Manggarai Timur, Pusat Keindahan Flores dari Sisi Lain

Manggarai Timur, Pusat Keindahan Flores dari Sisi Lain

Manggarai Timur merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berada di Pulau Flores. Keindahan alam Flores terutama di Manggarai Timur tidak ada yang meragukannya, baik orang Indonesia asli maupun orang asing. Pemandangan yang elok dan tentunya menyegarkan rohani siapapun yang berada di kota ini. Manggarai Timur menyuguhkan tempat-tempat manis nan eksotis yang bisa didatangi dengan siapapun terutama bersama pasangan. Jika berwisata ke Flores maka jangan pernah lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap sudut keindahan yang terpampang nyata. Berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Manggarai Timur.

  • Padang Savana Mausui

Wisata Alam Padang Savana Mausui

@cellybrekele

Keanekaragaman di Pulau Flores terutama di Manggarai Timur manjadi daya magnet kuat yang menarik banyak wisatawan untuk datang. Wilayah ini kaya akan wisata alam karena berada di area pesisir yang dihiasi padang savana yang menyuguhkan pemandangan unik. Berbicara tentang padang savanna, ada satu kawasan yang patut dikunjungi yaitu Padang Savana Mausui yang terletak di Kecamatan Kota Komba. Keindahan alam berupa padang rumput yang luas dan kuda-kuda berkeliaran menjadi sebuah kemewahan yang harus dirasakan oleh siapapun. Tak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menyaksikan padang rumput yang dihuni berbagai satwa, cukup saja datang ke Mausui. Bahkan tak hanya padang savana yang disuguhkan di kawasan ini, ada keindahan alam lainnya yaitu pantai yang dimulai dari Pantai Pasir Putih Mausui hingga Pantai Nangarawa yang menambah pesona Manggarai Timur. Air  laut yang berwarna biru muda hingga kehijauan bahkan tak jarang menyajikan gradasi warna yang ciamik. Kesegaran rohani sudah pasti akan didapatkan.

Untuk menuju ke tempat ini, para traveler yang berasal dari luar pulau Flores sebaiknya terbang menuju Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Setelah itu memulai perjalanan dari sana hingga Manggarai Timur dengan melewati Kabupaten Manggarai tentunya. Jika sudah tiba di Borong yang merupakan ibukota Manggarai Timur, lanjutkan perjalanan dengan melintasi jalan Transflores. Anda pasti akan sangat menikmati perjalanan karena sepanjang jalan terdapat keindahan alam berupa sawah, pegunungan, dan masih banyak lagi. Setelah tiba di pertigaan Gereja Santo Arnoldus Waelengga yang merupakan wilayah Kelurahan Watu Nggene maka Anda akan bertemu pintu masuk Padang Savana Mausui. Jika sudah sampai di pintu masuk berarti Anda seperti sudah berada di pintu surga karena keindahan alam akan memanjakan mata. Tidak ada biaya resmi untuk masuk ke kawasan ini sehingga Anda bisa menikmatinya sesuka hati tanpa batasan waktu. 

  • Danau Rana Tonjong

Wisata Alam Danau Rana Tonjong

@aduafander

Danau Rana Tonjong ditumbuhi teratai (lotus) dan menurut kabar yang beredar danau ini masuk kategori Danau Lotus terbesar kedua di dunia. Danau yang begitu luas ini sangat indah sehingga membuat siapapun yang datang akan merasakan suasana syahdu yang tak bisa disanggah. Danau yang dikelilingi perbukitan hijau seolah berada di pelukan gunung ini memiliki air dan langit jernih. Kesan syahdu dan romantic memang sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata romantic bersama pasangan. Udara di kawasan ini pun sejuk tidak seperti di area pantai karena danau ini memang berada di kawasan pegunungan. Kenyamanan pasti membuat siapapun tidak ingin beranjak pergi dari tempat ini.

Kepoin Yang Ini  Sumba Barat Daya Pasti Mengalihkan Duniamu

Danau ini terletak di Desa Nanga Mbaling Kecamatan Sambi Rampas atau sekitar 3 km kea rah utara Pota. Areal persawahan milik warga di sebelah timur kawasan ini membuat pemandangan semakin beraneka ragam indahnya. Uniknya, danau ini ditumbuhi bunga teratai raksasa (Victoria Amazonica) atau disebut Tonjong dalam bahasa setempat sehingga danau ini dinamakan Rana Tonjong. Lotus raksasa tersebut menutupi seluruh permukaan danau seluas 2200m2 sehingga air danau tidak terlalu terlihat. Menurut informasi dari warga setempat, pada tahun 1990-an telah dilakukan penelitian oleh seorang ilmuwan Jerman tentang bunga teratai tersebut. Bunga teratai di Rana Tonjong dinyatakan sebagai fenomena unik karena sangat langka dan hanya tumbuh di tiga negara yaitu Indonesia, India dan Australia Utara.

  • Danau Rana Mese

Wisata Alam Danau Rana Mese

@sefrijons

Danau Rana Mese berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Borong. Danau ini menyuguhkan suasana romantis dan cocok untuk didatangi bersama pasangan.  Namun tak menutup kemungkinan untuk didatangi bersama teman-teman. Rana mese ini sangat cantik dan berbeda karena mengusung konsep yang unik. Di kawasan sekitar danau didirikan beberapa rumah kecil yang terbuat dari bambu. Para pengunjung bisa berfoto dengan berlatarkan dekorasi-dekorasi rumah-rumah unik nan mungil. Para wisatawan biasanya paling sering berfoto di depan pajangan dengan tulisan “Welcome To Rana Mese Lake”. Jika berfoto di dekat tulisan berarti Anda sudah resmi datang ke Danau Rana Mese, begitulah menurut banyak wisatawan.

  • Pantai Mbolata

Wisata Alam mbolata

@encege

Manggarai Timur memiliki sebuah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Manggarai Barat (Labuan Bajo). Pantai yang dimaksud adalah Pantai Mbolata yang terletak di kecamatan Kota Komba. Pantai Mbolata menyuguhkan pemandangan berupa gulungan ombak yang tinggi, kebun, hingga rumput dengan bukit. Konon ombak yang cukup tinggi itu sering dimanfaatkan oleh turis asing untuk berselancar. Tempat ini berlatarkan Gunung Inerie, padang rumput hijau dan Pantai Tanjung Bendera. Tentu saja latar belakang yang indah itu wajib diabadikan dengan kamera. Anda bisa berfoto di sana sehingga foto Anda pasti menjadi foto yang disukai banyak orang di instagram.

Kepoin Yang Ini  Wisata Alam di Lembata Tak Ada Duanya

Pantai Mbolata tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia namun sudah mendunia. Banyak orang Eropa dan sejumlah negara lainnya yang sudah mengenal tempat ini. Para wisatawan asing selalu mengunjungi pantai ini untuk menikmati sunset karena momen sunset di pantai ini memang juara. Akses jalan masuk ke lokasi pantai ini belum diaspal, justru hal ini membuatnya semakin eksotis. Untuk datang ke pantai ini jika berada dari luar Pulau Flores maka harus terbang menuju Labuan Bajo. Perjalanan dilanjutkan dengan melintasi wilayah Kabupaten Manggarai hingga tiba di Kota Borong Manggarai Timur. Kemudian melintasi Jalan Transflores hingga tiba di pertigaan Gereja Katolik Santo Arnoldus dan Yoseph Waelengga maka tak lama akan terlihat pantai ini.

  • Pantai Liang Bala

Wisata Alam Pantai Liang Bala

@yusaryantospeltranix

Pantai Liang Bala terletak di Borong yang tak jauh dari pusat kota yaitu sekitar 3 km saja. Lokasi yang cukup dekat dari pusat kota menjadi keunggulan dari pantai ini. Tak hanya pemandangannya yang sangat memesona, para pengunjung juga bisa menyusuri beberapa Gua dan menembus deretan bebatuan yang terkena derasnya ombak. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada sore hari karena pesona  sunset cantik dengan suasana tenang dan udara sejuk menjadi suguhan mewah yang tak akan tertandingi dengan apapun. Memang pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan, namun jika datang bersama teman-teman juga tak mengurangi keindahan pantai ini.

  • Pantai watu pajung

gambar dari travel.kompas.com

Berada sekitar 10 km di sebelah timur Pota kota Kecamatan Sambi Rampas. Memiliki hamparan pasir putih di sepanjang pantai, di sejumlah bagian ada batu karang yang berdiri elegan & kokoh membelakangi perbukitan yang hijau ditumbuhi pepohonan. Di bagian unsur timur Watu Pajung ada padang yang lumayan luas, sedangkan di unsur barat ada lahan persawahan milik penduduk setempat. Kombinasi alam yang estetis ini menciptakan Watu Pajung paling menakjubkan. Dinamai Watu Pajung karena di ambang pantai terdapat suatu batu karang yang berdiri menghadap ke laut, serupa payung yang sedang mengembang. Dalam bahasa Manggarai Watu berarti batu dan Pajung berarti Payung.

Kepoin Yang Ini  Wisata Manis di Daerah Hitam Manis

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.