Melirik Pesona Alam dan Budaya Tasikmalaya

Tasikmalaya, sebuah kota di Jawa Barat yang ternyata diam-diam memiliki banyak pesona alam. Tasik terkenal dengan kerajinan tangan dan kulinernya yang khas bernama nasi tutug oncom atau biasa disebut nasi TO. Keindahan alam di Tasik terdiri dari pantai, danau, air terjun atau curug, dan desa wisata tradisional.

Wisata Alam di Tasikmalaya Jawa Barat

Daerah yang jarang terekspos keindahannya ini wajib menjadi destinasi wisata pilihan Anda agar wisata yang dilakukan termasuk wisata antimainstream karena belum banyak orang yang tahu. Selain berwisata alam, Anda akan bisa menikmati berbagai kuliner khas yang bisa menggoyang lidah bahkan membuat Anda tidak berhenti makan. Berikut ini beberapa tempat wisata indah yang wajib dikunjungi di Tasikmalaya.

  • Kampung Naga

Wisata Alam Kampung Naga Tasikmalaya

@indonesia_paradise

Sebuah kampung tradisional yang masih memegang teguh kebudayaannya ini bernama Kampung Naga. Kampung ini berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya. Kampung unik ini terletak di lembah yang indah. Kampung ini memiliki panorama yang sangat indah. Sawah-sawah dibuat berundak-undak, tata letak pepohonan yang jaraknya tidak terlalu rapat tetapi tidak terlalu berjauhan membuat pemandangan terlihat sangat menakjubkan. Untuk menuju kampung ini harus menuruni ratusan anak tangga sehingga membuat Anda lelah saat akan keluar dari kampung ini.  Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Kampung Naga kecuali jika Anda ingin menyewa guide lokal maka bisa memberinya uang sesuai dengan jasa yang diberikannya.

Semua penduduk Kampung Naga beragama Islam namun mereka masih memegang teguh adat-istiadat dan kepercayaan nenek moyangnya. Sekilas Anda akan merasa seperti perkampungan baduy tetapi bedanya orang Kampung Naga sudah beragama islam sedangkan orang baduy tidak beragama karena memiliki kepercayaan sendiri. Mereka sangat menuruti para karuhun (leluhurnya) sehingga segala sesuatu yang sesuai dengan peninggalan leluhur adalah sesuatu yang benar sedangkan jika tidak maka itu adalah hal yang buruk. Mereka masih percaya dengan makhluk halus  seperti jurig cai yaitu makhluk halus yang menempati air atau sungai dan ririwa yaitu makhluk halus yang senang mengganggu manusia pada malam hari. Bentuk rumah masyarakat setempat berbentuk panggung serta terbuat dari bambu dan kayu. Atap rumah terbuat dari daun nipah, ijuk, atau alang-alang, sedangkan untuk lantai rumah harus berupa papan yang terbuat dari bambu atau kayu. Rumah masyarakat ini wajib menghadap ke utara atau selatan dengan memanjang ke arah barat atau timur sehingga saat melihat kampung ini memang semuanya seragam baik bentuk maupun arahnya.

  • Curug Ciwatin

Wisata Alam Curug Ciwatin Tasikmalaya

@lebah_jujur

Curug ciwatin yang berlokasi di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya ini wajib dikunjungi jika traveler butuh lokasi wisata yang antimainstream. Untuk menuju ke curug ini cukup mudah. Anda hanya perlu berpatokan pada alun alun kematan cikatomas, lalu belok kanan dan lurus terus ikuti jalan hingga sampai di sebuah jembatan maka curug ini akan terlihat dengan jelas. Dari jembatan tersebut, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar karena jaraknya tidak sampai 500 meter. Jarak dari alun-alun kecamatan hingga curug ini pun lumayan dekat hanya sekitar 6 kilometer. Akses jalan menuju curug ini sudah mulus sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan selama di perjalanan menuju curug ini.

  • Kebun Teh Taraju

Wisata Kebun Teh Taraju Tasikmalaya

@exptsk

Seperti halnya Wonosobo  yang punya kebun the bernama Tambi dan Bogor yang punya kebun teh di area Puncak, Tasikmalaya juga punya kebun the bernama Taraju. Perkebunan ini terlihat sangat hijau dan asri ditambah pemandangannya yang cantik dengan latar belakang gunung. Di sebelah barat tempat ini terdapat Gunung Cikuray yang terletak di Garut. Perkebunan teh seluas 2.062 hektar ini terdiri dari  1.329 hektar merupakan milik rakyat dan 732 hektar merupakan milik swasta. Jarak dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 48 kilometer sehingga Anda lebih baik naik kendaraan pribadi atau sewaan seperti motor atau mobil karena tidak ada kendaraan umum yang melintas.  Jika ingin berfoto dengan latar belakang pohon teh yang bentuknya cantik ini sangat disarankan karena kebun ini memang tertata rapi.

  • Tonjong Canyon

Wisata Alam Tonjong Canyon Tasikmalaya

@zunandafauziah

Pernah mendengar tentang Tonjong Canyon? Pasti sebagian besar tidak pernah bahkan bingung dengan istilah tonjong. Tempat ini berlokasi di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujuh, Tasikmalaya sehingga butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk sampai di tempat ini. Tempat wisata alam ini sangat unik, area untuk bermain ini memiliki batuan seperti Green Canyon di Pangandaran. Selain batu-batu besar, di area wisata ini juga terdapat air terjun yang indah. Aliran sungai yang tenang membuat para pengunjung bisa bermain air dengan riang gembira. Airnya yang berwarna kehijauan benar-benar mirip dengan Green Canyon namun bedanya Tonjong Canyon ini tidak untuk digunakan river tubing karena airnya tidak beriak seperti Green Canyon. Air sungai Tonjong ini hanya bisa untuk berenang atau sekedar bermain air.

Kepoin Yang Ini  Wisata Kuliner dan Tempat Nongkrong di Jalan Braga Bandung

Udara yang sejuk semakin membuat Anda betah berlama-lama. Anda juga bisa naik perahu karet untuk menyusuri sungai sepanjang 60 meter ini. Layaknya Green Canyon, jika Anda ingin menguji adrenalin maka lompatlah dari ketinggian tebing ke dalam sungai. Para pengunjung tidak diperbolehkan naik kendaraan ke dalam lokasi, hanya boleh sampai gerbang utama, lalu dilanjutkan dengan hiking sejauh 500 meter saja. Karcis masuk ke temoat wisata ini sekitar Rp.10rb hingga Rp 20rb tergantung hari, jika weekend akan lebih mahal daripada weekdays. Biaya yang begitu murah akan membawa Anda pada pesona alam yang indah karena rasa lelah akan sirna begitu sampai di tempat ini.

 

  • Pantai Sindangkerta

Wisata Alam Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

@exptsk

Tidak hanya air terjun, Tasikmalaya juga memiliki pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Sindangkerta terletak di Desa Cipatujuh Tasikmalaya. Pantai ini jaraknya tidak jauh dari pusat kota Tasikmalaya, hanya sekitar 7 kilometer. Untuk pergi ke tempat ini harus memakai kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di tempat ini. Bagi traveler sejati pasti sangat tertarik untuk datang ke pantai ini karena pantai ini masih sangat bersih dan pemandangannya sangat indah. Para pengunjung tidak pernah menyesal datang ke tempat ini karena lelah dalam perjalanan terbayar lunas saat melihat keindahan tempat ini.

Selain keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang berwarna biru muda, Sindangkerta juga memiliki keindahan dalam lautnya. Saat air laut surut, Anda dapat melihat hamparan taman laut dengan berbagai biota yang masih terjaga seperti batu karang, ikan, dan hewan-hewan laut lainnya. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu sunset karena Anda akan melihat momen matahari tenggelam seolah masuk ke laut. Harga tiket masuk cukup murah yaitu Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Anda juga harus bayar tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Tariff parkir hanya satu kali bayar untuk seharian tanpa hitungan per jam. Uniknya pantai ini memiliki jam kunjungan yaitu buka pukul 07.00 dan tutup pada pukul 18.00 WIB. Tetapi pada masa liburan biasanya pantai ini dibuka lebih lama.

Kepoin Yang Ini  Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Garut

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.