Pulau Samosir, 1 Pulau Berjuta Keindahan

Pulau yang berada di tengah Danau Toba Sumatera Utara ini ternyata memiliki banyak tempat yang indah sehingga jika ingin eksplor semua tempat di pulau ini tidak akan cukup satu hari. Jika ingin berwisata ke pulau ini maka Anda bisa naik pesawat ke Medan dengan singgah di Bandara Kualanamu. Setelah itu melanjutkan perjalanan darat ke pulau ini dengan waktu sekitar 5 jam. Ada 3 rute kapal menuju Pulau Samosir yaitu Pelabuhan Ajibata – Tomok dengan harga karcis kapal, Pelabuhan Muara – Nainggolan, dan Pelabuhan Tigaras – Simanindo dengan harga sewa perahu yang beraneka ragam harganya tergantung kondisi kapal. Jika ingin menginap di pulau ini tersedia penginapan dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 saja.

Wisata Alam di Pulau Samosir

Kalau tidak ingin naik perahu tradisional maka bisa menyewa kapal cepat sehaga Rp 500.000 per kapal yang memang cocok kalau Anda ke tempat ini bersama rombongan keluarga atau teman. Jika Anda mudah mabuk perjalanan tidak usah khawatir karena saat ini sudah ada pesawat menuju Pulau Samosir namun hanya ada satu penerbangan per hari.  Pulau ini memiliki berjuta keindahan karena tidak hanya wisata alam namun tempat ini juga akan sejarah. Para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan Sigale-gale (boneka khas Samosir) di Tomok, berkeliling Museum Hita Bolon, dan masih banyak lagi. Beberapa tempat wisata menarik akan dibahas dalam artikel ini.

  • Danau Di Atas Danau

Wisata Alam Danau diatas Danau Pulau Samosir

@muharis44

Pulau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi 75ribu tahun silam yang juga menghasilkan sebuah danau di atas danau. Apa maksudnya? Ya, ada 2 danau di pulau ini yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni yang tentu saja keduanya berada di atas Danau Toba sehingga dinamakan Danau di Atas Danau.  Danau Sidihoni berada di kecamatan Panguruan, Samosir. Untuk danau ini bisa melalui Parapat atau Sidakalang. Danau ini belum ramai dikunjungi karena masih banyak yang belum tahu tentang keindahan danau ini. Konon dahulu danau ini sering berubah warna airnya seperti Danau Kelimutu di Flores. Pesona danau ini semakin bertambah berkat perbukitan hijau yang landai dan jejeran pohon pinus sehingga membuat udara sangat sejuk. Tidak ada biaya untuk mengunjungi danau yang berada pada ketinggian 1.300 mdpl dan seluas 3 hektar ini. Jika ingin melihat sunrise yang indah maka Anda bisa berkemah di sekitar danau ini.

Kepoin Yang Ini  Harga Tiket Masuk Hairos Water Park Mora Indah

Selanjutnya Danau Aek Natonang yang terletak di di Desa Tanjungan, Kecamatan Natonang. Danau ini cukup sulit untuk didatangi sehingga harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa beserta supirnya. Danau seluas 105 hektar ini juga memiliki udara yang sejuk karena terletak di area pegunungan. Perbukitan, rerumputan, dan pepohonan benar-benar membuat danau ini sangat memesona. Tak perlu membayar apapun untuk berwisata mencari ketenangan di danau ini. Danau ini juga berada pada ketinggian sama halnya dengan Danau Sidohini. Area danau ini akan dibangun menjadi hutan wisata, namun saat ini masih minim fasilitas di danau ini. jika ingin berkemah atau sekedar berkunjung sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman.

  • Air Terjun Batu Sawan

Wisata Air Terjun Batu Sawan Limbong Samosir

@visitsamosir

Air terjun ini ditemukan pada tahun 1996 dinamakan Batu Sawan karena air yang jatuh di atas batu membentuk cawan dan uniknya rasa air itu akan kecut seperti air perasaan jeruk. Padahal air yang belum jatuh ke cawan itu berasa tawar seperti air pada umumnya. Belum diketahui sebenarnya ada kandungan apa dalam air yang tumpah ke cawan itu. Rasa kecut seperti itu akan tetap sama walau air dibawa ke daerah mana pun. Air terjun ini terletak di Pusuk Buhit (Pojok Bukit) di daerah Sianjur Mulamula yang dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat batak. Tempat ini kerap dijadikan tempat perhelatan berbagai ritual adat karena dipercaya Raja Uti yang merupakan leluhur sakti sering mandi di area air terjun itu.

  • Aek Rangat (Air Hangat) Pangururan

Wisata ke Aek Ranggat Samosir

@iernawaty

Tempat pemandian air hangat (hot spring) ini terletak di lereng Pusuk Buhit di Sianjur Mulamula. Air panas berasal dari sumber mata air pegunungan alami yang dialirkan ke kolam-kolam pemandian setempat. Tingkat kepanasan air berbeda-beda karena diatur sedemikian rupa oleh para pengelola di daerah ini. Jika ingin merasakan air terpanas maka Anda harus naik ke tempat tertinggi yang dekat dengan sumber air panas. Ada kolam yang cukup dangkal sehingga bisa untuk anak-anak. Pesona Danau Toba bisa terlihat dari area pemandian ini.

Wisata Aek Rangat Pangururan

@icafortunata

Tidak ketinggalan ada bongkahan batu kapur berwarna putih menjadi ikon tempat ini dan sering dijadikan tempat untuk berfoto, tidak hanya berfoto untuk wisata tetapi juga untuk pre wedding. Gugusan batu kapur berwarna putih itu akan terlihat seperti bongkahan salju jika difoto oleh fotografer professional sehingga keindahannya banyak diabadikan dalam berbagai foto. Tidak ada pungutan biaya untuk menikmati tempat ini, namun sebaiknya Anda membeli makanan atau minuman penjual setempat untuk menghargai mereka.

  • Tuk Tuk Siadong

Desa wisata yang dibuat di tepi Danau Toba ini menjadi pintu gerbang yang menyambut Anda untuk menikmati keindahan Pulau Samosir. Dari desa ini para pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir, benar-benar dobel keindahan. Hotel dan villa paling banyak tersedia di desa ini sehingga jika ingin menikmati keindahan pulau ini lebih dari satu hari maka Anda bisa menyewa kamar. Desa ini terletak di kecamatan Samanindo tepatnya di Semenanjung Samosir. Kegiatan terbaik untuk menikmati keindahan desa ini dari segi pemandangan dan masyarakatnya adalah bersepeda. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk eksplor seluruh desa ini. Terdapat banyak berbagai jenis penginapan seperti cottage, hotel, hostel dan penginapan sederhana untuk para backpacker. Jangan lupa untuk menikmati Danau Toba pada sore hari karena dari desa ini juga terlihat Bukit Barisan yang semakin mempercantik desa ini. Kunjungi juga pasar tradisional di desa ini dan di Tomok yang hanya butuh waktu 15 menit naik motor. Jangan pernah lewatkan untuk berkunjung ke situs-situs purbakala seperti makam Raja Sidabutar, Batu Parsidangan dan masih banyak lagi.

Wisata Tuk Tuk Siadong Samosir

@tobajeeptour

Keempat tempat tersebut wajib dikunjungi agar plesir ke Samosir akan terasa lengkap. Pulau yang tidak terlalu luas ini menyimpan banyak keunikan dan keindahan sehingga banyak wisatawan baik domestic maupun mancanegara datang ke tempat ini karena penasaran ingin menyaksikan secara langsung keindahan tempat ini. Pulau di atas pulau yaitu Samosir yang tentunya menjadi destinasi menarik untuk berplesir. Tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga mengenal dan belajar banyak tentang kebudayaan masyarakat setempat. Jika datang ke pulau ini harus mencicipi makanan yang lezat dan mengobrol dengan masyarakat lokal agar ada hal yang bisa dibawa pulang berupa cerita atau pengalaman yang tak akan terlupakan.

Kepoin Yang Ini  Harga Tiket & Jam Buka Citra Garden Water Park Medan

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.