak wisatawan dalam negeri. Malang yang sejuk identik dengan pegunungan, namun ternyata kota ini juga memiliki banyak pantai yang indah di daerah Malang Selatan. Letaknya yang sangat dekat dengan kota Batu sering disamakan oleh banyak orang. Sebenarnya keduanya merupakan kota yang berbeda. Sejak tahun 1990-an, Batu tidak lagi menjadi bagian dari kota Malang. Berikut ini akan dibahas tentang beberapa objek wisata terkenal di Malang.

  • Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

@amazingmalang

Pantai ini memiliki pemandangan unik berupa batuan karang besar membentang yang berfungsi untuk menangkal ombak besar. Terpaan ombak yang terus menerus membuat karang terbelah menjadi cekungan yang menjadi kolam air asin alami yang bisa dipakai untuk berenang dengan aman. Berjalan menyusuri tepi pantai, berfoto, atau bersantai di gubuk-gubuk pinggir pantai merupakan contoh aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Untuk berwisata ke tempat ini harus memakai kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak angkutan umum yang melintas di jalan sepanjang pantai ini. Lama waktu perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam dari pusat kota Malang.

Wisata Pantai Bengkung Malang

@nillawulandri

 

Bagi pecinta adrenalin rush harus mencoba untuk memanjat bukit batu bengkung. Namun keselamatan harus diutamakan, berhati-hatilah karena jalur pendakian belum dibuat. Namun tersedia tali di pinggiran jalur berbatu sehingga bisa membantu orang yang ingin mencapai puncak bukit. Kesusahan saat memanjat akan terbayar lunas karena Anda akan menyaksikan panorama laut lepas dan pantai ini secara menyeluruh. Bahkan Anda bisa menikmati momen sunset yang indah karena bukit ini merupakan spot terbaik untuk berburu sunset. Namun jika tidak punya nyali untuk memanjat, pemandangan sunset di tepi pantai juga sangat bagus.

  • Desa Wisata Gubuk Klakah

Wisata Gubuk Klakah Malang

@supperpipip

Gerbang untuk melakukan wisata ke Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru. Banyak tersedia homestay atau penginapan, tetapi banyak juga warga setempat yang menyewakan rumah mereka untuk dijadikan tempat menginap para pengunjung sebelum berwisata ke Bromo. Untuk melihat sunrise di Bromo biasanya para wisatawan harus bangun dari jam 3 pagi dengan naik jeep yang sudah disewa. Daerah yang udaranya dingin ini sangat asik untuk dieksplor karena keindahan alam dan keramahan masyarakatnya.

Pemandangan Desa Wisata Gubuk Klakah

@rcoaldino_w

Desa Wisata Gubugklakah ini lebih dikenal dengan panggilan DWG. Lokasinya berada di Kecamatan Pocokusumo Kabupaten Malang di kaki Gunung Bromo. Nama Gubugklakah berasal dari kata gubug yang berarti rumah sederhana, klakah artinya bambu yang terbelah dua. Kurang lebih Gubugklakah artinya rumah sederhana yang terbuat dari bambu yang dibelah. Pada tahun 2014, DWG mendapat 2 penghargaan sekaligus yaitu juara III Desa Wisata Nasional dan juara I lomba Pokdarwis. Prestasi yang patut dibanggakan itu membuat desa ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Kepoin Yang Ini  5 Destinasi Wisata Terbaru di Tuban dengan Pemandangan Alami

  • Pantai Goa Cina

Wisata Pantai Goa Cina Malang

@euginiuseduard

Pantai Goa Cina memiliki nama asli yaitu Pantai Rowo Indah. Namanya diubah karena adanya kematian orang yang bertapa di sini secara mengejutkan tanpa penyebab yang jelas. Secara administratif, pantai ini terletak di pesisir Malang Selatan tepatnya di Dusun Tumpak Awu. Terdapat 3 pulau di tengah pantai yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Arus laut pantai ini sangat kuat dan bergemuruh sehingga tidak ada perahu nelayan di pantai ini. Nama Goa Cina berasal dari keberadaan goa di pantai ini yang pernah dipakai untuk bertapa oleh seorang Cina sehingga pantai ini diubah namanya menjadi Goa Cina. Rute menuju pantai ini cukup mudah namun disarankan untuk menyewa mobil saja tidak ada kendaraan pribadi karena jalannya terbuat dari bebatuan kapur yang berlekok-lekok sekitar 500 meter sehingga cukup sulit untuk ditempuh dengan motor terutama jika berboncengan. Untuk masuk ke pantai ini hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang dan uang parkir sebesar Rp 5.000 per motor tanpa perhitungan jam.

  • Pantai Sendang Biru

Wisata Pantai Sendang Biru Malang

@dessitiaa

Pantai yang terletak di daerah Sendang Biru ini memang tidak usah diragukan lagi keindahannya. Hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang maka Anda akan bisa menyaksikan keindahan selama yang Anda mau. Pantai yang letaknya berhadapan dengan Pulau Sempu ini biasanya ramai dikunjungi. Banyak orang yang datang ke pantai ini akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu. Namun sebenarnya pulau itu bukan tempat wisata karena tempat konservasi alam. Dengan alasan itu maka artikel ini tidak akan membahas tentang Pulau Sempu. Pantai ini juga dijadikan tempat pelelangan ikan di Malang karena kondisi ombaknya yang tenang membuat kapal nelayan bisa bersandar dengan tenang. Nama “Sendang Biru” diberikan karena di pantai ini ada sumber mata air yang dalam bahasa jawa disebut sendang dan warnanya biru. Pantai Sendang Biru telah dikelola oleh perusahaan negara milik Forestay sehingga saat ini sudah tersedia beberapa fasilitas yang meliputi penginapan, guest house, rumah jaga dan tempat penyewaan perahu. Pantai ini harus didatangi dengan memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Tetapi bagi para backpacker, tempat ini juga bisa ditempuh dengan naik kendaraan umum berupa Mikrolet dengan jurusan Gadang – Turen – Sendang Biru.

  • Pantai Balekambang

Wisata Pantai Balekambang Malang

@nixaini

Pantai yang mempunyai ciri khas yaitu pura di atas pulau karang yang serupa dengan Tanah Lot di Bali bernama Amerta Jati. Pantai ini tidak akan pernah membuat kecewa saat dikunjungi. Ukuran pura di sini lebih kecil dan dibangun pada tahun 1985 oleh bupati Malang yang memang mencontoh desain Pura Tanah Lot. Jika ingin melihat pura dari dekat bisa melewati jembatan beton sepanjang 100 meter. Pantai ini terlihat cantik terutama pada saat senja karena pantai ini memang spot terbaik untuk sunset. Hamparan pasir dan ombak yang tenang semakin menambah keindahan pantai ini. Jika suka berenang atau ingin bermain air maka bisa dilakukan di pantai ini. Jika hanya ingin menikmati pemandangan dan tidak ingin basah maka bersantailah di pendopo yang telah disediakan.

Kepoin Yang Ini  Temukan Wisata Alam Istimewa di Kediri

Terdapat 3 pulau berjajar yang pemandangannya sangat indah di pantai ini yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Anoman. Pantai Balekambang juga dijadikan tempat wisata religi pada hari-hari tertentu. Cukup banyak orang yang berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil pada 1 Sya’ban yang telah berjasa membabat alas pantai ini. Umat Hindu yang tinggal di dekat pantai ini juga memakai Pura Amara Jati sebagai tempat ibadah pada raya Nyepi. Adanya penduduk beragama hindu itulah yang menjadi faktor penyebab dibuatnya pura di pantai ini.

Jika ingin berlama-lama menikmati Pantai Balekambang maka Anda bisa menyewa penginapan Bamboo yang memiliki 8 kamar hanya dengan biaya sekitar Rp 200.000 per hari. Letak pantai Balekambang di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak pantai ini cukup jauh dari pusat kota Malang yakni sekitar 67 Km yang harus ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewaan dan jalannya sudah cukup bagus. Tidak ada angkutan umum yang melintasi jalan dekat pantai ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 maka Anda sudah bisa menikmati pantai ini sepuas dan selama yang Anda mau. Tempat ini sering dijadikan untuk berkemah dan kegiatan pecinta alam lainnya. Rute menuju pantai Balekambang dari pusat kota Malang yaitu Gadang – Bululawang – Kerebet – Gondang Legi – Bantur -Pantai Balekambang.

Kepoin Yang Ini  Sudut Timur Pulau Jawa yang Tertular Keindahan Bali

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.