Provinsi Ujung Barat yang Harus Dilirik

Nanggroe Aceh Darussalam, provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia ini ternyata memiliki banyak potensi alam yang indah sehingga wajib dikunjungi. Daerah yang menerapkan syariat islam seperti negara-negara Timur Tengah ini sebenarnya tidak sekaku yang dikira oleh masyarakat. Semua orang bisa dengan bebas berwisata asalkan tidak mengganggu kehidupan masyarakat lokal.

Tempat Wisata di Nanggroe Aceh Darussalam

Larangan biasanya hanya berlaku untuk cara berpakaian dan berperilaku. Jika ingin ke Aceh maka Anda harus naik pesawat terbang kecuali tinggal di Sumatera Utara atau di Aceh yang bisa ditempuh dengan bus. Bandara Sultan Iskandar Muda siap menyambut Anda dengan pemandangan khas berupa kubah-kubah masjid. Provinsi seribu masjid ini juga memiliki kuliner khas yang lezat dan membuat para wisatawan tidak akan lupa dengan rasanya. Berikut ini beberapa tempat wisata alam di Aceh yang harus dikunjungi.

  • Pantai Cemara Indah

Wisata Alam di Pantai Cemara Indah Aceh

@waldicombih

Air laut yang biru terhampar dengan luas di pantai ini. Pantai Cemara Indah sesuai dengan namanya, pantai ini memang benar-benar indah dan tentu saja dinamakan demikian karena terdapat banyak cemara di pantai ini. Unik bukan? Pantai biasanya identik dengan pohon kelapa atau nyiur namun pantai ini memiliki banyak pohon cemara. Berjarak sekitar 5 km dari kecamatan Singkil Utara dan 25 km dari ibukota Aceh dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Pantai ini terletak di Desa Gosong Telaga yang biasanya ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di dekat pantai ini.

Kepoin Yang Ini  Apa itu Clean Water Maluku Utara?
Sunset Pantai Cemara Indah Aceh

@agus_sugianto92

Pantai ini sebenarnya berada di Desa Gosong Telaga sehingga pantai ini sering disebut Pantai Gostel atau Pantai Gosong Telaga. Lokasi pantai ini justru lebih dekat dengan Medan daripada ibukota Aceh dengan waktu tempuh selama 5 jam. Sedangkan dari Banda Aceh butuh waktu hingga 12 jam melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi. Jika ingin lebih efisien waktu sebaiknya melalui jalur udara ke Medan. Panorama pantai yang bersih dengan pasir putih membentang di bibir pantai akan menyambut kedatangan para pengunjung. Alam yang masih asri ini membuat banyak orang tertarik untuk mendatanginya. Rasakan pasir putih pantai ini yang bersih dan lembut dengan menginjak pasirnya maka Anda akan merasa seperti relaksasi. Para pengunjung bebas melakukan berbagai aktivitas karena tempat ini gratis untuk dikunjungi.

  • Pulau Bangkaru

Wisata Ke Pulau Bangkaru Aceh

@wisataaceh

Lokasinya berada di kecamatan Pulau Banyak termasuk wilayah Aceh Singkil yang berjarak sekitar 75 km. Perjalanan yang cukup jauh selama 5 jam dari Banda Aceh akan terbayar lunas karena pulau ini sangat indah. Titik penyebrangan ke pulau ini adalah Aceh Singkil dengan lama penyebrangan sekitar 30 menit saja. Jika ingin ke pulau ini maka Anda harus menyebrang dengan kapal ferry atau speed boat sewaan. Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini yaitu berenang, berselancar, dan snorkeling karena ada spot indah yang cukup dangkal namun dihuni dengan beraneka ragam biota laut. Ada 2 pantai indah di pulau ini yaitu Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran yang merupakan tempat bertelurnya penyu dan menjadi tempat konservasi penyu yang terdiri dari penyu hijau, penyu belimbing dan penyu sisik. Kedua pantai ini juga menjadi tempat favorit untuk melakukan surfing dengan ombak yang tingginya hingga 5 meter. Air laut di pulau ini berwarna kehijauan yang bening dengan panorama pepohonan yang lebat.

Kepoin Yang Ini  Wisata Rumah Adat di Balikpapan Kalimantan Timur
  • Danau Tana Bara

Wisata ke Danau Tana Bara

Wisata ke Danau Tana Bara

Masih membahas tempat wisata di Aceh Singkil, kali ini ada Danau Tana Bara. Danau Tana Bara berada di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil yang berjarak sekitar 70 kilometer dari ibukota Kabupaten Aceh Singkil. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat yang disewa dengan supirnya karena sulit menemukan kendaraan umum di Aceh. Danau Tana Bara ini masih alami karena belum ada sentuhan tangan manusia (belum dikelola) namun keindahannya tidak akan membuat pengunjung kecewa. Jika datang ke danau ini pada pagi hari maka Anda akan melihat kabut putih yang menyelimuti sebagian permukaan danau sehingga keindahannya semakin memesona. Para pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas di sekitar danau ini seperti berjalan-jalan, berkemah, bersenda gurau dengan keluarga atau sahabat. Jika suka memancing maka Anda bisa memancing di danau ini karena ada banyak ikan yang cukup besar ukurannya.

  • Air Terjun Lae Gecih

Wisata Alam Air Terjun Lae Gecih

Wisata Alam Air Terjun Lae Gecih

Air terjun nan bening dan menyegarkan ini terletak di desa Kuta Tinggi atau Lae Gejih, Simpang Kanan. Berjarak sekitar 90 km dari ibukota kabupaten atau sekitar 20 km dari kecamatan Kuta Tinggi. Air terjun ini memiliki panorama yang sangat indah karena panorama alam khas pedesaan akan disuguhkan di sini. Saat menuju air terjun ini, Anda pasti akan melihat masyarakat lokal sedang bertani di sawah karena sebagian besar masyarakat di desa ini bekerja pada sektor agraris. Keindahan air terjun ini dengan airnya yang berwarna hijau muda serta panorama yang rimbun membuat Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Kepoin Yang Ini  Berenang di Ketinggian Kolam Renang Deefa Palu
  • Waduk Sianjo-Anjo

Wisata Waduk Sianjo Anjo Aceh

@snapzaps

Waduk Sianjo-Anjo yang indah ini berada di antara dua kecamatan yaitu Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah. Danau cantik ini juga diapit tiga desa yaitu desa Sianjo – Anjo, Lain Golong, dan Desa Sido Mukti. Karena lokasinya berada di Sianjo-Anjo maka danau ini dinamakan sesuai dengan nama daerahnya. Luas waduk ini sekitar 600 hektar dengan kedalaman air yang bervariasi dari 1 meter hingga 15 meter. Waduk ini mudah ditemukan karena lokasinya ada di jalan lintas provinsi Aceh – Sumatera Utara. Posisinya sekitar 3 kilometer dari pusat Kecamatan Gunung Meriah, lalu menuju ke Kecamatan Simpang Kanan. Danau ini merupakan danau milik pemerintah yang cukup terlindungi sehingga para pengunjung hanya bisa melihat pemandangannya tanpa bisa eksplorasi lebih jauh atau melakukan olahraga air seperti pada danau rekreasi lainnya. Namun jika Anda ingin tempat tenang untuk relaksasi atau kontemplasi maka tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

5 destinasi wisata yang sebagian besar berada di Aceh Singkil tersebut memang sangat layak untuk dikunjungi. Jika Anda ingin berwisata ke tempat-tempat antimainstream atau masih jarang dikunjungi maka tempat-tempat itu termasuk dalam kategori Anda. Mungkin Anda bisa menjadi pelopor wisata di Aceh karena berkat postingan foto-foto Anda di media sosial membuat banyak orang yang tertarik untuk berkunjung juga. Jika sudah diketahui oleh banyak orang mungkin nanti tempat-tempat itu akan semakin bagus karena sudah dikelola dengan baik untuk pariwisata. Jika dibiarkan begitu saja sangat disayangkan karena keindahan itu bisa saja hilang seiring berjalannya waktu. Campur tangan manusia juga dibutuhkan untuk membuat tempat menjadi eksis dan diingat. Namun Anda harus selalu ingat kalau berwisata maka jagalah kebersihannya. Good work, good holiday!

 

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.