Semarang, Ibukota Jawa Tengah yang Tak Pernah Buat Bosan

Semarang identik dengan bandeng presto dan tahu bakso, namun kota ini juga memiliki banyak objek wisata alam yang wajib dikunjungi terutama pada akhir pekan. Orang-orang dari berbagai kota datang ke kota ini dengan berbagai noda transportasi yakni bus, kereta, pesawat dan mobil pribadi.

Tempat Wisata di Semarang

Jika tinggal di Pulau Jawa umumnya kereta yang dipilih, jika tinggal di luar Pulau Jawa barulah wajib naik pesawat. Tidak akan bosan ke kota ini karena memiliki banyak keindahan alam, kuliner yang lezat, dan masyarakatnya yang bersahabat. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang beberapa objek wisata alam di Semarang.

  • Brown Canyon

Wisata Alam Brown Canyon di Semarang

@arumdestari

Anda pasti lebih familiar dengan Green Canyon daripada Brown Canyon ini. Keduanya memiliki persamaan yakni berbatu-batu besar namun keduanya benar-benar berbeda. Brown Canyon ini tidak berhubungan dengan air seperti Green Canyon. Brown Canyon merupakan tempat bekas area galian tambang yang diubah menjadi tempat wisata karena kenampakan alamnya yang indah. Dinamakan Brown karena area lokasi ini memang berwarna cokelat karena pasir dan tanah. Untuk pergi ke tempat ini sangat disarankan untuk naik mobil pribadi terutama berbentuk mobil sport karena jalannya cukup sulit untuk dilewati terutama setelah hujan. Tempat ini merupakan destinasi terbaik bagi para pecinta fotografi. Keindahan tempat ini terletak pada tebing-tebing yang menjulang tinggi dihiasi dengan pepohonan meranggas di puncak bukit.

Pemandangan Alam di Brown Canyon Semarang

@kitasemarang

Brown Canyon terletak di Rowosari Meteseh Tembalang yang jauh dari pusat kota. Perjalanan menuju tempat ini sangat berdebu sehingga Anda akan mungkin berasa sedang syuting film deru debu. Bertemu dengan bermacam truk pengangkut pasir akan menjadi pemandangan yang sering dilihat. Karena banyaknya debu dan pasir sebaiknya Anda membawa masker agar pernapasan tidak terganggu. Anda juga harus membawa kacamata riben agar mata tidak kelilipan debu, tidak silau terkena sinar matahari, dan yang paling penting bisa untuk gaya dalam berfoto. Perjalanan yang jauh harus dimanfaatkan secara maksimal agar mendapat foto-foto yang instagramable.

Kepoin Yang Ini  4 Tempat Wisata di Majenang Terhits 2019

 

  • Danau Rawa Pening

Wisata Danau Rawa Pening Ambarawa Semarang

@pecandu_explore

Rawa Pening merupakan sebuah danau rawa yang dihiasi dengan pegunungan berwarna kehijauan yang sangat cantik. Danau ini terletak di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang seperti Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Bagian atas air danau ini ditumbuhi oleh enceng gondok sehingga bisa bernilai estetis tersendiri. Tanaman enceng gondok diolah secara kreatif menjadi benda-benda unik yang bisa dijadikan untuk cendera mata. Untuk menyusuri danau ini sebaiknya menyewa perahu yang sudah termasuk pengemudi bisa menyewa perahu motor maupun perahu dayung. Pemandangan di danau ini akan terlihat sangat indah saat sore hari ketika cuaca sedang cerah.

  • Umbul Sidomukti

Wisata Umbul Sidomukti Semarang

@yunitatampubolon

Tempat wisata yang berada di kaki Gunung Ungaran ini memiliki banyak tempat seru. Salah satu spot yang paling terkenal adalah kolam renang yang berada di ketinggian. Anda bisa berenang sambil memandang panorama indah di sekitarnya. Jika langit sedang berawan maka Anda akan berasa sedang berenang di atas awan. Terdapat 4 jenis kolam renang dengan ketinggian yang berbeda. Air di Umbul Sidomukti ini sangat segar dan alami karena berasal dari gunung. Kawasan Umbul Sidomukti tidak hanya ada kolam renang tetapi masih banyak wahana permainan yang bisa dipilih dengan tariff yang berbeda=beda. Permainan yang wajib dicoba adalah flying fox karena lintasannya merupakan lintasan terpanjang di Pulau Jawa sehingga Anda akan menguji adrenalin sambil menikmati pemandangan yang menghijaukan mata. Untuk menguji ketangkasan terdapat area out bond yang dilengkapi dengan penyewaan berbagai kelengkapan. Jika sudah lelah dengan berbagai aktivitas seru maka Anda bisa beristirahat di gazebo yang tersedia.

  • Curug Benowo

Wisata Alam Curug Benowo Semarang

@bang_yaps67

Curug Benowo terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat yang posisinya ada di lereng Gunung Ungaran. Butuh stamina dan ketangkasan untuk melihat air terjun ini karena lokasinya berupa jalan setapak (tanah) yang berbatu sehingga licin terutama saat musim hujan. Anda juga akan melewati sungai dengan air yang jernih dan suara gemericik air membuat suasana semakin menentramkan. Area curug ini begitu asri karena udara dan pemandangannya sangat mendukung. Jika Anda punya waktu luang di akhir pekan maka Anda harus menjelajah tempat ini. kelelahan dan ketakutan selama perjalanan akan sirna setelah melihat aliran air terjun yang deras. Anda juga bisa mandi atau bermain air di tempat ini sehingga Anda harus membawa pakaian ganti.

  • Curug Lawe

Wisata Alam Curug Lawe Semarang

@maurenardiana

Air terjun yang tak kalah indahnya dengan Curug Benowo adalah Curug Lawe. Jika berkunjung ke Curug Benawe maka Anda juga harus berkunjung ke Curug Lawe. Bagai mendayung 2 hingga 3 pulau terlampaui, Anda akan mendapatkan paket dobel keindahan. Sejalan dengan Curug Benowo, untuk menuju Lawe ini pergilah ke arah persimpangan di sebuah pintu air lalu belok ke kanan karena jika Anda belok kanan itu adalah jalan menuju Curug Benowo. Trek menuju ke Curug Lawe sama sulitnya dengan Curug Benowo. Walau air di curug ini tidak sederas Curug Benowo tetapi soal keindahan boleh diadu. Di sekeliling air terjun utama terdapat beberapa air terjun kecil yang terlihat seperti anak dari air terjun utama.

  • Pantai Maron

Wisata Alam Pantai Maron Semarang

@choifatul_assima

Pantai ini terletak di sebelah barat Semarang tepatnya di sekitar muara Sungai Silandak. Pantai ini sangat strategis karena bisa dituju dari dua tempat yaitu Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak yang keduanya pasti diketahui banyak orang sehingga tidak akan sulit untuk menuju pantai ini. Sekitar 3 km dari jalan raya, Anda akan tiba di lokasi dengan waktu tempuh kendaraan sekitar 10 menit. Berjalan kaki menuju tempat ini juga bisa dari ujung perumahan Graha Padma sekitar 30 menit lamanya. Nama Maron berasal dari kata “maroon” karena pantai ini milik Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) maka pantai ini dinamakan seperti itu sesuai dengan warna khas baret Penerbad. Banyak yang mengakui bahwa pantai ini mirip dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Jalanan menuju pantai ini juga berupa tanah yang akan lengket sehabis hujan. Untuk masuk ke pantai ini maka Anda harus membayar Rp 5.000 saja. Pantai ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan sehingga kalau ingin menikmati pantai dalam keadaan sepi maka datanglah pada hari biasa.

Pantai Maron Semarang

@anninashori

Sudah penasaran ingin segera ke Semarang? Jika  punya waktu luang di akhir pekan maka Anda bisa berwisata ke Semarang. Jika tinggal cukup jauh dari kota ini maka bisa naik kereta kalau masih di Pulau Jawa atau dengan pesawat terutama bagi orang-orang yang tinggal di luar Pulau Jawa. Jika berada di Semarang maka jangan lupa untuk wisata kuliner lezat yang khas seperti lumpia, bandeng presto atau tahu telor. Selamat jalan-jalan!

Kepoin Yang Ini  Yuk Rekreasi ke Wisata Alam Bandungan Semarang

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.