Pesona Pantai Gunung Kidul di Selatan Jawa

Daerah istimewa Yogyakarta (Jogja) memang benar-benar istimewa. Banyak orang yang datang ke daerah langsung jatuh hati dan selalu ingin datang ke Jogja lagi. Keramahtamahan masyarakat, kekayaan budaya, dan keindahan kota serta alamnya selalu merayu untuk didatangi lagi.

Wisata Pantai Gunung Kidul di Selatan Jawa

Artikel ini akan membahas suatu daerah yang menjadi bagian dari Yogyakarta yaitu Gunung Kidul. Jangan terpengaruh dengan namanya, Gunung Kidul tidak hanya memiliki keindahan gunung dan pegunungan namun Gunung Kidul juga kaya akan pantai yang indah. Masih belum percaya? Yuk simak terus artikel ini hingga selesai supaya Anda semakin ingin untuk eksplorasi Gunung Kidul.

  • Pantai Baron

wisata pantai baron jogja

@axlanwa

Sudah pernah mendengar nama pantai ini? Pantai ini memang baru eksis sehingga belum banyak yang tahu tentang pantai ini. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Tanjung Sari. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta yang bisa ditempuh selama 3 hingga 4 jam. Jalanan Gunung Kidul yang berkelok-kelok bisa jadi membuat supir lebih hati-hati saat menyetir sehingga tidak bisa terlalu mengebut sehingga waktu yang diperlukan untuk menuju pantai ini bisa lebih lama. Jika ingin eksplorasi pantai di Gunung Kidul sebaiknya menyewa motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum di area sekitar pantai ini. Pantai Baron menjadi pusat pelelangan ikan sehingga pada saat Anda memasuki kawasan pantai akan melihat banyak perahu nelayan yang parkir. Bagi pecinta seafood pasti akan merasa bahagia karena bisa membeli berbagai makanan laut seperti ikan, udang, kepiting, dan lainnya.

gambar pantai baron

@debbylaksamana6

Panorama di sekitar pantai ini sangat unik dan terbilang berbeda daripada pantai-pantai lainnya. Di tepi pantai yang berada dekat dengan daratan ada sebuah spot yang mirip danau atau kolam kecil. Air dari cekungan tersebut berasal dari air laut yang pasang dan sungai yang ada di sebelah barat pantai ini. Pertemuan air asin dan air tawar menjadi keunikan tersendiri. Air sungai di dekat pantai ini juga sangat unik karena setiap 5 tahun aliran air berubah arah menjadi ke timur dan membelah pasir pantai lalu bermuara ke laut. Jika berfoto di tempat itu maka Anda akan terlihat bukan seperti di pantai tetapi di tempat lain. Keunikan lainnya dari Pantai Baron yaitu pasirnya berwarna cokelat kehitaman, air lautnya berombak besar dan bentuk pantainya menyerupai teluk.

rekreasi liburan di pantai baron jogja

@yokjaistimewa

Jika ingin bermain air atau berenang di pantai ini harus berhati-hati karena ombaknya besar agar Anda tidak terseret ombak. Agar lebih aman sebaiknya Anda bermain air di sungai yang ada di pinggir pantai. Pantai Baron tidak memiliki mitos tentang larangan memakai baju berwarna hijau sehingga para pengunjung bebas untuk memakai baju warna apapun asalkan nyaman untuk dipakai. Pemandangan di Pantai Baron sangat indah apalagi jika naik ke tebing yang berada di sebelah timur pantai. Di tebing tersebut ada mercusuar sehingga para pengunjung bisa melihat pemandangan Pantai Baron secara keseluruhan bahkan bisa melihat pantai lain juga.

  • Pantai Krakal

panorama pantai krakal jogja

@danang.pu

Pantai Krakal adalah pantai pertama yang dikenali dan digemari oleh masyarakat Gunung Kidul dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pantai yang terletak di Desa Ngestirejo Tanjungsari yang tidak jauh dari Pantai Baron. Anda hanya perlu bayar Rp 10.000 untuk menikmati pantai in dan beberapa pantai lainnya yaitu Pantai Baron, Pantai Sundak, dan Pantai Kukup. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga hasil foto Anda akan sangat keren atau instagramable. Pantai ini tidak terlalu banyak dikunjungi karena tempat ini tidak terlalu dipromosikan. Bagi Anda yang butuh ketenangan dan ingin menikmati deburan ombak sambil bersantai maka Pantai Krakal adalah tujuan terbaik.

rekreasi alam pantai krakal jogja

@dika_aransa

Pasir putih, air laut yang biru jernih, batu-batu karang yang cantik menjadi daya tarik pantai ini. Penataan pantai ini juga sangat cantik karena terdapat gazebo berumbai-rumbai yang membuat Anda seperti berada di Hawai. Pantai Krakal sering dijadikan tempat untuk berselancar (surfing) oleh para wisatawan asing atau bule. Biasanya para peselancar itu membawa papan luncur sendiri karena tidak ada tempat penyewaannya di pantai ini. Laut di pantai ini memiliki karang-karang tajam yang tinggi sehingga para peselancar harus berhati-hati agar tidak terluka. Keunikan lainnya yaitu Anda bisa melihat para pencari ikan dan hewan lautnya yang menyelam bukan dengan alat pancing atau jala. Para nelayan umumnya mencari umbal yakni sejenis udang kecil. Jangan lupa untuk mencicipi rempeyek umbal di pantai ini karena rasanya sangat gurih dan enak.

  • Pantai Kukup

sunset pantai kukup jogja

@imam_fotografer

Lokasi Pantai Kukup di Desa Kemadang Tanjungsari yang sama dengan Pantai Baron. Pantai ini kaya akan biota laut dan bermacam-macam ikan hias yang indah. Pantai ini memiliki gua alam yang bisa dieksplorasi. Pantai ini memiliki gardu pandang yang berada di pulau lainnya sehingga para penjaga pantai bisa mengawasi dari tempat itu. Pantai berpasir putih ini tidak terlalu luas sehingga para pengunjung tidak akan kelelahan untuk menyusuri pantai ini. Jika berkunjung ke pantai ini tidak usah khawatir akan kelaparan karena terdapat beberapa warung. Jika ingin menginap di pantai ini juga ada hostel yang tidak mewah sehingga harganya cukup murah. Pantai ini sangat pas untuk dijadikan spot sunrise karena Anda akan melihat momen sunrise yang indah di sini. Namun jika ingin menikmati momen sunset di sore hari pantai ini juga tetap indah.

  • Pantai Sundak

Pantai yang berjarak sekitar 3 km dari Pantai Kukup ini memiliki pemandangan yang indah namun pantai ini tidak terlalu luas. Pantai ini memiliki cerita unik terkait nama yang dimilikinya. Sundak berasal dari kata “Asu” dan “Landak” karena pada zaman dahulu ada seekor anjing dan landak yang bertarung. Sang anjing ingin memakan landak namun landak membela diri sehingga timbul perkelahian sengit. Berkat perkelahian itu akhirnya ditemukan gua air tawar di dekat pantai ini. Topografi Pantai Sundak telah berevolusi beberapa kali sehingga bentuknya berubah-ubah.

trip pantai sundak jogja

@rizki_ah17

Pantai ini memiliki suasana malam yang seru karena cahaya bulan dan deburan ombak yang tenang. Jika ingin merasakan suasana malam maka Anda bisa berkemah di pantai ini. Jika tidak suka berkemah atau takut masuk angin karena angin malam maka Anda bisa menyewa kamar di penginapan yang tersedia di dekat pantai. Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan karena terdapat banyak warung di tepi pantai. Fenomena alam yang uni sering terjadi di Pantai Sundak. Pada saat musim hujan, air dalam jumlah besar akan mengalir ke laut sehingga daratan di sebelah timur pantai akan terbelah oleh air sungai tersebut. Sedangkan pada musim kemarau, belahan air itu akan hilang. Berkat fenomena alam itu maka Pantai Sundak memiliki nama lain yaitu Pantai Wedibedah.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.