Objek Wisata Alam di Blitar yang Buat Hati Bergetar

Objek Wisata Alam di Blitar yang Buat Hati Bergetar

Nama Blitar merupakan singkatan dari Balitar yang berarti pulanglah Tartar. Apakah itu Tartar? Tartar adalah suku Mongolia yang pernah ingin menguasai nusantara pada masa kerajaan Majapahit. Blitar lebih terkenal dengan wisata sejarah karena terdapat makam Bung Karno di daerah ini. Namun sebenarnya Blitar juga memiliki objek wisata alam yang pasti membuat hati bergetar saat dikunjungi. Mau tahu apa saja destinasi wisata alam di Blitar? Berikut ini ulasan tentang objek wisata unggulan di Blitar.

  • Pantai Tambakrejo

Wisata Alam Pantai Tambakrejo

@diyanaa_24

Pantai yang paling populer di Blitar ini berjarak sekitar 30 km dari kota Blitar yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Pantai Tambakrejo ini digemari karena keindahannya yang tak bisa dipungkiri. Pasirnya yang putih bersih, laut biru yang jernih, dan ombak yang tidak terlalu besar pasti membuat orang akan betah berlama-lama di pantai ini. Diberi nama Tambakrejo karena pantai ini berada di Desa Tambakrejo. Bentuk pantai ini memanjang sekitar 10 km membentuk teluk sehingga bentuk pantai ini sangat unik jika dilihat dari atas bukit. Pemandangan menghijau di sekitar pantai semakin membuat cantik panoramanya.

Kepoin Yang Ini  Sudut Timur Pulau Jawa yang Tertular Keindahan Bali

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan ritual Larung Sesaji yang biasa diadakan pada tahun baru Islam. Sesaji yang dihanyutkan ke laut berupa 2 tumpeng besar yang lengkap dengan berbagai lauk. Para pengunjung hanya perlu membayar Rp 2.000 per orang di loket.  Untuk datang ke tempat ini bisa naik kendaraan pribadi atau sewaan. Namun jika ingin naik kendaraan umum juga bisa tetapi waktu tempuh akan lebih lama. Selain itu, angkutan umum hanya beroperasi hingga sore hari. Naiklah kendaraan umum dari terminal bus Blitar, dilanjutkan dengan naik angkutan desa menuju daerah Gawang.

  • Petilasan Rambut Monte

Wisata Alam Petilasan Rambut Monte

@advensiia

Petilasan ini semacam area wisata berupa hutan yang didominasi pepohonan yang tinggi. Perkebunan teh dan area persawahan akan menjadi latar belakang yang indah. Di tempat ini juga terdapat danau yang sangat indah dengan air yang berwarna biru muda dan jernih. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri seperti bermeditasi karena suasananya yang sepi dan menentramkan. Jika ingin datang ke tempat ini, maka Anda harus menuju Desa Krisik yang berjarak sekitar 30 km dari kota Blitar. Harga tiket masuk untuk dewasa hanya Rp 3.000 dan untuk anak sebesar Rp 2.000 saja. Biaya parkir juga sangat murah yaitu berkisar Rp 1.000 hingga Rp 3.000 saja.

  • Goa Embultuk

Wisata Alam Goa Embultuk

@engfarid

Para pecinta petualangan wajib menjelajah goa sepanjang 1,5 km dengan tinggi 3 meter ini. Goa Embultuk terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bukung. Tempat ini ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional. Akses jalan menuju goa ini sudah beraspal sehingga tidak menyusahkan pengunjung. Akses jalan bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat karena sudah diperlebar. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau menyewa karena tidak ada angkutan umum yang melintas di kawasan goa ini. Jika ingin menyusuri goa ini harus menyewa guide yang merupakan warga lokal yang menjadi anggota karang taruna desa setempat. Murah saja untuk menyewa guide hanya perlu membayar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 dengan rombongan maksimal berjumlah 7 orang.  Goa ini sangat unik karena bentuk stalaktit dan stalakmitnya serta suasana di dalam goa yang berair. Di ujung dalam goa ini terdapat sebuah aula besar yang disebut Batu Selendang Putri karena bebatuan di langit-langit goa menjuntai seperti selendang yang biasa dipakai wanita.

Kepoin Yang Ini  Wisata Alam di Pacitan Pasti Berkesan
  • Gunung Butak

Wisata Alam Gunung Butak

@diojefrii

Jika lelah untuk mendaki gunung tinggi seperti Semeru atau Argopuro maka Anda harus mencoba Gunung Butak yang tidak terlalu tinggi. Gunung ini menjadi lokasi pendakian yang digemari anak-anak muda. Pemandangan di sekitar gunung ini tidak kalah dengan gunung-gunung lainnya yang lebih tinggi. Jalur pendakian termudah dan terfavorit adalah Sirah Kencong dengan melewati perkebunan teh yang indah. Gunung Butak terletak di Desa Ngadirenggo yang memang lokasinya berada di ketinggian. Berikut ringkasan rute pendakian Gunung Butak. Pos 1 ditandai dengan adanya lahan datar yang luas dengan hutan yang cukup lebat. Selanjutnya Pos 2 hingga Pos 5 jalanan akan terus menanjak sehingga cukup menguras tenaga. Para pendaki harus sering beristirahat jika merasa lelah agar kuat sampai puncak. Setelah tiba di puncak, Anda akan melihat pemandangan Gunung Arjuno, Gunung Welirang dan Mahameru dari kejauhan. Sudah bisa dipastikan foto Anda akan sangat keren karena latar belakang gunung-gunung besar dan indah.

  • Pantai Gondo Mayit

Wisata Alam Pantai Gondo Mayit

@teropongblitar

Nama pantai ini sangat menyeramkan ya? Gondo Mayit artinya membawa mayat. Namun pantai ini tidak seseram wujudnya. Panorama pantai ini sangat indah berupa pasir putih yang memanjang dan air lautnya berwarna biru muda. Bukit di sekitar pantai ini yang menghijau benar-benar menjadikan panorama pantai ini sangat menyejukkan mata. Jika ingin datang ke pantai ini maka Anda harus melewati bukit dan menyebrangi sungai. Setelah perjalanan yang agak sulit, Anda akan sangat terhibur dengan sajian panorama alam di pantai ini. Pantai ini masih sepi karena belum banyak orang yang tahu keberadaannya. Anda sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan untuk datang ke pantai ini karena tidak ada angkutan umum yang melintas di kawasan pantai ini.

Kepoin Yang Ini  Keindahan dan Kesejukan yang Berkesan di Batu
  • Air Terjun Jurug Bening

Wisata Alam Air Terjun Jurug Bening

@nikenalf_mariadi

Objek wisata ini terletak di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo yang cukup mudah untuk didatangi. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Jurug Bening benar-benar memiliki air yang bening. Aliran air yang tidak terlalu deras dan bentuknya yang unik karena mengaliri pecahan bebatuan menjadi keunikan alam yang harus dinikmati. Bebatuan yang dialiri air itu berwarna hitam kelam yang dikelilingi oleh flora yang beraneka ragam, benar-benar pemandangan yang luar biasa. Benar-benar seperti lukisan, mahakarya Tuhan yang sangat indah.

  • Curug dan Kedung Badrun

Wisata Alam Curug dan Kedung Badrun

@aamrynt

Objek wisata ini terletak di perbatasan antara Desa Tumpakoyot dan Desa Bululawang di Kecamatan Bakung. Sayangnya tempat ini belum diketahui oleh banyak orang sehingga tempat ini masih sepi. Lokasi air terjun dan kolam alami yang indah ini sangat pas untuk menjadi tempat pemandian yang segar dan menyejukkan. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan dengan menempuh rute dari kota Blitar menuju Kecamatan Bakung. Lebih mudahnya Anda harus mengikuti arah Monumen Trisula menuju lokasi Curug Muncar. Lokasinya cukup jauh namun akses jalan sudah cukup baik. Curug Badrun ini bertingkat dan di bawahnya terdapat Kedung atau kolam. Suasana yang sejuk membuat tempat ini menjadi sangat cocok untuk berwisata dan istirahat. 

Kepoin Yang Ini  7 Pusat Makanan dan Oleh-Oleh Khas Ambarawa Jawa Tengah

Beberapa tempat wisata tersebut sangat layak untuk dikunjungi saat berada di Blitar. Tidak hanya pusat kota yang banyak objek wisata sejarah, ternyata Blitar juga memiliki sisi lain berupa kekayaan bentuk alam yang indah. Selamat berwisata di kota Bung Karno!

Sekian tulisan mengenai wisata alam di Blitar ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya! Dadah…

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.