Sensasi Keindahan Alam di Sumbawa Barat

Sensasi Keindahan Alam di Sumbawa Barat

Pulau di sebelah timur Lombok yang patut dikunjungi karena keindahannya tak kalah adalah Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki 4 kabupaten dan 2 kota yaitu kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima serta dua kota yakni Sumbawa Besar dan Bima. Atikel ini akan membahas tentang tempat wisata alam di Sumbawa Barat. Kabupaten ini terbentuk pada tahun 2003 sebagai hasil pemekaran wilayah Kabupaten Sumbawa. Jika sudah tahu keberadaan wilayah ini, sudah tahukah tentang potensi wisata alam yang dimiliki oleh Sumbawa Barat? Berikut ini beberapa objek wisata alam yang mewakili keindahan surga di Sumbawa Barat.

  • Pelabuhan Poto Tano

Wisata Alam Pelabuhan Poto Tano

@ivancs.a.

Pelabuhan ini menjadi pintu masuk wisatawan di Pulau Sumbawa yang datang dengan menyebrang melalui laut. Pelabuhan yang berada di ujung barat Sumbawa ini juga menjadi tempat berlabuh kapal-kapal dari pulau Lombok. Pelabuhan Poto Tano ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pulau-pulau kecil. Cobalah untuk istirahat sejenak di sekitar pelabuhan sambil menikmati keindahan pemandangan. Bahkan Anda juga bisa rekreasi di sekitar pelabuhan karena ada beberapa pantai kece yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

  • Pulau Kenawa

Wisata Alam Pulau Kenawa

@videolucuhaha

Jika ingin berasa menjadi orang kaya dalam waktu singkat maka datanglah ke Pulau Kenawa. Kok bisa? Karena suasana pulau ini sangat sepi sehingga merasa pulau milik sendiri. Pulau ini memang tidak berpenghuni sehingga Anda bisa menikmati keindahan pulau dengan tenang. Pemandangan pulau yang berbukit dan berumput menjadikannya sangat eksotis. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pada musim kemarau karena rerumputan akan berwarna kekuningan sehingga pulau ini menjadi sangat seksi. Walau sudah banyak orang yang tahu tentang pulau ini, namun pulau ini tetap asik untuk dikunjungi karena tetap tidak ramai. Pulau Kenawa memiliki pantai berpasir putih yang menawan dan daratannya diselimuti oleh padang savana bak permadani. Untuk sampai di pulau ini maka Anda harus menyebrang dari Pelabuhan Poto Tano dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

  • Puncak Mantar

Wisata Alam Puncak Mantar

@yunda_s.

Puncak Mantar menjadi spot favorit untuk melihat Selat Alas dan wilayah Sumbawa dari ketinggian. Ini adalah puncak dari Gunung Mantar setinggi 650 meter yang terletak di Desa Mantar. Puncak ini bisa didatangi dengan naik kendaraan , namun kondisi kendaraan harus prima karena medannya terjal. Supaya lebih aman dan jika terbiasa mendaki gunung maka lebih baik berjalan kaki untuk sampai di Puncak Mantar. Anda bisa datang kapan pun, namun sebaiknya pada pagi hari untuk melihat keindahan sunrise atau sore hari untuk melihat keindahan sunset.

  • Pantai Tropica

Wisata Alam Pantai Tropica

@anne.rmz

Pantai Tropica sesuai dengan namanya, pantai ini benar-benar memenuhi semua syarat sebagai pantai tropis. Pantai ini berada di desa Sekongkang Bawah, kecamatan Sekongkang. Pantai ini unik karena di tepi pantai ombaknya landai sehingga bisa untuk bermain air. Sedangkan di tengah laut ombaknya besar sehingga dimanfaatkan oleh wisatawan asing untuk surfing. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari karena pemandangan sunset akan terlihat sangat indah. Pada sore hari tak heran jika pantai ini cukup ramai karena didatangi oleh wisatawan lokal, mancanegara, dan warga lokal yang berprofesi sebagai nelayan yang akan melaut.

  • Pantai Lawar

Wisata Alam Pantai Lawar

@aline_adita

Pantai Lawar menawarkan ketenangan karena belum banyak orang yang tahu keberadaan tempat ini. Pantai ini terletak di desa Sekongkang, kecamatan Taliwang. Sebelum memasuki area pantai, para pengunjung akan disambut oleh dua tebing yang mengapit pantai ini. Biasanya pantai ini ramai dikunjungi oleh rombongan bule yang naik  speedboat karena keindahan pantai ini lebih diketahui oleh mereka. Jika butuh kesunyian maka Anda harus datang ke pantai ini karena terjamin kebutuhan Anda pasti terpenuhi. Untuk urusan perut tidak usah khawatir karena di dekat pantai ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

  • Air Terjun Jereweh

Wisata Alam Air Terjun Jereweh

@riyan_hkara

Air Terjun Jereweh memiliki ciri yang berbeda dari kebanyakan air terjun lain di Indonesia sehingga air terjun ini memang sangat unik. Air yang berjatuhan tidak beraturan dan aliran air tersebut jatuh dari tebing batu yang berundak-undak serta berongga seperti gua. Benar-benar mewakili keindahan Sumbawa secara keseluruhan. Pepohonan besar dan tinggi dengan akar yang merambat di bebatuan tumbuh di sekitaran air terjun sehingga membuat pemandangan benar-benar sempurna. Air terjun cantik ini terletak di Taliwang yang merupakan ibukota Sumbawa Barat. Air terjun ini berjarak sekitar 48 km dari pelabuhan Poto Tano yang bisa ditempuh selama 30 menit.

  • Pantai Benete

Wisata Alam Pantai Benete

@srisariyati

Pantai Benete merupakan salah satu tempat terbaik untuk wisata kuliner karena terkenal dengan hidangan seafood yang sangat nikmat. Pantai ini lokasinya dekat dengan area tambang Batu Hijau, PT Newmont Nusa Tenggara. Tak hanya wisata kuliner, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Benete secara visual. Bagaikan mendayung dua tiga pulau terlampaui, sembari mengisi perut bisa melihat pemandangan pantai. Uniknya, pantai ini tidak berpasir putih tetapi pasirnya bercampur dengan pasir hitam. Walau pasir pantaimya kurang menarik, namun pemandangan sekitarnya sangat menarik. Terdapat perbukitan yang menghijau di sebrang pantai ini. Jadi tetap saja pantai ini wajib dikunjungi.

  • Pantai Rantung

Wisata Alam Pantai Rantung

@thelangkahtravel

Butuh suasana pantai yang romantis? Anda harus datang ke Pantai Rantung bersama pasangan. Pantai Rantung terletak di kecamatan Sekongkang Bawah. Ukuran pantai ini tidak terlalu luas namun pelukan perbukitan dan laut yang tenang menjadikan pantai ini sangat romantis terutama saat hari menjelang malam. Pantai ini memang sangat pas untuk melihat keindahan sunset. Di tepi pantai ini terdapat bar yang menjual aneka minuman biasa hingga minuman beralkohol. Tak jarang pantai ini ramai didatangi wisatawan asing terutama bule. Tak banyak yang bisa dilakukan di pantai ini, cukup berdiam diri atau berjalan menyusuri tepi pantai pasti akan memberikan kebahagiaan di hati Anda. Nuansa pantai ini seolah dirancang untuk honeymoon karena keindahannya juga mendukung.

  • Pantai Perawan

Pantai perawan di Sumbawa Barat bernama Aik Kangkung. Jika suka dengan ketenangan maka pantai ini akan memuaskan Anda dengan senang hati. Lokasinya di dekat tambang PT. Newmont Nusa Tenggara sehingga cukup terpencil dan belum banyak diketahui orang. Akses jalan menuju ke sana tidak sulit, jadi tidak perlu khawatir akan tersesat atau kendaraan tidak bisa melintas. Hampir sepanjang garis pantai masih suci dari jejak kaki manusia sehingga pantai ini dijuluki pantai perawan. Garis pantai yang sangat panjang dan air laut yang super jernih menjadi suguhan mewah di pantai ini. Anda bisa berjalan menyusuri pantai, walau pasti tidak akan bisa mencapai secara keseluruhan. Jika ingin berlama-lama di pantai ini maka Anda harus membawa bekal makanan dan minuman. Kenapa? Karena tidak ada warung di sekitar pantai ini. Pantaslah jika pantai ini memang masih perawan.

Kepoin Yang Ini  Pulau Lombok, Lambang Kecantikan Alam yang Hakiki

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.