Panduan Dan Tips-Tips Pada Saat Harbolnas

Apa sih Harbolnas itu? Harbolnas adalah hari belanja online nasional yang cuma ada setahun sekali, Harbolnas dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Desember. Di Harbolnas, sobat pasti m endapatkan diskon besar-besaran (gila-gilaan) dari ratusan e-commerce.

Para pelanggan bisa membeli sejumlah barang mulai dari fashion hingga elektronik dengan potongan harga sampai dengan 99%, pada hari belanja online nasional (Harbolnas), diskon tersebut cukup berhasil menarik konsumen saat belanja di situs e-commerce para pelanggan juga harus berhati-hati saat berbelanja online. Saat ini banyak sekali situs belanja online yang bisa sobat kunjungi, baik pada platform lama yang sudah berpengalaman ataupun dengan platform baru kekinian yang terus bermunculan, apalagi di event Harbolnas ini dimana mereka menawarkan banyak sekali pengalaman berbelanja online dengan diskon yang besar dan penawaran yang menarik, dan kita sebagai konsumen tetap harus berhati-hati. Jangan sampai, pengalaman sobat berbelanja online ternyata malah bikin sakit hati karena barang yang datang tidak sesuai dengan harapan yang sudah sobat bayangkan sebelumnya. Disarankan pada saat Harbolnas sedang berlangsung sebaiknya jangan hanya mencari di satu platform belanja online saja, melainkan juga harus mengecek di beberapa platform lainnya. Yang tentunya berbeda-beda penawaran harga serta promo diskonnya.

Situs belanja online tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan di ajang Harbolnas 12.12 ini. Mereka menggeber promo diskon, memberikan poin, dan menawarkan berbagai keuntungan bagi pelanggannya.

Berikut 3 panduan aman berbelanja online, yakni :

1. Waspadai diskon

Jangan langsung tergiur jika ada barang yang sobat incar ternyata sedang diskon besar. Pastikan terlebih dahulu jika diskon tersebut adalah potongan harga yang sesungguhnya, dan bukan merupakan diskon yang masih abal-abal.

2. Cek kredibilitas

Pastikan konsumen berinteraksi dengan penyedia jasa belanja online, cek reputasinya terlebih dahulu. Pastikan apakah banyak komplain konsumen atau tidak, dan apa saja keluhan yang mereka sampaikan

3. Mekanisme pelayanan dan pengaduan

Pastikan pedagang online memiliki mekanisme pelayanan dan penanganan pengaduan yang jelas.

Perlu di ingat bahwa YLKI juga mengimbau kepada pelanggan online untuk mengedepankan itikad baik dalam berbisnis. Namun tidak hanya itu, dibawah ini terdapat beberapa tips belanja Harbolnas lebih cermat dan pastinya hemat.

1. Tentukan barang yang akan di beli

Agar tetap fokus saat Harbolnas, maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu barang yang akan sobat beli.

2. Cari promonya terlebih dahulu

Beberapa hari sebelum Harbolnas, caranya subscribe email sobat ke e-commerce dimana sobat akan berbelanja.

3. Manfaat promo menarik lewat email

Bisanya sobat akan mendapatkan promo menarik lewat email, cek rating seller dan komentar dari para pembeli. Pastikan rating toko-toko atau penjualnya bagus dan sudah memiliki banyak review positif.

4. Siapkan metode pembayaran baik itu Bank transfer ataupun mobile banking

Jika sobat memiliki kartu kredit, sobat bisa cari-cari promo menarik yang biasanya diberikan oleh Bank. Sobat juga bisa kredit barang yang di inginkan jika toko-toko atau penjualnya menyediakan nya.

5. Pantengin promo Harbolnas dari tengah malam

Di jam 12 malam biasanya sobat bisa mendapatkan deal terbaik, karena ada promo atau diskon yang terbatas.

6. Gunakan kode promo Harbolnas dari e-commerce atau Bank yang bisa di gabungkan.

7. Cari yang ada free ongkirnya

Jika barang pesanan sobat ingin cepat sampai, maka bisa juga pakai Gosend atau Grab Express pada saat memilih metode pengiriman (jika mendukung). Barang yang sobat pesan bisa sampai ke tujuan di hari yang sama atau juga keesokan harinya. Perlu diingat, karena banyak sekali yang berbelanja pada saat Harbolnas, pengiriman barang yang sudah sobat beli akan lebih lama dari biasanya.

8. Sabar

Yups… Tunggu barang yang sudah sobat pesan sampai ke tujuannya. Sambil menunggu, tidak ada salahnya jika belanja yang lainnya lagi.

Nah, Harbolnas juga diselenggarakan oleh salah satu e-commerce terkenal yaitu Blibli.com. Sangat direkomendasikan karena Blibli.com ini merupakan perusahaan e-commerce terpercaya dan jika sobat masih bingung mau cari diskonan gila-gilaan Blibli.com adalah jawaban yang tepatnya. Diskon yang di tawarkan tentu akan sangat menggiurkan untuk sobat yang suka belanja. Blibli ini punya keunikan tersendiri disini sobat bisa mengumpulkan token, yang mana tokennya digunain buat main game capit di aplikasi Blibli.com. Keuntungan dalam mengikuti game ini yaitu pada saat main game capit bisa dapat barang-barang (random) dengan harga SYOK! dalam waktu selama 24 jam untuk menembus produk yang di dapat. Makanya sobat, yang paling penting kumpulin token sebanyak-banyaknya ya. Setiap belanja Minimal Belanja 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan ngelakuin beberapa aktivitas yang direkomendasikan sama Blibli.com mendapatkan 1 token selama periode bulan Oktober sampai Desember.

Dan juga belum lagi nanti pada tanggal 10 Oktober, 11 November, dan 12 Desember yang bisik-bisik nya bakal ada program SUPER SYOK!, yuk! pantengin terus di aplikasi maupun websitenya Itu tadi penjelasan mengenai tips-tips berbelanja online serta platform yang direkomendasikan untuk sobat yang mau belanja pada saat Harbolnas, ingat ya sobat harus tetap bijak dalam berbelanja. Jangan biarkan keinginan lebih besar dari kebutuhan, sebaiknya beli barang yang memang sobat butuhkan.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.