Probolinggo, Wisata Alam Ciamik yang Tak Terungkap

Probolinggo, Wisata Alam Ciamik yang Tak Terungkap

Probolinggo, sebuah kabupaten di Jawa Timur ini namanya sering tersamarkan dengan daerah-daerah di sekitarnya yang lebih dikenal masyarakat. Sebut saja Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, banyak orang yang mengganggap surga tersebut termasuk wilayah Malang atau Surabaya karena memang 2 kota tersebut menjadi titik awal tujuan sebelum sampai di tempat wisata itu. Padahal sebenarnya serpihan surga tersebut berada di Probolinggo. Artikel ini akan memperkenalkan kota Probolinggo dengan berbagai pesona wisata yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Berikut ini beberapa destinasi wisata unggulan milik Probolinggo yang harus dikenal dan didatangi jika belum pernah ke sana.

  • Gunung Bromo

Wisata Alam Gunung Bromo

@truthandpurpose

Gunung yang sangat populer ini selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional. Gunung berapi yang masih aktif ini memiliki panorama yang sangat indah dengan udara yang dingin. Pasir Berbisik merupakan lokasi yang sangat terkenal dan digemari, dahulu menjadi populer karena film layar berlebar yang berjudul sama dengan tempat ini. Gunung Batok yang berada di tengah-tengah kawasan ini menjadi ikon Bromo yang sangat dihafal oleh banyak orang. Suka asli yang tinggal di dekat kawasan ini percaya dengan legenda Roro Anteng yang melemparkan anaknya agar mendapat keberuntungan sehingga penduduk setempat sering melakukan ritual melempar barang ke kawah Bromo agar mendapat keberuntungan.

Padang rumput atau savanna yang disebut bukit teletubbies juga menjadi tempat favorit untuk berfoto atau berjalan-jalan untuk menikmati pemandangan yang indah. Para pengunjung datang ke sini dengan menyewa jeep yang umumnya berangkat dari pukul 3 pagi. Momen sunrise yang sangat indah menjadi tujuan utama para wisatawan. Harga tiket masuk per orang sebesar Rp 30.000 untuk turis domestic dan Rp Rp 250.000 untuk turis asing yang dikenakan pada weekdays. Untuk weekend tarifnya lebih mahal yaitu Rp 35.000 untuk turis domestic dan Rp Rp 350.000 untuk turis asing. Harga tersebut bisa berubah kapan pun. Untuk melihat matahari terbit maka harus menginap di sekitar kawasan wisata ini atau jika ingin lebih murah menginap di pemukiman warga dengan waktu tempuh yang lebih lama.

  • Air Terjun Madakaripura 

Wisata Alam Air Terjun Madakaripura 

@wulandariimaniar

Air terjun yang megah ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian sekitar 200 meter. Terdapat ceruk di bawah air terjun ini yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi sehingga membuat aliran air terjun ini seperti tirai. Ada 5 air terjun di kawasan ini, 3 di antaranya mengucur dengan deras. Di balik air terjun utama yang terbesar terdapat goa yang sulit dicapai karena harus melewati kolam air seluas 25 meter persegi yang berada di bawah air terjun ini. Nama Madakaripura berarti tempat terakhir yang berasal dari kisah Patih Gajah Mada yang menghabiskan sisa usianya bertapa di goa yang ada di belakang air terjun utama. Lokasinya berjarak sekitar 5 km dari lintas jalan raya menuju Bromo yang bisa ditempuh selama 45 menit hingga 1 jam. Akses jalan sudah beraspal namun berkelok dan sempit sehingga disarankan untuk menyewa mobil atau motor saja untuk ke tempat ini. Air terjun ini sudah terkenal sehingga mudah untuk menemukan lokasinya. Harga tiket masuk hanya Rp 3.000 saja per orang yang bisa berubah kapan pun. Fasilitas yang tersedia cukup memadai sehingga membuat air terjun ini layak untuk dikunjungi.

  •  Pantai BentarWisata Alam Pantai Bentar

@hendraeppPantai yang terletak di sebelah utara Probolinggo ini sangat indah dan keberadaannya mulai dikenal oleh banyak orang. Spot terfavorit di pantai ini adalah jembatan kayu sepanjang 50 meter yang condong ke laut. Dengan latar belakang laut lepas membuat tempat ini menjadi spot foto yang indah. Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah memadai sehingga kegiatan wisata akan menjadi mudah dan menyenangkan. Pantai ini dikelilingi dengan pepohonan sehingga jika merasa panas maka bisa berteduh di bawah pepohonan. Ada wahana menarik untuk keluarga yaitu kereta pantai. Hanya membayar Rp 4.000 per orang untuk naik kereta tersebut. Harga tiket pantai juga sangat murah yaitu Rp 5.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sore hari karena nuansa sunset sangat indah. Jika berkunjung ke pantai ini pada bulan Januari hingga Maret, Anda bisa melihat hiu-hiu tutul yang bermigrasi dari laut Australia. Pantai ini benar-benar unik!

  • Mangrove Beejay Bakau Resort (BJBR)

Wisata Alam Mangrove Beejay Bakau Resort (BJBR)

@zuga_setyawan

BJBR ini merupakan sebutan untuk hutan bakau seluas 5 hektar yang terletak di pesisir pantai tepatnya di muara Kali Banger. Dahulu area wisata ini merupakan kawasan pemukiman kumuh namun disulap menjadi kawasan yang indah. Sejak dibuka pada tahun 2013, tempat ini mendapat apresiasi masyarakat terutama para penduduk di Jawa Timur. Para pengunjung bisa mengelilingi area hutan ini melalui jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Panorama yang indah dan semilir angin bisa dinikmati sambil berduduk santai di bangku-bangku yang tersedia. Tak jarang keindahan tempat ini dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding atau kegiatan foto professional lainnya. Terdapat beberapa spot menarik di tempat ini. Spot terfavorit adalah gembok cinta seperti yang ada di Namsan Tower Korea Selatan. Tiket masuk tempat ini sebesar Rp 13.000 per orang, untuk parkir kendaraan hanya Rp 2.000 sehingga harus mengeluarkan uang sekitar Rp 15.000 dengan naik motor ke tempat ini. Terdapat café dan warung dengan harga makanan dan minuman yang lebih mahal sehingga sebaiknya bertanya terlebih dahulu sebelum membeli.

  • Air Terjun Kedung Amis

Wisata Alam Air Terjun Kedung Amis

@pda14

Air terjun yang tak kalah indahnya dari Madakaripura dalam bentuk yang lebih kecil adalah Air Terjun Kedung Amis. Air terjun ini berada di Desa Ngepung Kecamatan Sukapura. Pantai ini ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional. Air terjun ini terletak sebelum Air Terjun Watu Lawang yang termasuk wilayah Lumajang sehingga air terjun ini aliran airnya juga mengarah ke Watu Lawang. Fasilitas yang tersedia masih minim yakni hanya toilet dan mushola. Untuk datang ke tempat ini sebaiknya naik kendaraan pribadi karena naik kendaraan umum cukup sulit.

Kepoin Yang Ini  Kecantikan Pulau Bawean yang Belum Terekspos

Itulah beberapa tempat wisata Probolinggo yang digemari wisatawan sehingga ramai dikunjungi. Jika berkesempatan untuk datang ke Probolinggo atau daerah sekitarnya maka sempatkan diri untuk datang ke salah satu atau beberapa tempat wisata ini  supaya kunjungan Anda berkesan. Wisata murah meriah ini kota ini pasti membuat Anda akan senang. Berwisata di kawasan Probolinggo akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jika berminat untuk berwisata sebaiknya mengajak teman-teman agar berbagai keperluan harganya bisa dibagi rata. Kegiatan wisata juga pasti lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. Selamat eksplorasi kota yang penuh pesona ini!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.