Pesona Maha Karya Tuhan di Wonosobo

Wonosobo di Jawa Tengah sudah terkenal dengan keindahan alam dan budaya sehingga menjadi destinasi wisata favorit. Pegunungan dengan udara dingin dan kenampakan alam yang indah adalah keutamaan kawasan Dieng di Wonosobo. Ada banyak objek wisata seperti bukit, gunung, kawah, dan telaga. Menuju Wonosobo dengan naik kereta atau bus, kemudian menyewa mobil elf atau mini bus agar lebih mudah untuk eksplor kawasan ini. Berikut ini 10 objek wisata unggulan di Wonosobo yang wajib dikunjungi.

Telaga Warna

Telaga warna adalah ikon khas Dieng dengan panorama unik dan telaga yang  berbeda warna. Warna air di telaga menurut legenda disebabkan oleh cincin bangsawan yang jatuh ke dalam telaga. Padahal warna telaga yang berbeda itu akibat pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. Warna telaga yang paling sering terlihat adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan. Sebaiknya naik ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut atau dari balkon di tepi telaga untuk melihat keindahan telaga dengan jelas. Telaga yang berada di ketinggian 2.0000 MDPL ini bisa didatangi dengan kendaraan umum atau pribadi. Kemudian berjalan kaki sekitar 500 meter dari pertigaan Dieng menuju telaga.

Bukit Sikunir

Sunrise terindah di Dieng berada di Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan, Desa tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 2.200 mdpl ini menampilkan golden sunrise yang keindahannya tidak bisa dipungkiri.  Dieng juga dijuluki negeri di atas awan karena panorama matahari terbit seolah menyeruak keluar dari dalam awan yang bergumpal. Gumpalan awan juga menjadi keindahan yang memesona para pengunjung. Pada musim kemarau pohon-pohon akan meranggas sehingga membuat para pengunjung seperti berada di Korea atau Jepang pada musim gugur. Bukit ini tidak terlalu melelahkan untuk didaki sehingga tidak perlu repot-repot mendaki terlalu pagi untuk mendapatkan momen golden sunrise. Sebaiknya datang pada musim kemarau untuk menyaksikan golden sunrise agar tidak tertutup awan mendung yang biasa terjadi pada musim hujan.

Kepoin Yang Ini  Palingkan Mata Untuk Menatap Keindahan Dieng Wonosobo

Sumur Jalatunda

Sumur ini berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur atau sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama Dieng Plateau. Dahulu sumur ini hanya sebuah ceruk kawah gunung yang tergenang air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Para pengunjung harus naik 257 anak tangga dengan tumpukan kerikil agar tiba di depan sumur. Kerikil tersebut sebaiknya dilempar dari seberang sumur ke seberang yang berlawanan. Menurut kepercayaan masyarakat, jika kerikil sampai di seberang maka harapan si pelempar dapat terkabul.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang yang terletak di wilayah Dieng timur ini paling sering didatangi oleh wisatawan. Hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar kawah menjadi suguhan menakjubkan bagi para wisatawan. Nama Sikidang berarti Kijang (Kidang) karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah akibat gejolak magma. Kawah berbau belerang yang menyengat ini menyebabkan para wisatawan wajib memakai masker agar tidak keracunan.

Keindahan Wonosobo harus dibuktikan sendiri dengan mendatanginya. Rekomendasi beberapa tempat tersebut sesuai dengan pengalaman dan opini banyak orang yang telah berkunjung ke sana. Banyaknya objek wisata mungkin membuat bingung harus ke mana saja. Setelah membaca artikel ini, sudahkan mendapat pencerahan dan tahu akan ke mana saja di Dieng? Selamat menjelajahi Dieng Plateau di Wonosobo!

Wisata Alam Lainnya :

Kepoin Yang Ini  Objek Wisata Wonogiri yang Terkenal

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.