Panorama Alam Balikpapan yang Menawan

Panorama Alam Balikpapan yang Menawan

Balikpapan, ibukota Kalimantan Timur yang menjadi kota transit jika ingin berwisata ke Berau sebenarnya punya banyak pesona wisata alam. Salah satu kota termaju yang merupakan sumber minyak ini memiliki biaya hidup paling mahal di Indonesia. Senperti apa kenampakan alam di kota ini? Untuk tahu lebih lanjut sebaiknya Anda ikuti terus artikel ini sampai selesai. Berikut ini beberapa objek wisata alam kebanggaan Balikpapan yang harus dikunjungi.

  • Pantai Melawai

Wisata Alam Pantai Melawai

@conglieyun

Pantai yang sangat terkenal dan menjadi ikon kota Balikpapan ini menjadi tempat berkumpul para pemuda Balikpapan. Lokasinya yang mudah dijangkau dan menyuguhkan pemandangan kota menjadikan tempat ini wajib dikunjungi saat berada di Balikpapan. Laut di sekitar pantai ini menjadi tempat persinggahan berbagai kapal sehingga tak heran kalau pemandangan yang tersaji berupa kapal-kapal. Pantai yang berada di Jalan Sudirman ini dikelilingi oleh gedung-gedung perkantoran khas perkotaan. Pantai yang tidak seperti pantai pada umumnya ini hanya berupa bibir laut yang dikelilingi batu karang dan tembok beton. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai ini adalah pada sore hari karena panorama sunset akan terasa indah. Jadi jangan heran kalau sore hari pantai ini sangat ramai karena para pekerja biasanya sepulang kerja akan menghampiri pantai ini. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota sekitar 3 km saja membuat pantai ini bisa didatangi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Angkutan umum yang melintas adalah angkot nomor 6. Cobalah untuk makan malam di sekitar pantai karena nuansa kerlap kerlip akan membuat suasana dinner menjadi syahdu.

  • Pantai Kemala

Wisata Alam Pantai Kemala

@mrssylviano

Ada sebuah pantai indah berpasir putih yaitu Pantai Kemala. Pantai ini juga digemari oleh kawula muda karena keindahannya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini juga pada sore hari karena pemandangan sunset akan terlihat sangat indah. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu bermain air dan pasir karena ombak di pantai ini cukup tenang. Ada juga kegiatan seru di pantai ini yaitu banana boat dan flying fox seharga Rp 25.000 saja per orang. Bisa bayangkan betapa serunya bermain flying fox di pantai? Umumnya permainan ini ada di perbukitan. Pantai ini juga lokasinya tidak jauh dari pusat kota karena bertetangga dengan Pantai Melawai di Jalan Sudirman. Bisa naik kendaraan pribadi atau angkutan umum. Angkot yang melintas di dekat pantai ini adalah angkot 03 bertarif Rp 4.000 per orang dan turun di RS Bhayangkara karena jalan masuk pantai memang ada di sebelahnya. Untuk masuk ke pantai ini hanya perlu membayar Rp 2.000 saja per orang.

  • Pantai Manggar

Wisata Alam Pantai Manggar

@rivaldi_nugraha

Pantai yang bernama asli ‘Segara Sari’ ini terletak di Kelurahan Manggar sehingga masyarakat lebih suka menyebutnya Pantai Manggar. Pantai berjarak sekitar 10 km dari Bandara Sepinggan dan 20 km dari pusat kota Balikpapan. Pantai seluas 13.000 meter persegi ini memiliki pasir pantai yang putih dan ombak yang tenang. Lokasinya yang berada di tengah-tengah beberapa kota ini ramai dikunjungi oleh masyarakat dari Samarinda, Kutai, dan Balikpapan. Akses jalan sudah bagus karena berupa jalan raya sehingga pantai ini mudah untuk didatangi. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan supaya lebih mudah. Sebenarnya uang retribusi pantai ini sebesar Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak. Namun sering kali tidak diminta bayaran untuk bermain di pantai ini karena penjaga sering tidak ada di tempat. Untuk biaya parkir cukup mahal yaitu Rp 4.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

  • Hutan Bakau Margomulyo

Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

@gojek

Hutan mangrove ini terletak di belakang SMA Negeri 8 Balikpapan tepatnya di Jalan AMD Gunung Empat, Margomulyo. Berjarak sekitar 9 km dari pusat kota namun tidak ada angkot yang melintas ke kawasan hutan ini sehingga sebaiknya naik ojek dari Pasar Inpres Kebun Sayur atau pesan ojek online. Terdapat sebuah gang di samping SMA 8 yang harus disusuri untuk tiba di hutan ini. Tidak ada retribusi resmi ke tempat ini tetapi Anda bisa membayar seikhlasnya kepada penjaga di loket pintu masuk. Hutan ini dibuat atas inisiatif masyarakat petani bakau namun didukung oleh pemda setempat sehingga hutan ini terus eksis untuk menjadi tempat hijau di Balikpapan yang padat industri. Tidak hanya beragam tumbuhan bakau, banyak juga satwa yang hidup di hutan ini termasuk Bekantan yang merupakan hewan khas Kalimantan. Kawasan hutan bakau ini sangat instagenic karena sajian khas yang ditawarkan seperti pepohonan yang rimbun, jembatan ulin, menara pandang, gazebo wajib dipotret. Kalau beruntung bisa juga melihat penduduk lokal yang sedang mencari kepiting atau siput.

  • Bukit Bangkirai

Wisata Alam Bukit Bangkirai

@nuha1908

Kawasan wisata alam berupa hutan hujan tropis ini menjadi sesuatu yang unik untuk dikunjungi karena keberadaan hutan yang seperti ini sudah jarang. Bukit ini sebenarnya terletak di Kabupaten Kutai Kertanegara yang cukup jauh dari Balikpapan. Bukit ini didominasi oleh pepohonan lebat yakni Pohon Bangkirai sehingga bukit ini diberi nama Bukit Bangkirai. Tempat ini sebenarnya hutan namun karena letaknya agak tinggi sehingga disebut bukit. Hutan ini memiliki keunikan berupa banir (akar papan) yang besar dan kuat sehingga pohon bangkirai terlihat semakin kokoh. Terdapat sebuah canopy bridge yang bisa menguji adrenalin karena berada pada ketinggian 40 meter yang menghubungkan 5 pohon bangkirai. Sudah siap menyebrang yang membuat Anda seolah berada di langit dengan ditemani angin semilir? Datang saja ke tempat ini.

  • Liang Mangkulangit

Wisata Alam Liang Mangkulangit

@fadlan_golef

Objek wisata alam yang terleta di Desa Muara Kuaro ini bisa ditempuh dalam waktu 5 jam dari kota Balikpapan. Liang ini atau goa ini diberi nama Mangkulangit karena goa ini bentuknya terangkat ke atas seolah goa ini memang menopang atau memangku langit. Liang Mangkulangit sebenarnya berupa gunung batu yang berfungsi sebagai dinding dan atap untuk Sungai Kandilau. Tempat ini masih sangat natural karena satwa masih banyak yang hidup di sana, pepohonan yang rimbun, bebatuan berselimut lumut hijau, dan suara tetesan air menjadi suguhan mewah di tempat ini. Untuk datang ke tempat ini dari Balikpapan pergilah menuju Tanah Grogot yang merupakan ibukota kabupaten Paser sekitar 5 jam perjalanan, dilanjutkan ke Muara Komam dan Desa Lusan, setelah itu baru menuju ke Sungai Kandilau dengan menyewa perahu motor. Nuansa alam Kalimantan akan benar-benar terasa. Jadi saat berada di Balikpapan, Anda harus menyisihkan waktu untuk melipir ke tempat ini.

Kepoin Yang Ini  Wisata Rumah Adat di Balikpapan Kalimantan Timur

Sudah terbukti bukan bahwa Balikpapan itu benar-benar menyimpan rahasia alam yang menawan. Kalau berkesempatan mampir di kota ini maka sebaiknya meluangkan waktu untuk datang ke tempat-tempat tersebut agar saat kembali ke kota asal Anda membawa oleh-oleh yang tak terlupakan. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.