Melancong ke Purwakarta Pasti Nagih

Melancong ke Purwakarta Pasti Nagih

Melancong ke Purwakarta pasti akan membuat Anda ketagihan karena objek wisata alam di daerah ini memiliki keindahan yang unik. Purwakarta yang termasuk wilayah Jawa Barat ini diam-diam punya banyak pesona alam yang harus dikunjungi. Untuk menuju Purwakarta cukup mudah yakni hanya melintasi tol Purbaleunyi arah Bandung namun Anda akan keluar tol jauh sebelum Bandung. Simak terus artikel ini untuk tahu banyak tentang destinasi wisata alam di Purwakarta. Daerah yang tidak akan membuat Anda tua di jalan ini pasti akan membuat Anda terpesona dengan berbagai keelokan yang dimilikinya. Berikut ini beberapa destinasi menarik di Purwakarta.

  1. Waduk Jatiluhur
Wisata Alam Waduk Jatiluhur

@kumislele_hd

Waduk Jatiluhur yang terkenal ini merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibuat pada tahun 1957. Waduk ini dibangun untuk kebutuhan irigasi sawah, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan kebutuhan air minum. Namun kini Waduk Jatiluhur dijadikan tempat wisata sebab panorama yang indah di area ini sayang jika tidak dimanfaatkan. Sejak dijadikan tempat wisata, banyak orang berdatangan dari berbagai tempat baik turis domestik maupun mancanegara. Waduk ini adalah muara sungai Citarum yang berukuran 8,3 ribu hektar. Beragam fasilitas disediakan untuk memanjakan para wisatawan. Jika ingin menginap di kawasan ini maka Anda bisa menyewa cottage dan bungalow yang nyaman.

Pemandangan Gunung Parang dan Gunung Tiga Menara menjadi latar belakang yang menghiasi area waduk ini. Jika suka dengan momen senja maka Anda bisa menikmati pesona sunset di tepi waduk ini. Harga tiket masuk sebesar Rp 7.500 saja per orang untuk akhir pekan. Sedangkan pada hari biasa hanya sebesar Rp 5.000 per orang, Kalau mau merasakan serunya Water Boom bisa membayar Rp 30.000 saja per orang. Ada sarana rekreasi dan olahraga air seperti selancar angin, dayung, ski air, berenang, memancing, wisata keliling waduk dengan perahu, dan masih banyak lagi. Jika suka bermain jetski maka Anda bisa menyewanya seharga Rp 100.000 saja.

  1. Curug Cipurut
Wisata Alam Curug Cipurut

@lianboo2002

Curug Cipurut terletak di kaki gunung Burangrang tepatnya di Desa Sumurugul, Wanayasa. Curug yang berjarak 30 km dari kota Purwakarta ini memiliki 3 curug. Curug utama yang merupakan curug paling tinggi memiliki ketinggian 25 meter dan berada di ujung tebing. 2 curug lainnya lebih landai sehingga sering dijadikan tempat berseluncur oleh para pengunjung. Tempat wisata ini bisa didatangi dengan angkutan umum desa, namun Anda harus berhati-hati karena jalannya berbatu, berliku dan penuh tanjakan. Anda harus berjalan kaki dari lokasi parkir sekitar 1,5 km sambil melewati jalan setapak di tepian kebun teh. Jika naik angkutan umum maka naiklah elf dari Terminal Wanayasa menuju Desa Sumurugul dengan ongkos Rp 4.000 saja. Karcis masuk curug ini hanya Rp 3.000 per orang, sedangkan untuk parkir mobil Rp 2.000 dan motor hanya Rp 1.000 tanpa hitungan jam. Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini yaitu camping, bertualang, dan fotografi.

  1. Situ Wanayasa
Rekreasi Alam Situ Wanayasa

@yanikisma5851

Situ Wanayasa letaknya tak jauh dari Curug Cipurut. Situ atau danau seluas 7 hektar ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, saat ini sudah dibangun beragam wahana permainan seru seperti kapal bebek kayuh, sepeda air, memancing, dan lainnya. Situ ini bisa dijadikan tempat ziarah karena terdapat makam RA. Suriawinata yang merupakan pendiri Purwakarta. Makam tersebut terletak di pulau kecil yang berada di tengah danau yang bisa didatangi dengan naik jembatan. Situ alami seluas 7 hektar ini berada di atas ketinggian 600 meter. Udara sejuk dengan latar belakang panorama Gunung Burangrang menjadi kemewahan yang ditawarkan situ ini. jika ingin berkunjung ke tempat ini maka Anda bisa melewati jalur alternatif Purwakarta (Wanayasa) – Subang yang tak jauh dari pintu keluar tol Cikampek dengan pepohonan rimbun yang membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Saat ini banyak pengunjung yang datang untuk berwisata dengan mengunjungi pulau kecil di tengah danau, kalau dahulu hanya menjadi tempat persinggahan setelah menempuh perjalanan jauh. Tidak ada biaya untuk berkunjung ke situ ini.

  1. Bukit Panenjoan
Wisata Alam Bukit Panenjoan

@ayodolan

Bukit Panenjoan sudah dikenal oleh banyak orang terutama bagi orang-orang zaman now  yang hobi mencari spot instagrammable. Pemandangan alam yang indah khas pedesaan dan dihiasi jembatan bambu menjadi ciri khas dari bukit ini. Bukit Panenjoan berjarak sekitar 17 KM dari kota Purwakarta yakni berada di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong. Akses jalan ke bukit ini bisa dengan naik motor atau mobil dengan mengambil arah Wanayasa di Pondok Salam. Setelah melihat Gapura Indung Rahayu maka belok ke kanan menuju Desa Salam hingga sampai di Bojong Sawit lokasi bukit ini. Berbagai pemandangan alam seperti gunung, perkebunan, dan danau menjadi dekorasi tambahan yang membuat tempat ini semakin layak untuk dikunjungi dan diabadikan dengan kamera. Bukit ini bisa didatangi setiap hari dari pukul 9 hingga 17 seperti jam kerja kantoran. Tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang dengan biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000 tanpa hitungan jam.

  1. Gunung Bongkok
Wisata Gunung Bongkok

@kartikas.maya

Gunung bongkok cukup mudah untuk didaki dan sedang hitz sehingga banyak dikunjungi oleh travelers. Aktivitas yang dilakukan yaitu trekking ringan dan camping ceria jika ingin melihat pemandangan matahari terbit yang indah. Gunung ini sebenarnya tidak tinggi dan cenderung berupa bukit batu yang memiliki pemandangan indah di puncaknya. Gunung Bongkok berada di Kampung Cikandang Tegalwaru yang bisa didaki hingga puncak hanya sekitar 1 jam. Ada 3 titik pendakian yang harus sedikit diperhatikan yaitu pada ketinggian 700, 800, dan 950 mdpl yang berupa tanjakan curam. Sebelum sampai di puncak, biasanya banyak orang yang berkemah di Pos Munclu dengan membayar lapak tenda Rp 5.000 saja per orang untuk menikmati puncak pada pagi hari sambil melihat sunrise. Tak jarang gunung ini banyak didatangi pada sore hari. Jika tidak bawa tenda maka bisa menyewa saung dengan harga Rp 10.000 per orang. Untuk menuju gunung ini maka Anda bisa naik kereta ekonomi dari Stasiun Kota ke Purwakarta. Bisa juga dengan naik bus jurusan Jakarta- Purwakarta dan dilanjutkan dengan naik angkot.

  1. Gunung Lembu
Wisata Alam Gunung Lembu

@hidayat_tiwiw

Gunung Lembu menjadi tempat pendakian terfavorit di Purwakarta. Para pendaki bisa melihat Waduk Jatiluhur dari puncak gunung ini. Lokasi gunung ini di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani. Walau hanya memiliki ketinggian 792 MDPL namun trek pendakian cukup menantang karena banyak batuan besar dan lereng gunung yang curam. Dinamakan Gunung Lembu karena memang terdapat batu besar di puncaknya yang berbentuk seperti punuk lembu atau sapi. Tempat ini bisa didatangi dengan mobil pribadi atau naik kereta Jurusan Jakarta Kota – Purwakarta. Setelah tiba di Stasiun Purwakarta maka bisa menyewa truk atau mobil bak terbuka menuju lokasi.

Kepoin Yang Ini  Wisata Kuliner dan Tempat Nongkrong di Jalan Braga Bandung

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.