Pantang Pulang Saat Berada di Kupang

Pantang Pulang Saat Berada di Kupang

Kupang, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki keindahan alam yang natural sehingga walaupun tidak dikelola secara profesional tepta indah. Sebagian besar pantainya berpasir putih dengan air laut berwarna biru yang senada dengan warna langit pasti membuat setiap orang takjub saat melihatnya.  Satu hal yang harus diwaspadai adalah Kupang sangat panas sehingga Anda harus mempersiapkan dengan lengkap berbagai perlengkapan untuk menangkal panas seperti topi, sunblock, dan kacamata hitam. Daerah eksotis ini memang membuat orang yang datang menjadi eksotis seperti orang-orang setempat, namun selalu manis untuk dikenang dan ingin segera kembali ke sana. Sudah berencana untuk wisata ke Kupang tetapi masih bingung harus ke mana saja di sana? Yuk intip beberapa tempat yang direkomendasikan dalam artikel ini.

  • Pantai Lasiana       

Wisata Alam Pantai Lasiana 

@idabagusmahadi

Pantai unggulan dan kebanggaan Kupang adalah Pantai Lasiana. Pantai berpasir putih ini memiliki serangkaian karang yang berada di tepi pantai dan di sekelilingnya ada pohon kelapa. Benar-benar eksotis dan membuat Anda serasa berada di Brazil. Namun pantai seindah ini tidak dikelola dengan baik sehingga fasilitasnya pun tidak ada. Banyak orang yang tidak lama-lama di tempat ini. Namun jika Anda harus singgah di Kupang karena pesawat transit atau apapun keadaannya, tetaplah luangkan waktu untuk datang ke pantai eksotis ini.  Hanya perlu bayar Rp 2.000 per orang untuk tiket masuk ke Pantai Lasiana atau malah gratis jika ada yang menjaga di loket. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini pada sore hari karena panorama sunset akan terlihat sangat indah. Langit senja berwarna senja akan menjadi suguhan indah sebelum hari berubah menjadi gelap.

  • Pantai Pasir Panjang

Wisata Alam Pasir Panjang

@videolucuhaha

Keeksotisan Pantai Pasir panjang terletak pada gradasi warna air lautnya yakni biru cerah dan hijau yang bersatu. Di sekeliling pantai ini terdapat karang besar yang menjadi hiasan alami di pantai ini. Diberi nama Pantai Pasir Panjang karena pantai ini cukup panjang. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini adalah duduk di pasir sambil bercengkrama, bermain pasir, atau bermain air karena ombak di pantai ini cukup tenang. 

  • Pantai Timor

Wisata Alam Pantai Timor

@wilisuni

Pantai Timor terletak tidak jauh dari Kampung Solor Kupang. Keesksotisan pantai ini terlihat pada lumut yang tumbuh di batu karang yang tersusun acak. Entah mengapa Pantai Timor dikenal sebagai pantai yang misterius karena keindahan dan kebersihannya tetap terjaga walau tidak ada yang mengelola pantai ini. Momen sunset di pantai ini harus dinikmati karena keindahannya tak bisa dipungkiri. Jika ingin rekreasi di pantai ini tidak usah repot membawa bekal karena sudah ada warung di pinggir pantai.

  • Pantai Tablolong

Wisata Alam Pantai Tablolong

@lia.liung

Pantai Tablolong agak jauh dari Kota Kupang karena butuh waktu sekitar 2 jam berkendara dari daerah Tenau. Keunikan pantai ini yang tidak dimiliki pantai lainnya di Kupang adalah pada pasirnya yang berwarna pink dan gradasi warna biru dan hijau pada air lautnya. Jika ingin menikmati pink beach versi Kupang hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Keunikan lainnya terletak pada pohon-pohon yang tumbuh di atas karang yang mirip pohon bonsai. Jadi Pantai Tablolong wajib masuk daftar kunjungan di Kupang karena keunikannya tak akan bisa ditemukan di pantai lainnya.  

  • Pantai Neam

Wisata Alam Pantai Neam

@indonesia_archipelago

Lokasi pantai Neam Kupang ini cukup sulit dijangkau sehingga kalau ingin datang ke pantai ini sebaiknya bersama supir yang tahu jalan sehingga dia  bisa merangkap menjadi guide. Anda harus melewati pedesaan yang tertutup, jalan yang berliku-liku dan hutan belantara membuatnya terasa sangat jauh sehingga butuh waktu 3 jam dari kota Kupang jika ingin ke sana. Terdapat sebuah gua misterius dan sebuah pulau yang dikelilingi pepohonan sehingga membuatnya mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand. Pasirnya berwarna putih dan begitu lembut seperti bedak bayi. Ombaknya yang besar dan panorama sunset yang menutupi gunung karang menjadi suguhan mewah di pantai ini. Menyesal sudah pasti jika Anda berada di Kupang tetapi tidak mengunjungi Pantai Neam.

  • Pulau Kera

Wisata Alam Pulau Kera

@furqansharezaa

Pulau Kera berada di tengah Lautan luas yang terlihat dari tepi  Pantai Kupang. Jika ingin mengunjungi Pulau Kera maka Anda harus menyebrang dengan perahu nelayan sewaan. Butuh waktu sekitar  1 jam untuk tiba di pulau ini dengan perahu nelayan. Di Pulau Kera pantainya  berpasir seputih salju, karang di pinggir pantai yang berwarna kemerahan dan gradasi laut yang terdiri dari 3 warna yaitu biru, hijau, dan keunguan. Benar-benar indah dan tidak akan bisa ditemukan di mana pun pemandangan seperti itu. Pulau ini dihuni oleh beberapa kepala keluarga tetapi kehidupannya sangat sederhana. Jadi kalau Anda mau datang ke pulau ini sebaiknya bawalah makanan yang banyak lalu bagikan kepada mereka. Dijamin kegiatan wisata Anda akan lebih seru dan tak terlupakan.

  • Pulau Semau

Wisata Alam Pulau Semau

@feragyam

Pulau Semau yang tak jauh dengan Pulau Kera juga wajib dikunjungi karena memiliki keeksotisan yang berbeda. Setelah lelah atau mungkin mabuk laut karena harus mengarungi laut selama 1 jam maka semua akan terbayar lunas dengan sensasi pulau berpantai indah ini. Suasana Pulau Semau yang mistis menjadi daya tarik tersendiri. Keunikan Pulau Semau terletak pada keberadaan sebuah mata air yang berbentuk kolam berisi air yang segar dan di sekelilingnya banyak pepohonan. Jika ingin mandi di kolam alami tidak ada biaya alias gratis jadi Anda tidak usah ragu lagi, segera ceburkan diri Anda.

  • Air Terjun Oenesu

Wisata Alam Air Terjun Oenesu

@gianmaning2

Kupang tidak hanya punya pantai dan pulau yang indah. Kupang juga punya air terjun walaupun daerahnya tergolong daerah kering yang tandus. Air terjun Oenesu berjarak sekitar  17 km dari kota Kupang. Keunikan air terjun Oenesu terletak pada batu yang mirip singa dan mulut gorilla. Siapapun yang datang ke tempat ini seolah disambut oleh Singa dan Gorilla sehingga sensasi hutan akan sangat terasa. Daerah yang sejuk dan dipenuhi pepohonan menjadi penyejuk di tengah panasnya Kupang yang berlebihan. Tiket masuk air terjun ini seharga Rp 5000 saja.

  •  Air Terjun Oehala

Wisata Alam Air Terjun Oehala

@christnsanam

Air Terjun Oehala berjarak sekitar 13 km dari Soe. Butuh waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk sampai di Soe dari Kupang. Air Terjun Oehala ini juga memiliki keunikan berupa wujudnya yang mirip kasur. Pepohonan di sekitar air terjun menjadi semacam selimut yang membuat kawasan ini menjadi sejuk dan nyaman. Terdapat gazebo untuk bersantai setelah lelah bermain air. Untuk tiba di lokasi air terjun harus melewati tangga sehingga tidak perlu lelah mendaki seperti air terjun pada umumnya.

  • Gua Kristal

Wisata Alam Gua Kristal

@spotkupang.ntt.hits

Gua Kristal ini sangat menakjubkan karena gua ini ternyata berisi air berwarna bening seperti kristal sehingga gua ini diberi nama Gua Kristal. Siapapun bisa melihat dasar gua dengan mudah karena airnya seperti kaca. Air di dalam Gua kristal itu tawar padahal gua kristal menyatu dengan laut. Jika ingin mengunjungi Gua kristal maka pergilah menuju Bolok. Setelah itu Anda harus melewati jalanan karang hingga tiba di pintu masuk ke Gua Cristal. Pintu gua ini sangat kecil seukuran badan manusia, bagi orang bertubuh tinggi harus membungkuk. Airnya dingin sehingga menggoda untuk bermain di dalamnya. Gua ini dikelilingi dengan batu besar yang berwarna cokelat. Waktu terbaik untuk berkunjung ke gua ini adalah pada saat siang hari karena matahari langsung menyinari air, jika sudah begitu airnya akan berkilauan seperti kristal.

Kepoin Yang Ini  Berapa Biaya Liburan ke Pulau Padar di NTT?

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.