Manado Jo Ngana Punya Alam Indah

Manado Jo Ngana Punya Alam Indah

Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara yang terkenal dengan makanan ekstrim dan taman laut Bunaken yang indah. Sebenarnya Sulawesi Utara khususnya Manado memiliki banyak keindahan alam yang wajib diketahui. Ada banyak tempat wisata alam di Manado yang pasti membuat siapapun berdecak kagum. Berikut ini beberapa tempat wisata di Manado yang penuh pesona.

Taman Laut Bunaken

Wisata Alam di Taman Laut Bunaken

@yannuar

Tempat yang sudah populer ini di mata dunia ini sudah tidak diragukan lagi keelokannya. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu wisata bawah laut terbaik di dunia sehingga dunia sudah mengakui keindahannya. Bunaken memang kaya akan biota laut, mulai dari terumbu karang hingga hewan-hewan laut yang cantik seperti ikan yang berwarna-warni. Sebagai ikon wisata Manado, Taman Laut Bunaken menawarkan pesona wisata yang tiada duanya. Untuk menikmati keindahan alam bawah laut, hal yang bisa dilakukan adalah menyelam, snorkeling, dan fotografi air. Ada 39 titik penyelaman yang bisa dijelajahi di Bunaken. Jangan bersedih jika tidak bisa berenang atau menyelam karena tetap bisa menikmati kecantikan bawah laut dengan kapal selam yang didesain khusus dengan dinding kaca transparan.

Pantai Malalayang

Wisata Alam di Pantai Malalayang

@mariaemanuela19

Letak lPantai Malalayang tidak terlalu jauh dari pusat kota Manado. Hanya berjarak sekitar 4 km yang bisa didatangi dengan motor atau mobil sewaan. Jika suka olahraga laut seperti snorkeling atau diving maka Anda bisa melakukannya untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang sama indahnya dengan Bunaken. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga cocok untuk bermain air atau sekedar berenang. Hamparan pasir hitam yang indah menjadi ciri khas tersendiri sehingga wajib dicoba untuk bermain pasir di tempat wisata ini. Cobalah nikmati panorama pantai sambil berwisata kuliner khas tanah Minahasa yaitu pisang goreng plus sambal dabu-dabu. Pasti keindahan akan menjadi milik Anda seutuhnya.

Kepoin Yang Ini  Gorontalo yang Tak Disangka Keindahannya

Air Terjun Kima Atas

Wisata Alam Air Terjun Kima Atas

@dolandolen

Ingin menikmati pesona alam dengan udara yang sejuk? Ingin menikmati pesona alam dengan udara yang sejuk? Air terjun Kima Atas bisa menjadi pilihan. Lokasinya berada di Kelurahan Kima Atas yang berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata di Manado ini menawarkan keindahan air terjun tiga tingkat dengan aliran air yang tidak terlalu deras sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berenang. Bagi yang tidak ingin berbasah-basah ria, bisa juga menikmati keindahan alam sekitar air terjun dan udara yang sejuk sambil ditemani kuliner yang dijajakan di tempat wisata ini.

Danau Tondano

Wisata Alam Danau Tondano

@martinulpan

Danau Tondano yang tak kalah indah dan populernya dengan Bunaken ini wajib dikunjungi jika Anda sudah berada di Manado dan sekitarnya. Danau vulkanik seluas 4.000 hektar ini dipercantik dengan pulau kecil yang ada di tengahnya. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan danau ini yaitu pada pagi hari karena udaranya masih sangat segar dan matahari terbit menjadi momen terindah di danau ini. Untuk menikmati keindahan pemandangan danau, naiklah perahu motor dengan kapasitas maksimal 10 orang. Tidak hanya berwisata alam, Anda juga bisa berwisata kuliner yang disajikan di sekitar danau berupa aneka olahan ikan betutu yang menjadi ikan khas Danau Tondano. Sangat disayangkan jika sudah jauh-jauh datang ke danau ini tetapi tidak mencicipi kelezatan makanannya. Bayangkan betapa nikmatnya makan di tepi danau yang menyajikan birunya air dengan pegunungan sebagai latarnya. Pasti tidak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Kepoin Yang Ini  Tidore yang Membuat Betah Para Wisatawan

Bukit Kasih

Wisata Alam Bukit Kasih Manado

@sigarprayson

Semboyana andalan Manado yaitu “Torang Samua Basudara” yang berarti kita semua bersaudara ini tidak hanya sekadar semboyan, tetapi direalisasikan dalam kehidupan sosial masyarakat secara nyata. Dibanngunnya Bukit Kasih menjadi simbol kerukunan umat beragama yang nyata di tanah Minahasa ini. Di tempat ini  juga dibangun rumah ibadah lima agama yang semakin mengukuhkan kerukunan. Keunikan ini menjadi daya tarik Bukit Kasih yang berada di Desa Kanonang berjarak sekitar 55 km dari pusat kota Manado. Saat masuk ke tempat wisata ini, Anda pasti akan disambut dengan monumen berbentuk segi lima setinggi 22 meter yang dikenal dengan Tugu Toleransi. Keunikannya semakin lengkap karena setiap sudut ada simbol dari kelima agama.

Taman Wisata Tandurusa

Wisata Alam Taman Wisata Tandurusa

@bungalatif

Tempat wisata lainnya yang juga menarik ialah Taman Wisata Tandurusa. Lokasi tepatnya di Kecamatan Aertembaga, bisa diakses dari kota Manado yang bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan. Tempat wisata ini adalah pusat konservasi satwa khas Manado seperti babi rusa,  monyet hitam, aneka burung, dan tarsius. Tarsius adalah hewan yang paling menarik karena menjadi ikon Sulawesi Utara. Seru bukan bisa melihat langsung hewan endemik nan unik secara langsung. Tarsius ini mirip dengan monyet, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil tetapi tangan dan kakinya lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Bentuknya jauh lebih unik dari monyet atau kera. Ciri khas dari satwa ini yaitu matanya yang besar bulat dengan ukuran hampir setengahnya saja. Jika Anda pecinta binatang maka tempat wisata ini tidak boleh luput dari daftar kunjungan.

Kawasan Boulevard

Semula kawasan Boulevard ini hanya tempat nongkrong dan berjualan para pedagang kaki lima. Tetapi pemerintah kota Manado melihat potensi wisata yang bisa dikembangkan dari kawasan yang terletak di sepanjang Jalan Pierre Tendean ini. Kemudian kawasan ini disulap menjadi landmark kota Manado. Tak butuh waktu lama, kawasan Boulevard ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang tidak kalah mempesona. Setiap sore kawasan ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Setelah matahari tergelincir hingga malam, kawasan ini pun tetap ramai menjadi pusat wisata kuliner di Manado. Momen senja menjadi terasa indah jika dinikmati bersama keluarga atau teman-teman sambil bersenda gurau. 

Kepoin Yang Ini  Berenang di Ketinggian Kolam Renang Deefa Palu

Arung Jeram Sawangan

Wisata Alam Arung Jeram Sawangan

@indrakusumaoley

Suka berwisata memacu adrenalin? Sungai Sawangan bisa menjadi pilihan utama. Apa yang bisa dilakukan di sungai ini? Arung jeram! Arusnya yang cukup deras menjadikan sungai ini sangat cocok untuk arung jeram. Para pengunjung bisa memacu adrenalin selama 2 jam dengan menyusuri sungai sepanjang 9 km. Sudah terbayang bagaimana serunya? Anda pasti sulit bernapas lega saat menikmati wahana seru ini. Posisi perahu karet yang naik turun terombang-ambing pasti membuat semua tak terlupakan. Lokasi wisata ini bisa didatangi dengan mudah karena jalannya cukup baik.  Dari Manado tinggal mengikuti jalan menuju kawasan Armadidi lalu dilanjutkan hingga Desa Sawangan yang bisa ditempuh dengan mobil atau motor. Setelah lelah berarung jeram maka Anda bisa menikmati kuliner di warung-warung yang ada di lokasi dengan harga makanan yang terjangkau.

Beberapa tempat wisata tersebut cukup mudah untuk didatangi karena tidak jauh dari pusat kota Manado. Jika punya kesempatan untuk datang atau singgah di Manado maka wajib meluangkan waktu untuk berwisata alam di sana. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.