Provinsi Baru yang Memendam Keelokan Alam

Provinsi Baru yang Memendam Keelokan Alam

Mungkin belum banyak yang tahu tentang provinsi baru ini. Kalimantan utara adalah provinsi baru yang dimaksud. Nama ibukota dari provinsi ini yaitu Tanjung Selor. Jika keberadaannya saja belum banyak yang tahu, apalagi keelokan alam yang dimilikinya. Kalau mau berwisata ke tempat yang belum banyak dikunjungi orang sehingga tergolong antimainstream maka Tanjung Selor adalah destinasi yang tepat. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia yaitu bagian Sabah dan Serawak. Provinsi ini merupakan pecahan dari Provinsi Kalimantan Timur untuk memperkuat ketahanan Indonesia dan menghidupkan ekonomi masyarakat. Yuk intip destinasi top apa saja yang ada di Kalimantan Utara tepatnya di Tanjung Selor dan sekitarnya.

  • Pantai Tanah Kuning

Wisata Alam Pantai Tanah Kuning

@riyansetyawan.rb

Pantai ini terletak di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan Untuk mendatangi lokasi ini bisa melalui jalur darat, laut atau sungai. Pantai ini  memiliki air laut yang bersih dan berwarna kebiruan yang menyatu dengan warna langit. Pasirnya berwarna putih bersih akan terlihat berkilau saat terkena sinar sinar matahari. Berbagai pohon hidup subur di tepi pantai semakin menambah keelokan panorama dikawasan ini. Setiap pengunjung akan disambut dengan ramah oleh penduduk sekitar sehingga Anda akan betah berlama-lama di pantai ini. Pantai sepanjang 3 km ini cocok untuk memancing maupun olahraga air. Pantai Tanah Kuning lokasinya berdekatan dengan Pantai Karang Tiga. Para pengunjung pantai ini bisa sekaligus mengunjungi pantai tetangga itu atau sebaliknya. Akses jalan menuju pantai ini cukup menantang  karena jalannya masih berbatu. Namun semua kesulitan selama perjalanan akan terbayar lunas saat sudah berada di pantai ini.

  • Pantai Amal

Wisata Alam Pantai Amal

@exploretarakan

Pantai Amal terletak di kota Tarakan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Keindahan air laut yang biru dengan pasir berwarna coklat dipadu cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa benar-benar menjadi sajian yang sangat memanjakan. Saat ini pemerintah Kota Tarakan sedang merencanakan pembangunan pantai ini seperti kawasan mini Ancol. Untuk menuju pantai yang berjarak sekitar 11 km dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Biaya masuk pantai ini sebesar Rp 5.000 per orang tanpa memandang usia (baik orang dewasa maupun anak-anak). Kuliner khas yang patut dicicipi saat berada di pantai ini adalah kapah sejenis kerang yang dimakan dengan sambal mentah. Ada juga hidangan khas lainnya seperti udang dan gorengan ala Pantai Amal yang sangat lezat. Sebagai pencuci mulut, cobalah buah terap yang merupakan buah khas Tarakan yang manis rasanya. Untuk melengkapi kenikmatan Anda maka minum air kelapa juga wajib hukumnya.

  • Air Terjun Rian

@

Wisata Alam Air Terjun Rian

@nurin_ainistikmalia

Air Terjun ini diberi nama Rian karena terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung (KTT). Suguhan alam yang sangat indah berupa air jernih yang mengalir pasti akan membuat semua pengunjung merasa segar. Terdapat hutan tropis dengan vegetasi yang beragam di kawasan ini. Air terjun setinggi 90 meter ini memiliki aliran air yang jatuh pada bebatuan terjal. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkatan, namun hanya tingkat 1 dan 2 yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk orang-orang yang berpengalaman di bidang panjat tebing saja yang bisa mencapai air terjun tingkat 2. Di tingkat dua ini memang air yang jatuh belum terlalu tinggi, namun air terjun tingkat dua ini memiliki areal yang lebih luas dibandingkan dengan tingkatan selanjutnya. Para pengunjung akan melihat flora khas Kalimantan yakni pohon Ulin. Jika menyukai tantangan dan ingin menguji adrenalin maka bisa melompat dari bebatuan yang memang tidak terlalu tinggi. Jika ingin merasakan keindahan air terjun ini lebih lama maka Anda bisa berkemah di lokasi yang sudah disediakan.

  • Hutan Lindung Sungai Sesayap

Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Sesayap

@bebeqreza

Hutan Lindung Sungai Sesayap merupakan kawasan hutan yang eksotis khas Kalimantan. Hutan ini terletak di Kabupaten Tana Tidung. Untuk menikmati suasana alam, Anda bisa menyewa perahu yang disediakan penduduk setempat untuk menyusuri Sungai Sesayap. Dengan naik perahu tersebut, Anda akan meresapi keindahan pemandangan alam dan pepohonan rimbun yang tumbuh subur. Tidak hanya pepohonan, terdapat juga hewan-hewan endemik yang berlindung pada pohon perengat. Pohon perengat adalah pohon yang memiliki buah yang biasa dimanfaatkan untuk asam pada masakan. Pemandangan lain yang tak kalah serunya adalah aktivitas para nelayan yang menangkap ikan dan menjala udang di sepanjang Sungai Sesayap. Anda wajib memotret masyarakat setempat untuk dijadikan kenangan atau koleksi pribadi. Sebagai informasi, Sungai Sesayap terkenal sebagai daerah penghasil udang. Beberapa jenis hewan yang dilindungi seperti kera, beberapa jenis burung dan hewan unik lainnya. Inilah salah satu hutan yang wajib dikunjungi sebagai perwakilan Kalimantan yang sesungguhnya. Jika ingin merasakan hutan Indonesia yang asri dan alami maka inilah tempatnya. 

  • Pantai Batu Lamampu

Wisata Alam Pantai Batu Lamampu

@andy_fhitra

Pantai Batu Lamampu  terletak di Kecamatan Sebatik, Kota Sebatik. Pernah mendengar tentang sengketa Pulau Sebatik yang diperebutkan dengan Malaysia? Akhirnya daerah ini dimenangkan oleh Indonesia. Nama pantai ini berasal dari Bahasa Tidung yang artinya  Batu Timbul dan tersusun ke arah laut. Pantai ini memiliki banyak bebatuan yang selalu muncul ke permukaan dan tidak pernah tenggelam meski air laut pasang. Pantai ini merupakan salah satu ikon di Pulau Sebatik yang sukses membuat wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk datang ke sini. Pantai Batu Lamampu memiliki paronama laut yang indah berupa pegunungan di sekitarnya yang seolah memeluk pantai ini, pasir putih bersih, serta keunikan bebatuan di tepi pantai. Lokasi pantai ini biasa digunakan untuk acara camping, pengibaran bendera 1000 meter dan kegiatan lainnya. Baik anak muda maupun orang dewasa suka sekali menghabiskan waktu di pantai ini. Jika ingin berwisata ke Pantai Batu Lamampu, para pengunjung harus menyeberang laut ke Dermaga Mantikas Kecamatan Sebatik Barat. Ingat ya, ini adalah pulau yang terpisah dari daratan besar Kalimantan sehingga harus menyebrang terlebih dahulu. Karena letaknya yang agak menyendiri ini pula yang menjadi penyebab Malaysia ingin merebutnya. Pengunjung bisa menyewa perahu masyarakat setempat atau kapal yang disediakan pemerintah. Jika sudah berada di pantai ini maka Anda harus memotret berbagai keindahannya. Jadi kapan Anda akan merasakan keindahan alam di daerah perbatasan ini?

Itulah beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Kalimantan Utara. Rasanya belum lengkap jika sudah berada di salah satu kota yang ada di Kalimantan Utara namun tidak eksplorasi ke destinasi-destinasi wisata alam yang indah tersebut. Jika niat berwisata maka Anda harus cari tahu terlebih dahulu tentang akomodasi, transportasi, dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Jika sudah memiliki bekal yang cukup maka Anda sudah siap untuk berkeliling di Kalimantan Utara ini.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.