Pesona Alam Bone Sulit Ditebak

Pesona Alam Bone Sulit Ditebak

Bone, sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki ibukota bernama Watampone.  Provinsi Sulawesi Selatan sudah terkenal memiliki banyak objek wisata alam yang sangat disukai karena keindahan dan keunikan bentuknya. Objek wisata alam yang cantik juga dimiliki Bone. Diam-diam menghanyutkan dan sulit ditebak memang Bone ini. Walau secara samar diketahui tentang destinasi wisata di Sulawesi Selatan ternyata keindahan alamnya sungguh terpampang nyata saat dikunjungi. Jika belum terlalu tahu destinasi wisata di Bone, berikut ini beberapa penjelasannya.

  • Gua Mampu

Wisata Alam Gua Mampu

@visit_sulsel

Goa terluas di Sulawesi Selatan adalah Goa Mampu yang kerap disebut Gua terkutuk. Kok seram ya? Kenapa dijuluki seperti itu? Karena di dalam goa ini terdapat banyak batu yang bentuknya seperti makhluk hidup. Bahkan ada juga batu yang berbentuk gubuk dan peralatan tradisional sehingga diduga goa ini pernah dihuni oleh manusia purba. Tetapi masyarakat setempat lebih banyak yang percaya bahwa batu-batu itu adalah kutukan bagi orang-orang yang pernah tinggal di goa ini. Goa ini memiliki banyak cerita legenda dan mitos yang begitu dipercaya oleh masyarakat. Goa Mampu seluas sekitar 2000 meter persegi ini berada di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe. Goa ini berjarak sekitar 35 kilometer dari Watampone yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Goa ini memiliki sejumlah tingkatan dan lorong yang saling berhubungan sehingga goa ini berbentuk seperti rumah. Sebelum memasuki goa ini, setiap orang harus membungkuk dan bertemu dengan dua batu yang menggantung sebagai pintu gerbang. 2 batu tersebut sangat unik karena memiliki suara yang berbeda saat dipukul. Kedua batu itu diberi nama batu pedoman. 2 batu tersebut ujungnya saling berhadapan, namun salah satunya bergelantungan dari atap goa. Diyakini oleh masyarakat setempat jika kedua batu bersentuhan maka akan terjadi bencana alam.

  • Air Terjun Sailawowong

Wisata Alam Air Terjun Sailawowong

@explorewaterfall.sulsel

Air Terjun Sailawowong  berjarak sekitar 65 km dari pusat kota bone, tepatnya di kecamatan Bengo Dusun Alekale. Sayangnya belum banyak yang tahu keberadaan surga tersembunyi ini. Namun hal itu menjadi keuntungan juga bagi alam karena tidak tercemar oleh manusia. Pemandangan yang masih sangat asri, suasana alam yang harmonis, dan suara air yang jatuh dengan kerasnya menjadi sesuatu yang eksotis untuk dilihat. Siapapun yang datang ke tempat ini pasti akan terpukau. Jika ingin berendam atau sekedar bermain di tempat ini bisa, namun harus berhati-hati karena bebatuannya licin. Jika ingin menguji adrenalin juga bisa yaitu melompat dari salah satu batu di depan air terjun tersebut. Airnya sangat segar serta didukung dengan udara yang sejuk pasti membuat Anda betah saat di sana.

  • Tanjung Pallette

Wisata Alam Tanjung Pallette

@fadliseaparadise

Tanjung Pallette berada di kelurahan Pallette yang berjarak sekitar 12 km dari kota Watampone. Perjalanan menuju kawasan wisata ini butuh waktu sekitar 3 jam dari Watampone. Sepanjang perjalanan Anda akan menikmati aktivitas masyarakat dan hamparan sawah penduduk yang sedang dikelola oleh masyarakat. Lokasinya di tepi pantai Teluk Bone, Tanjung Pallette berbeda dengan kawasan wisata pantai lainnya di Sulawesi Selatan. Anda tidak disuguhi hamparan pasir putih yang indah, melainkan berupa pantai karang yang terjal karena tempat ini berbentuk tanjung. Keindahan terletak pada bukit karang, deburan ombak  dan hembusan angin pantai yang menjadi suguhan mewah di sana. Aktivitas nelayan, petani rumput laut, dan kegiatan pengolahan ikan juga bisa diamati dari tempat ini. Anda juga bisa melihat keindahan Pelabuhan Bajoe dari jauh. Diberi nama tanjung karena pantai ini memang menjorok ke laut sepanjang 3 km. Pallette ini juga memiliki pemandian kolam renang yang cukup luas ukurannya, namun kolam itu letaknya berjauhan dari pinggir pantai. Dari kolam ini bisa terlihat pemandangan Tanjung Palette yang sangat indah. Menikmati air kolam dengan suguhan panorama yang indah, tidak akan ada orang yang menolaknya.

  • Pantai Tete

Wisata Alam Pantai Tete

@muhammad_safaat3112

Pantai Tete berada di bagian selatan Bone yang berjarak sekitan 61 km dari pusat kota Watampone. Lokasi pantai ini tepatnya di Desa Bone Pute, kecamatan Tonra. Jika ingin mengunjungi pantai ini, Anda harus masuk melalui Desa Gareccing sekitar 3 km dari jalan poros Bone Sinjai. Tidak hanya tempat wisata biasa, Pantai Tete ini juga sering dijadikan pusat pelatihan fisik para Prajurit baru TNI yang akan bertugas di Sulawesi Selatan. Menikmati panorama pantai sambil melihat para tentara yang melakukan rangkaian prosesi latihan fisik yang macho tentunya sangat seru. Setelah pelatihan fisik, di tempat ini pula para prajurit baru dikukuhkan sehingga resmi menjadi tentara Indonesia. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi simulasi perang karena lokasinya bisa menjangkau semua medan mulai dari laut, udara, dan darat. Namun, Pantai Tete ini tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Padahal setiap tahunnya pantai ini menghasilkan pemasukan dari wisatawan lokal. Setiap pengunjung harus membayar Rp 5.000 per orang dan pantai ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan dahulu jalan masuk menuju Pantai Tete ini sangat rusak, namun saat ini akses jalannya sudah baik. Pantai ini semakin ramai dikunjungi pada akhir pekan atau hari libur nasional. 

  • Pemandian Putri Bilqis (Temte-Tempe)

Wisata Alam Pemandian Putri Bilqis

@aisyah.suci83

Putri Bilqis terletak di Desa Polewali, Kecamatan Sibulue. Kawasan wisata ini belum diresmikan, tetapi sudah ramai dikunjungi karena berbagai wahana permainan seru yang dimilikinya. Berita dari mulut ke mulut membuat semua orang penasaran apakah benar tempatnya seru seperti yang diceritakan. Kawasan ini semakin ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur nasional. Pemilik kawasan wisata ini adalah Sekretaris Provinsi Sulsel yaitu Bapak A Muallim. Taman wisata ini dibuka pertama kali pada tahun 2015. Ratu Bilqis ini sering dijuluki Tempe Tempe entah apa alasannya. Di lokasi ini, para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana permainan seru seperti water boom, kebun binatang, kolam renang, dan flying fox, dan masih banyak lagi lho. Semua keseruan itu bisa dinikmati dengan murah yaitu sebesar Rp 5 ribu saja. Benar-benar murah meriah ya wisata di tempat ini. Jika ingin menginap di kawasan ini tersedia villa yang bisa disewa sehingga keesokan harinya bisa bermain lagi di taman wisata Putri Bilqis. Keseruan menjadi suguhan pasti yang akan didapatkan oleh semua pengunjung.

Kepoin Yang Ini  Eksotisme Bulukumba dengan Pantai Berpasir Putih

Benar-benar seru ya berwisata di Bone, namun masih belum banyak yang tahu tentang fakta ini. Bone itu seakan sulit ditebak karena suka menyimpan pesona dan tak suka pamer. Kalau sudah dipromosikan atau dipamerkan pasti banyak orang dari berbagai daerah akan datang berbondong-bondong. Trend wisata sedang booming pada masa kini sehingga tempat baru apapun yang indah pasti akan ramai didatangi. Jangankan tempat wisata alami, tempat wisata buatan yang sengaja dibuat juga akan ramai didatangi asalkan memenuhi standar instagrammable oleh anak-anak muda.

Wisata Alam Lainnya :

2 Comments

  1. senangpoker August 13, 2018

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.