Petualangan Seru di Cilacap

Petualangan Seru di Cilacap

Pernahkah berpikir untuk berkunjung ke Cilacap? Banyak orang yang menganggap Cilacap itu menyeramkan karena penjahat kelas berat dipenjara di Pulau Nusa Kambangan. Padahal sebenarnya tidak demikian. Cilacap yang daerahnya cukup luas ini memiliki pesona alam yang indah terutama pantai karena letaknya memang di pesisir Pulau Jawa. Berikut ini objek wisata alam unggulan di Cilacap yang belum

diketahui oleh banyak orang.

  • Pantai Teluk Penyu

Wisata Alam Pantai Teluk Penyu

@ela_nurko18

Pantai yang terletak di Cilacap Selatan ini diberi nama Pantai Teluk Penyu karena dahulu banyak penyu liar yang hidup dan berkembang biak di pantai ini. Namun sekarang penyu-penyu sudah tidak ada di pantai ini lagi. Pemecah ombak yang bisa disusuri sampai ke ujungnya menjadi daya tarik pantai ini. Saat menyusurinya, Anda harus berhati-hati dan menjaga keseimbangan sebab ombak besar bisa datang kapan pun. Walau ombak di pantai ini cukup besar namun jika ingin bermain banana boat dan speed boat masih tetap aman. Di tepi pantai banyak toko yang menjual makanan khas Cilacap sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan dan kehausan. Ada juga kios di pinggir pantai yang menjual souvenir untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang.

Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap Selatan yang berjarak sekitar 2 km dari pusat kabupaten Cilacap. Pantai Teluk Penyu sangat mudah untuk didatangi karena mudah dijangkau dengan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Jika naik kendaraan umum bisa memulai perjalanan dari Terminal Cilacap lalu naik bus atau angkutan umum menuju lokasi pantai yang cukup dekat hanya sekitar 15 menit perjalanan. Fasilitas di kawasan Pantai Teluk Penyu ini cukup lengkap antara lain kamar mandi/toilet, mushola, parkir, gazebo, mercusuar, lapangan voli, water sport, dan perahu untuk menyebrang ke Pulau Nusa Kambangan. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu bermain bola, berenang, memancing, bersantai dan lainnya. Anda juga bisa melihat tradisi sedekah laut yang rutin dilakukan oleh nelayan sekitar pantai jika Anda sedang beruntung. Jika ingin memancing di tengah laut, maka harus menyewa perahu nelayan sekitar Rp 70.000 sampai dengan 100.000 untuk setiap perahu. Biaya retribusi untuk masuk ke pantai ini sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Nusakambangan harus membayar sebesar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada akhir pekan atau hari libur.

  • Pulau Nusa Kambangan

Wisata Pulau Nusa Kambangan

@umy_rhyt

Anda mungkin akan merinding karena takut saat mendengar Nusa Kambangan yang identik sebagai pulau pengasingan narapidana kelas kakap. Memang benar adanya bahwa pulau ini menjadi tempat untuk menahan para penjahat kelas berat. Namun di balik kisah kelam itu ternyata Pulau Nusa Kambangan memiliki sisi cerah yakni keindahan panorama alam. Tidak hanya keindahan pantai dengan pasir putih, pulau ini juga memiliki hutan yang eksotis untuk dinikmati selama berada di sana. Selain itu, ada benteng peninggalan penjajah Belanda yang bisa dikunjungi dan dipelajari sisi sejarahnya. Suasana alam yang asri pasti membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Seperti penjelasan sebelumnya, untuk menuju pulau ini Anda harus menyebrang dengan perahu dari Pantai Teluk Penyu selama 5 menit saja. Jika telah puas atau lelah mengeksplor pulau ini maka Anda bisa menghubungi pengemudi perahu. Jadi sebelum turun saat berangkat, jangan lupa untuk minta no hp si pengemudi perahu ya!

  • Pantai Jetis Cilacap

Wisata Alam Pantai Jetis Cilacap

@azizfebri99

Pantai Jetis terletak di daerah perbatasan kabupaten Cilacap dan Kebumen, tepatnya di Desa Nusawungu. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan karena panorama yang indah. Pantai Jetis dikelilingi oleh pegunungan kapur yang unik sehingga terlihat berbeda dari pantai pada umumnya yang memiliki pemandangan nyiur dan laut saja. Keunikan lainnya dari pantai ini yaitu terdapat banyak jenis pohon seperti bakau dan pohon salak. Pantai ini memiliki bebatuan yang tersusun rapi dengan posisi menjorok ke pantai yang berfungsi sebagai pemecah ombak karena ombak di pantai ini cukup besar. Sebaiknya naik kendaraan pribadi untuk datang ke tempat ini karena kendaraan umum jarang melintas di dekat kawasan pantai ini.

  • Curug Cimandaway

Wisata Alam Curug Cimandaway

@itsjuliant_

Sebagian besar objek wisata alam di Cilacap adalah pantai karena lokasi kabupaten ini berada di pesisir selatan Jawa Tengah. Namun ternyata Cilacap juga memiliki air terjun (curug) yang indah sehingga banyak orang yang mengunjungi curug ini saat bosan dengan pantai. Curug Cimandaway berada di Cilacap sebelah barat yang merupakan wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Curug yang memiliki aliran air yang deras ini tingginya 65 meter. Curug ini resmi dibuka untuk umum sebagai objek wisata alam di Cilacap pada tahun 2012. Curug ini berada di Kecamatan Dayeuhluhur yang didominasi oleh masyarakat Sunda. Untuk menuju ke Cilacap bisa dengan naik kereta atau bus menuju Cilacap. Jika ingin datang ke curug ini maka sebaiknya menyewa kendaraan atau angkutan untuk mengangkut rombongan.

Kepoin Yang Ini  Palingkan Mata Untuk Menatap Keindahan Dieng Wonosobo

Curug Cimandaway berada di perkebunan karet yang harus didatangi dengan melewati jalanan yang berkelok-kelok. Walaupun keadaan jalan berliku dan kurang baik namun semua akan terobati karena pemandangan indah sepanjang perjalanan. Curug Cimandaway memiliki 5 tingkatan dengan total ketinggian sekitar 100 meter, namun yang terlihat hanya 75 meter. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Cilacap yang memiliki banyak keunikan. Adapun keunikan dari curug ini adalah sumber air yang berasal dari Sungai Singaraja dan alirannya jatuh ke Sungai Cikawalon yang terletak di bawah curug ini. Keindahan dan keunikan curug ini membuatnya ramai untuk dikunjungi.

  • Pantai Widarapayung

Wisata Pantai Widarapayung

@Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun. Pantai ini tidak terlalu terkenal seperti pantai teluk penyu tetapi sebenarnya pantai ini lebih unik. Pantai ini dihuni oleh banyak hewan dan ditumbuhi dengan berbagai tanaman. Jika ingin bermain di pantai ini maka harus bayar karcis sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak tanpa ada pembedaan hari apapun. Cukup mudah rute yang harus dilalui menuju pantai ini sehingga sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan. Tidak ada angkutan umum yang melintas di tempat ini sehingga lebih baik menyewa motor atau mobil.

Itulah beberapa tempat wisata alam unggulan di Cilacap. Bagi Anda yang butuh untuk menenangkan diri di pantai maka datanglah ke Cilacap. Jika sudah bosan berwisata di pantai maka Anda bisa berwisata ke air terjun atau tempat lainnya. Intinya Cilacap itu indah namun belum banyak yang menyadari keindahannya karena mungkin sudah didominasi dengan image negatif karena keberadaan Nusa Kambangan yang justru memiliki pesona tersembunyi. Untuk itu sebaiknya jangan mudah percaya dengan berita burung yang belum kita ketahui kebenarannya.

Kepoin Yang Ini  Tirto Argo Siwarak Ungaran, Spot Refreshing Alami Menyegarkan

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.