Pulau Lombok, Lambang Kecantikan Alam yang Hakiki

Lombok sebagai tujuan wisata halal terbaik mulai terasa dampaknya karena wisatawan Timur Tengah, Brunei, dan Malaysia mulai berdatangan. Pulau Lombok dikukuhkan sebagai The World Best Halal Tourism Destination dan The World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang The World Halal Travel Summit/Exhibition di Uni Emirat Arab. Sebelumnya wisatawan Malaysia banyak ke Padang, Medan, dan Bandung namun sekarang mulai banyak yang memilih Lombok untuk menikmati wisata halal. Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mulai terasa sejak 2015 karena gencarnya promosi yang dilakukan oleh para pelaku pariwisata. Kunjungan wisatawan ke NTB periode Januari-Agustus mencapai 1,8 juta. Pada 2015, jumlah wisatawan ke NTB mencapai 2,21 juta wisatawan. NTB diharapkan menyumbang 10 persen (3 persen) dari 20 juta target kunjungan nasional tahun 2019.

 Wisata Alam di Lombok Nusa Tenggara Barat

Lombok memiliki banyak tempat wisata terutama wisata alam berupa pantai, laut, bukit serta gunung dengan panorama yang sangat memanjakan mata para wisatawan. Kebutuhan rohani para wisatawan terutama para muslim semakin terpenuhi dengan baik karena tidak hanya kebutuhan untuk bersenang-senang tetapi juga tidak melupakan kewajiban ibadah. Lombok semakin berbenah diri untuk menarik wisatawan yang lebih banyak lagi. Berbagai renovasi dilakukan oleh para pemilik resort dan pemerintah setempat supaya para pengunjung semakin betah. Artikel ini akan membahas tentang beberapa tempat wisata alam yang menjadi unggulan Lombok.

  • Bukit Merese

Wisata Alam Bukit Merese Lombok

@julijuliann

Bukit Merese di Lombok Tengah memiliki nama lain yaitu Bukit Cinta. Dinamakan seperti itu karena siapapun yang datang ke bukit ini benar-benar akan jatuh cinta dan pasti akan rindu untuk datang lagi. Berada di area Pantai Tanjung Aan sehingga menjadi keharusan bagi Anda yang telah berkunjung ke bukit ini untuk mengunjungi Pantai Tanjung Aan juga atau sebaliknya.

Panorama Bukit Merese Lombok

@jelajahnegerisendiri

Perjalanan menuju bukit ini akan melewati beberapa pantai yang terkenal di Lombok seperti Pantai Kuta dan Pantai Seger yang juga akan dibahas dalam artikel ini. Butuh waktu sekitar dua jam dari kota Mataram karena memang lokasinya cukup jauh. Anda akan melihat keindahan panorama laut yang jernih dan pantai berpasir putih yang cantik dari atas bukit. Bukit ini merupakan spot sunset terbaik sehingga jika ingin menikmati momen matahari terbenam yang syahdu dan menakjubkan maka Anda harus datang ke bukit ini.

  • Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan Lombok

@dewimano

Pantai Tanjung Aan terkenal karena keindahannya. Tempat asal Sang Puteri Mandalika ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Garis pantainya sekitar 2 Kilometer dengan pasir yang kasar dan bulat seperti merica. Pantai ini menjadi spot snorkling karena ombaknya yang tenang dengan kedalaman laut yang cukup dangkal. Jika tidak membawa alat snorkeling maka Anda bisa menyewanya di tempat penyewaan yang berada di tepi pantai. Pantai ini juga dijadikan tempat berselancar pada sore hari karena permukaan air lautnya akan naik.

Kepoin Yang Ini  Gili Gili Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit. Anda bisa dengan mudah mencapai bukit tersebut, bila ingin melihat pemandangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian. Di sekitar wisata pantai Lombok ini, Anda akan menemui beberapa payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya. Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung tersebut, sembari menikmati kelapa muda yang bisa Anda beli di sekitar pantai. Anda juga bisa mengunjungi deretan restoran yang menyediakan berbagai macam masakan. Anda bisa mencoba menu-menu masakan setempat, sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan yang menakjubkan.

Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

@longitude_latitude_explorer

Pada bulan Februari pantai ini akan ramai dikunjungi karena selalu ada event spesial yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini terkait dengan cerita tentang Puteri Mandalika yang melompat dari bukit untuk menjauh dari pangeran yang ingin mempersuntingnya. Diceritakan bahwa sang putri berubah menjadi “Nyale” atau cacing laut sehingga ritual itu dinamakan demikian. Pantai Tanjung Aan  berlokasi sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok yang terkenal. Perjalanan yang ditempuh dengan kendaraan pribadi dari Kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan rute Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta – Tanjung Aan. Untuk eksplor daerah ini sebaiknya menyewa sepeda motor atau mobil dari Kota Mataram karena naik angkutan umum tidak efisien waktu.

  • Pantai Seger

Wisata Pantai Seger Lombok

@hanifmohamad08

Pantai Seger berada di Lombok Tengah bagian selatan. Pantai ini memiliki struktur alam yang unik dan indah sehingga membuat Anda tidak akan menyesal saat mendatanginya. Perbukitan yang bentuknya beragam, pasir putih, karang di laut yang masih terjaga dan ombaknya sangat cocok untuk berselancar. Pantai ini cukup luas dan memiliki beberapa bagian yang tentunya harus didatangi semua. Sepertinya butuh waktu seharian penuh untuk mengeksplor semua tempat di pantai ini. Pantai Seger memiliki 4 bagian yaitu pantai bagian utara, selatan, tengah dan bukit Seger.

Kepoin Yang Ini  Sensasi Keindahan Alam di Sumbawa Barat

Arus laut di pantai bagian utara sangat tenang dan jernih sehingga cocok untuk snorkeling, berenang atau sekedar bermain air. Ada monumen Putri Mandalika di atas jembatan bamboo. Bagian tengah pantai ini terapit bukit dan persawahan yang dinamakan Seger 1. Di tengah lautnya ada jalan setapak yang terbuat dari tumpukan batu laut hitam. Laut di bagian ini cocok untuk bermain selancar karena ombaknya tinggi. Tersedia gazebo-gazebo kecil untuk bersantai jika lelah menyusuri pantai. Untuk melihat pemandangan secara keseluruhan bisa dilihat dari bukit yang landai sehingga mudah untuk didaki. Bagian selatan kawasan ini dinamakan Pantai Seger 2 dengan pantai yang memanjang. Di tempat ini ada Batu Tengkong (jamur), dinamakan demikian karena bentuknya seperti jamur.

Pantai Seger Kuta Lombok

@hilalogy

Pantai ini terletak di desa Sukedane, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan. Waktu yang dibutuhkan untuk ke tempat ini dari bandara yakni sekitar 30 menit. Tidak ada angkutan umum yang melintasi pantai ini sehingga Anda harus menyewa mobil atau motor. Ada dua jalur untuk menuju pantai ini yaitu melalui jalan masuk area Hotel Novotel sehingga kendaraan harus diparkir di area parkir dekat sana namun harus berjalan cukup jauh untuk sampai di pantai ini. Jalur kedua yaitu melalui jalan di bagian selatan sehingga Anda akan tiba di Seger 2 atau pantai bagian tengah.

  • Pantai Kuta Lombok

Wisata Pantai Kuta Lombok

@delladithia

Keindahan dan kepopuleran Pantai Kuta Lombok tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Air Laut yang jernih dengan hamparan pasir Putih yang sangat indah membuat banyak orang betah berada di pantai ini. Di pantai ini ada bukit bernama Bukit Mandalika yang merupakan nama seorang putri yang mati bunuh diri. Berbagai water sport bisa dilakukan di sini seperti snorkeling, banana boat, berenang, dan bermain jet ski. Untuk menuju ke sini dari Kota Mataram atau Pantai Senggigi butuh waktu sekitar 1 jam saja. Dari bandara butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan untuk sampai di tempat ini.

Panorama Alam Pantai Kuta Lombok

@celana_sobex

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.