Mengupas Tuntas Smoothing Rambut : Pemilihan, Hasil, dan Harga

Smoothing Rambut – Salah satu anggota tubuh yang menjadi prioritas untuk mendapatkan perawatan adalah rambut. Sebagai mahkota dari seorang wanita maka tidak heran jika seseorang rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan tampilan rambut yang indah sehingga dapat membuat penampilannya semakin trendy. Berbagai perawatan yang biasa dilakukan antara lain adalah smoothing, rebonding, mengeriting rambut, mewarnai rambut dan berbagai perawatan lainnya.

Selama ini cukup banyak orang pula yang masih bingung apakah mereka akan melakukan perawatan smoothing atau rebonding untuk meluruskan rambut yang dimilikinya. Beberapa pertimbangan yang dapat Anda ambil sebelum memutuskan untuk memilih salah satu diantara kedua pilihan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Jenis Rambut yang Anda Miliki

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih perawatan untuk meluruskan rambut Anda adalah mengenal jenis rambut yang Anda miliki. Bagi Anda yang memiliki rambut keriting yang cukup parah sebaiknya memilih perawatan rebonding karena walaupun tarifnya lebih mahal namun dengan melakukan rebonding maka Anda akan memiliki rambut lurus yang permanen dan tidak perlu terlalu sering melakukan perawatan ulang. Retouch untuk rebonding hanya perlu dilakukan 6 bulan sekali dan hanya untuk membuat rambut baru yang tumbuh tetap lurus dan bagus. Sedangkan jika Anda memiliki rambut yang bergelombang atau tidak terlalu keriting maka perawatan smoothing lah yang paling cocok untuk Anda karena selain hasilnya lebih natural maka Anda pun tidak akan kehilangan struktur rambut asli Anda sehingga tidak perlu khawatir jika ingin berganti gaya rambut.

2. Hasil & Efek Samping

Walaupun smoothing memakan proses yang lebih lama dan biaya yang lebih mahal daripada rebonding namun hasil yang didapatpun juga jauh lebih bagus. Pelurusan rambut menggunakan metode smoothing akan menghasilkan rambut lurus yang terlihat natural berbeda dengan rebonding yang menghasilkan rambut lurus yang patah atau tidak terlihat natural. Hal ini disebabkan oleh penggunaan obat pada rebonding meresap ke kutikula rambut sehingga merubah struktur rambut secara keseluruhan berbeda dengan smoothing yang menggunakan protein untuk membuat rambut lebih halus sehingga terlihat lurus natural. Untuk efek sampingnya sendiri smoothing relatif aman karena mungkin tidak ada efek samping yang akan didapatkan selama prosesnya dilakukan sesuai dengan prosedur. Sedangkan pada metode rebonding akan ada resiko kerusakan rambut akibat penggunaan obat dan perubahan struktur rambut secara instan.

Setelah mengetahui hal tersebut dan Anda berniat untuk lebih memilih metode smoothing untuk meluruskan rambut maka Anda harus mempersiapkan biaya yang akan digunakan untuk perawatan tersebut. Tarif smoothing sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah jenis obat yang digunakan, jenis catokan yang digunakan, brand salon, hairsylist, dan panjang pendeknya rambut.

Harga obat yang lebih mahal biasanya menghasilkan hasil yang lebih lembut dan ketahanan yang lebih lama. Jenis catokan yang digunakan di salon tersebut juga akan mempengaruhi harga dari smoothing itu sendiri karena semakin bagus kualitas dari catokan yang digunakan maka proses pelurusan pun akan berjalan lancar dan menghindari rambut yang lurus tidak sempurna. Jangan kaget jika biaya smoothing Anda mahal karena harga catokannya saja bisa mencapai jutaan rupiah. Selanjutnya brand dan hairstylist dari salon tempat Anda melakukkan smoothing adalah faktor utama bisa terjadinya selisih harga yang cukup jauh. Salon yang sudah terkenal bergengsi akan mematok harga berkali-kali lipat lebih mahal dari salon biasa. Tidak heran ada salon yang hanya memberi harga 150ribuan namun di sisi lain juga ada yang mematok harga hingga jutaan rupiah.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.