Rekomendasi Wisata di Tuban Jawa Timur

Berbicara tentang Tuban yang terletak di pesisir pantura Jawa Timur, maka hal yang terpikirkan adalah suhu udara yang panas. Tapi, dengan adanya berbagai tempat wisata di Tuban Jawa Timur, seperti Goa Akbar dan Panati Sowan, tidak menyurutkan jumlah pengunjung yang datang ke sini. Informasi lengkapnya simak dari ulasan berikut.

Deskripsi Tuban Jawa Timur

Tuban yang terletak di jawa Timur banyak menyimpan sejarah penting, salah satunya adalah sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kabupaten ini juga menjadi tempat disemayamkannya salah satu wali, yaitu Sunan Bonang. Destinasi Tuban Jawa Timur sangat beragam yang sebagian besarnya terdiri dari goa dan pantai.

Kombinasi kedua tempat ini menghasilkan panorama yang unik, baik dilihat dari jenis-jenis floranya maupun faunanya. Dijamin kamu tidak akan menyesal dan justru ketagihan untuk sering-sering berlibur ke sini. apalagi jika bawa anak-anak yang notabene sangat suka melihat berbagai jenis hewan dan bermain air di pantainya.

Lokasi Goa Akbar dan Pantai Sowan

Seperti ulasan singkat sebelumnya, Tuban berbatasan langsung dengan Rembang dan terletak di pesisir pantura Jawa Timur sehingga termasuk dalam daerah berhawa panas. Banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu coba kunjungi di sini, contohnya Goa Akbar dan pantai Sowan.

Goa Akbar, gambar dari IG @andie_alensky

Goa Akbar Kabupaten Tuban Jawa Timur terletak di bawah Pasar Baru Tuban sehingga musim liburan maupun bukan, tiap harinya kawasan ini selalu ramai. Konon, gua ini merupakan tempat tinggal Sunan Kalijaga sebelum diberitahukan kepada Sunan Bonang.

Pantai Sowan, gambar dari IG @maey_msi_gresik

Selanjutnya untuk Pantai Sowan letaknya di Jalan Pantura yang secara terperinci, lokasinya di Dusun Sowan dan Desa Bogorejo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kalau kamu datang dari pusat kota, Waktu yang harus kamu tempuh selama perjalanan melewati jarak 40 km yaitu sekitar 1 jam.

Kepoin Yang Ini  Kecantikan Jember yang Ikonik

Harga Tiket Masuk dan Fasilitasnya

Harga tiket masuk Goa Akbar yaitu Rp5.000 per orang. Goa ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap berupa penerangan serta tangga dan pagar yang terbuat dari bahan stainless steel. Fasilitas ini memudahkan siapa saja yang ingin menyaksikan keunikan stalagmit dan stalaknit di sini. termasuk adanya mushala, kolam air tawar, Paseban Wali, dan lainnya.

Gambar dari IG @iecienhong

Kemudian untuk tiket masuk Pantai Sowan, harganya hanya Rp3.000 yang harus kamu bayar sesampainya di pintu masuk bertuliskan Wana Wisata Sowan. Pantai Sowan sendiri memiliki luas sekitar 32 km sehingga kamu bisa bebas menikmati panorama alam dari pantainya yang masih sangat asri. Bahkan, hutan sekitarnya mampu membuat mata agar tidak berpaling.

Jadi, kamu bisa menikmati liburan ala pantai sekaligus khas pegunungan di sini. Apalagi ada banyak pepohonan di sini, di antaranya adalah jati, waru, randu, mahoni, akasia, dan lainnya yang berdaun lebat. Kemudian, ada banyak burung bersuara merdu yang meramaikan pagi maupun siang. Contohnya kutilang, cendet, perkutut, dan prenjak.

Hewan lainnya yang bisa kamu lihat di Pantai Sowan Tuban yaitu musang, biawak, dan hewan khas pinggiran pantai dan hutan lainnya. Kamu tidak akan kebingungan di sini karena fasilitasnya lengkap. Ada banyak warung makan area bermin anak-anak, mushala, penginapan, kamar mandi, dan lainnya.

Kepoin Yang Ini  Wisata Bhakti Alam Pandaan

Selain Goa Akbar dan Pantai Sowan, masih banyak destinasi wisata di Tuban Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi. Tapi, pastikan untuk membuat rencana yang matang, seperti membawa kamera resolusi terbaik untuk mengabadikan setiap momen unik dan menarik selama liburan serta bawa pakaian ganti jika ingin ke Pantai Sowan atau berencana menginap.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.