Pulau Seribu, Spot Wisata Alam di Jakarta

Pulau Seribu, Spot Wisata Alam di Jakarta

Banyak orang yang semula mengira bahwa Jakarta tidak memiliki tempat wisata alam. Hanya gedung-gedung bertingkat, kemacetan jalan karena banyaknya kendaraan, dan keramaian masyarakat mungkin hanya itu yang ada di benak masyarakat. Pemikiran seperti itu salah! Jakarta memiliki tempat wisata alam yang indah di Kepulauan Seribu. Kepulauan yang berada di ujung utara Jakarta ini wajib dikunjungi jika Anda mau menikmati keindahan pantai, laut, dan pulau-pulau.  Untuk pergi ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu bisa naik dari Dermaga Muara Angke dengan biaya kapal yang murah. Jika mau yang lebih mewah bisa menyebrang dari Dermaga Marina Ancol dengan waktu tempuh yang lebih cepat. Diberi nama Pulau Seribu karena banyaknya pulau di kawasan ini sehingga kalau Anda bingung harus ke pulau mana maka artikel ini akan membantu Anda. Berikut ini beberapa pulau yang wajib dikunjungi di Kepulauan Seribu.

  • Pulau Harapan

Wisata Alam Pulau Harapan

@yusuprahman09

Pulau ini memberi banyak harapan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang indah di sekitarnya. Pulau Harapan seperti pintu gerbang untuk bisa berkunjung ke Pulau Bira dan Pulau Macan yang menjadi spot snorkeling dengan air laut yang jernih dan kekayaan fauna bawah laut. Pulau yang harus ditempuh dengan waktu yang lama sekitar 3 jam dengan kapal kayu biasa dan sekitar 1,5 jam dengan kapal cepat benar-benar menyuguhkan keindahan. Letaknya yang jauh membuat pulau ini menjadi pulau yang cukup bersih terutama pulau-pulau di sekitarnya yang tidak berpenghuni. Biaya wisata ke pulau ini cukup murah, hanya perlu menyewa rumah penduduk dan kapal untuk hoping island serta snorkeling. Jika ingin berburu pemandangan sunset yang indah maka Anda harus datang ke Pulau Bulat. Anda akan melihat matahari terbenam yang terlihat sangat jelas. Keliling sekitar pulau ini juga mengasyikkan karena ada beberapa spot cantik untuk berfoto. Bisa berjalan kaki atau sewa sepeda untuk berkeliling sehingga Anda akan berasa seperti penghuni pulau tersebut.

  • Pulau Tidung

Wisata Alam Pulau Tidung

@pulauharapankita

Pulau yang harus disebrangi dalam waktu lama karena letaknya yang jauh adalah Pulau Tidung. Pulau cantik ini memiliki ciri khas yakni memiliki sebuah jembatan besar yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Jembatan tersebut sangat bagus untuk spot foto karena pemandangan yang tersaji sangat indah. Tak jarang para pengunjung lompat dari jembatan ke laut untuk mendapat sensasi dahsyat sehingga adrenalin teruji. Umumnya Pulau Tidung Besar dipakai untuk menginap karena pulau ini berpenghuni. Tersedia banyak water sport seperti banana boat dan jet ski yang bisa disewa untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga. Jika ingin snorkeling maka Anda bisa melakukannya di laut yang berada di dekat Pulau Tidung Besar. Sama halnya dengan Pulau Harapan, Anda bisa berkeliling pulau dengan jalan kaki atau menyewa sepeda. Jika mau mendapat suasana berbeda sebaiknya Anda menyebrang hingga ke Pulau Tidung Kecil karena terdapat banyak pohon rindang sehingga suasana lebih teduh dan sejuk.

  • Pulau Pari

Wisata Alam Pulau Pari

@anggibrillian

Pasir putih dan air laut berwarna biru kehijauan menjadi ciri khas panorama di pulau ini. Lokasinya cukup dekat dari dermaga sehingga tidak butuh waktu yang lama sekitar 1,5 jam saja untuk sampai di Pulau Pari. Bersepeda mengelilingi pulau ini menjadi aktivitas yang wajib dilakukan agar mendapat suasana seru di pagi hari. Objek wisata yang menjadi kebanggaan adalah Pantai Perawan, Pantai Pasir Kresek, dan Dermaga Bukit Matahari. Pulau ini berpenghuni sehingga tak salah kalau pulau ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Jika ingin snorkeling maka Anda bisa melakukannya di laut yang dekat dari Pantai Perawan. Terumbu karang yang cukup sehat dan ikan-ikan yang berwarna-warni akan membuat snorkeling Anda menjadi sangat menyenangkan. 

  • Pulau Pramuka

Wisata Alam Pulau Pramuka

@joomii_27

Pulau yang paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah Pulau Pramuka. Pulau ini menjadi tempat transit orang-orang yang ingin ke pulau-pulau di dekatnya. Pulau dengan penghuni paling ramai dan sudah memiliki fasilitas lengkap seperti sekolah, rumah sakit dan lainnya ini menjadikan pulau ini ramai dikunjungi oleh penduduk pulau sekitarnya. Walau berpenghuni, pulau ini masih bersih dan terawat. Air laut di sekitar pulau ini juga masih bersih berwarna kehijauan. Pulau ini juga menjadi tempat menginap para traveler karena terdapat banyak rumah penduduk yang bisa disewa. Pulau ini tak jauh dari Pulau Harapan sehingga butuh waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam untuk sampai di pulau ini.

Kepoin Yang Ini  5 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Hits

Jika ingin mengelilingi pulau seluas 9 hektar ini sebaiknya menyewa sepeda seharga Rp 30.000 sehari. Namun jika ingin berjalan kaki juga akan sangat seru terutama bareng teman atau keluarga. Pulau ini juga bisa menjadi spot snorkeling, bahkan diving. Bagi para pemula yang ingin mendapat sertifikat diving biasanya akan memulai latihan atau ujian diving di laut sekitar pulau ini. Pulau ini juga menjadi lokasi penangkaran penyu sisik dan penanaman pohon bakau untuk mencegah abrasi pantai. Tak heran jika pulau ini menjadi pusat kehidupan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Jika suka berburu momen sunset maka pulau ini wajib menjadi spot karena matahari terbenam terlihat sangat jelas dari pulau ini.

  • Pulau Semak Daun

Wisata Alam Pulau Semak Daun

@harmandomandiri

Pulau ini disebut Bumi Perkemahan karena banyak backpacker yang datang ke pulau ini untuk berkemah. Pulau ini tidak berpenghuni sehingga tidak ada rumah penduduk yang bisa disewa. Hanya butuh waktu 30 menit dari Pulau Pramuka untuk sampai di pulau ini. Walaupun tidak berpenghuni tetapi terdapat fasilitas yang cukup baik untuk para pengunjung. Toilet, air bersih, dan warung juga ada sehingga orang-orang yang menginap di pulau ini tidak akan merasa kekurangan. Pulau berpasir putih ini memang sangat asik untuk didatangi bersama teman sambil membakar jagung atau ubi. Untuk snorkeling bisa dilakukan di laut sekitar pulau ini atau pulau-pulau lainnya. Jika tidak punya tenda maka Anda bisa menyewa, tetapi sebaiknya membawa tenda sendiri supaya lebih leluasa.

  • Pulau Papa Theo

Wisata Alam Pulau Papa Theo

@mas.indr4

Pulau ini sama dengan Semak Daun, namun pulau ini harus ditempuh dari Pulau Harapan. Jarak pulau ini memang sangat jauh karena butuh waktu 1 jam lagi dari Pulau Harapan. Justru karena letaknya yang jauh maka pulau ini masih sangat bersih dan virgin. Jika ingin snorkeling maka laut di sekitar pulau ini masih sangat bersih. Berbagai ikan dan terumbu karang akan terlihat dengan jelas. Snorkeling wajib dilakukan di sekitar pulau ini. Pasir putih yang sangat bersih membuat Anda akan betah berada di Papa Theo. Untuk berkemah harus membawa tenda dan bekal makanan karena pulau ini sangat sepi. Tidak ada penduduk di pulau ini sehingga harus menyediakan semua keperluan sendiri.

Kepoin Yang Ini  Cari Kolam Renang Jakarta yang Murah? Ini Rekomendasinya!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.