Mamuju Pasti Buat Semua Orang Tak Ragu Untuk Datang

Mamuju Pasti Buat Semua Orang Tak Ragu Untuk Datang

Mamuju yang merupakan ibukota Sulawesi Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik. Sebenarnya tidak hanya wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner juga menjadi daya tarik dan keunikan daerah ini. Pengembangan tempat wisata setiap tahun di Sulawesi Barat membuatnya semakin menarik sehingga dikenal oleh banyak wisatawan. Jika ingin berwisata di provinsi penghasil kakao ini maka simak tempat-tempat wisata berikut ini.

  1. Pantai Manakarra

Wisata Alam Pantai Manakarra

@rahmatedy

Pantai Manakarra berada di Mamuju yang lokasinya selalu dipadati oleh pengunjung setiap hari. Pantai ini cocok untuk bersantai melepas lelah sambil menikmati pemandangan yang indah. Banyak yang datang pada sore dan malam hari sambil menikmati pemandangan sunset yang ciamik. Sebagian besar pengunjung pantai ini adalah pemuda pemudi karena mereka senang berkumpul bersama. Pedagang camilan dan kios-kios lainnya memudahkan pengunjung untuk membeli yang diinginkan. Tidak perlu repot membawa bekal karena sudah tersedia dengan lengkap semuanya. Lokasi pantai ini tepatnya di Jl. Yos Sudarso yang cukup mudah untuk didatangi. Tidak ada biaya masuk alias gratis sehingga siapapun bisa menghabiskan momen istimewa sesuai keinginan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah Agustus hingga September yakni sudah masuk musim kemarau yang panas.

  1. Pulau Karampuang

Wisata Alam Pulau Karampuang

@akhill.14

Pulau Karampuang seluas 6 km persegi ini menyimpan kekayaan biota laut yang sangat indah. Anda wajib snorkeling atau diving di laut sekitar pulau ini. Ada dermaga kayu yang dibangun dari tepi pantai menjorok ke laut sepanjang 500 meter yang semakin memperindah suasana pantai. Ada sumur tiga rasa yang dikenal dengan nama sumur jodoh di pulau ini sehingga kalau penasaran Anda harus melihatnya sendiri. Ada juga Goa Lidah dengan mulut goa yang kecil, namun setelah ditelusuri ternyata di dalam goa cukup luas dengan dinding yang kokoh. Tidak ada biaya masuk ke pulau ini, namun untuk mengunjungi tempat ini harus naik perahu motor dengan biaya jasa Rp 20.000 saja per orang.

  1. Air Terjun Tamasapi

Wisata Alam Air Terjun Tamasapi

@sulbarhits_

Air Terjun Tamasapi setinggi 75 meter ini memiliki aliran air yang berasal dari Sungai Tamasapi. Untuk mencapai tempat wisata ini harus berjalan kaki sejauh 1 km yang tidak seberapa jauh dan pasti terbayar lunas oleh keindahannya. Suasana menuju air terjun sangat sejuk dan asri sehingga siapapun akan merasa senang. Kebahagiaan bisa bertambah pada saat musim durian, penduduk setempat menjualnya dengan harga yang lebih murah. Bayangkan saja betapa nikmatnya duduk santai sambil memandang keindahan air terjun ditemani dengan durian. Air terjunnya cukup deras tetapi tetap bisa bermain air di sekitar air terjun. Air terjun ini lokasinya di Dusun Tamasapi, Desa Mamunyu.

  1. Air Terjun Indo Rannuang

Wisata Alam Air Terjun Indo Rannuang

@shine.indonesia

Air terjun yang terletak sekitar 8 km dari kota Polewali ini wajib dikunjungi karena keindahannya tidak dapat dipungkiri. Sungai Limbong Sitodo mengalir di bawahnya semakin membuat pemandangan air terjun yang lebih indah dan alami. Pemandangan di sekitar air terjun dan sungai terdapat bebatuan dan pohon-pohon yang cukup rapat. Suasana yang cukup asri dengan udara yang sejuk dan segar, benar-benar membuat hati bahagia, terlebih lagi air yang mengalir sangat jernih dan bersih. Siapapun bisa mandi atau berenang di dekat air terjun atau di sekitar sungai. Tempat wisata ini memang menjadi tempat wisata andalan pemerintah daerah setempat. Lokasi air terjun ini tepatnya di Desa Kunyi, Kecamatan Areapi, Kabupaten Polewali Mandar. Jika ingin datang ke tempat ini sebaiknya naik ojek motor seharga Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per orang. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim hujan.

  1. Pantai Lombang-Lombang

Wisata Alam Pantai Lombang-Lombang

@ar_379

Pantai yang terletak sekitar 30 km dari kota Mamuju ini memiliki keindahan pantai dan laut yang luar biasa. Uniknya pasir yang terhampar berwarna hitam dan halus sehingga memanjakan kaki saat berjalan di tepi pantai. Ombak di pantai ini cukup kecil sehingga berenang atau bermaurahin air menjadi lebih aman. Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu snorkling atau olahraga air lainnya. Fasilitas dan alat yang dibutuhkan cukup tersedia lengkap yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Pada akhir pekan pengelola pantai biasanya mengadakan pertunjukan musik dan pentas seni secara gratis. Jika ingin menyewa pelampung seharga Rp 5.000 saja, sewa gazebo Rp 25.000 tanpa hitungan jam. Benar-benar wisata murah yang menyenangkan.

  1. Pantai Palippis

Wisata Alam Pantai Palippis

@pravda.co.id

Pantai Palippis tidak hanya punya pemandangan pantai yang indah tetapi juga suasana alam yang sangat asri. Pantai ini dikelilingi perbukitan yang hijau yang terlihat seolah pantai ini dipeluk oleh pegunungan. Ada batu karang yang tingginya mencapai 30-80 meter sehingga sering dijadikan lokasi panjat tebing. Ada juga goa kelelawar di atas bukit dekat pantai yang menjadi nilai tambah dari pantai ini. Pantai berpasir putih ini terletak sekitar 2o km dari Polewali tepatnya di Desa Bala, Kecamatan Balanipa. Unjuk datang ke pantai ini harus melewati Jalur laut dengan perahu motor.

  1. Pantai Dato

Wisata Alam Pantai Dato

@aman_vinisi

Pantai berpasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih ini bernama Pantai Dato. Pemandangan bawah lautnya bisa disaksikan dari atas permukaan laut karena jernihnya laut. Pantai bernuansa tropis ini keasriannya masih terjaga dengan baik. Terdapat batu karang besar setinggi 20 meter yang bisa dinaiki untuk melihat betapa menakjubkannya pemandangan di pantai tersebut dari ketinggian. Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini pada sore hari karena pemandangan sunset di puncak karang sangat indah. Tidak sulit untuk naik ke atas batu karang karena sudah tersedia tangga. Lokasi pantai ini tepatnya di  Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Tidak ada biaya masuk alias gratis dan untuk biaya parkir kendaraan tidak ada tariff sehingga bisa diberikan berapa pun secara sukarela. Fasilitas yang ada di pantai ini yaitu lahan parkir, toilet, penginapan, tempat makan.

  1. Pulau Gusung Toraja

Wisata Alam Pulau Gusung Toraja

Wisata Alam Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja biasa disebut Pulau Pasir Putih karena memiliki pantai berpasir putih bersih yang sangat indah. Pulau ini tidak berpenghuni sehingga siapapun akan merasa seperti pulau milik pribadi. Pemerintah setempat telah menyediakan fasilitas seperti bangunan dan gazebo yang bisa dipakai untuk meletakkan barang bawaan. Berpiknik di tempat ini tentunya sangat asik dan disarankan untuk membawa tenda agar bisa bermalam di pulau ini. Perbekalan yang dibawa harus cukup karena tidak ada penjual makanan.  Jika ingin snorkeling atau diving juga harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada yang menyewakan perlengkapan menyelam di sana. Keindahan terumbu karang wajib diselami agar tidak menyesal. Pemandangan sunrise dan sunset di sini sangat indah sehingga kapan pun momennya akan selalu indah. Lokasi pantai ini terletak di Desa Tonyaman, kecamatan Binuang, kabupaten Polewali Mandar. Biaya transportasi untuk menyebrang ke pulau ini sebesar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per orang.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.