Si Bau-Bau yang Menyebarkan Kewangian Alam

Si Bau-Bau yang Menyebarkan Kewangian Alam

Pulau Buton di Sulawesi Tenggara sangat terkenal dengan produk aspalnya ini memiliki sebuah kota bernama Baubau memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah. Baubau resmi menjadi kota pada tanggal 21 Juni 2001 yang sama tanggal dan bulannya dengan ulang tahun Jakarta. Baubau dan Jakarta berarti berulang tahun di tanggal dan bulan yang sama. Jika ingin berwisata ke Baubau maka Anda harus terbang menuju Kendari yang merupakan ibukota Sulawesi Tenggara. Jika tinggal di area Sulawesi Utara maka Anda cukup menyebrang dengan kapal laut menuju Pulau Buton. Biar tidak penasaran seperti apa tempat wisata di Baubau, berikut ini beberapa tempat yang harus dikunjungi.

  • Pantai Nirwana

Wisata Alam Pantai Nirwana

@nindheeta

Pulau Sulawesi dikenal dengan keindahan bawah lautnya dan pantai yang tak kalah cantik. Terdapat sebuah pantai cantik berpasir putih yang digemari oleh masyarakat setempat bernama Pantai Nirwana. Pantai sepanjang 4 km ini memiliki air laut yang sangat biru dan senada dengan warna langit. Nirwana yang berarti surga atau tempat tinggal para bidadari. Pantai ini benar-benar seperti surga, walau ramai dikunjungi tetapi pantai ini tetap bersih. Pantai ini mudah diakses dengan berkendara sekitar 15 menit saja dari pusat kota Baubau. Mudah untuk dijangkau menjadi salah satu faktor pendukung sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang lokal maupun dari luar Baubau.

  • Pantai Kamali

Wisata Alam Pantai Kamali

@muftiarifin

Jika Makasar punya Pantai Losari, Baubaru juga punya pantai bernama Pantai Kamali. Kedua pantai itu memiliki kesamaan yaitu berada di pusat kota dan terdapat semacam alun-alun tempat berkumpul warga setempat. Namun alun-alun di Pantai Kamali lebih unik karena di tengah-tengahnya ada monumen naga yang merupakan maskot dari Kota Baubau. Tidak hanya berwisata pantai, Anda juga bisa sekaligus wisata kuliner dengan memesan jajanan murah meriah khas Baubau karena di pinggir pantai ini ada banyak warung makan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini pada sore hari karena bisa mengamati kehidupan masyarakat setempat yang berkumpul di alun-alun dan pantai ini sembari menunggu matahari terbenam. Pemandangan sunset di panti ini sangat indah. Pantai Kamali memiliki berbagai fasilitas termasuk hotspot yang bisa dipakai untuk upload foto di sosmed supaya bisa pamer ke banyak orang bahwa Anda sedang berada di Pantai Kamali.

  • Pantai Lakeba

Wisata Alam Pantai Lakeba

@its_aivee

Pantai Lakeba tidak kalah menarik dengan pantai lainnya sehingga wajib untu dikunjungi. Pantai ini juga memiliki keunikan berupa dermaga kayu yang menjorok ke laut sehingga pantai ini menjadi Instagramable. Keberadaan jembatan tersebut menjadi ikon yang mencirikan bahwa itu adalah Pantai Lakeba. Siapapun yang melihat gambar foto ini akan tahu itu pantai apa. Spot foto terbaik dan paling mainstream di pantai ini adalah di pinggir pantai dan dermaga. Anda wajib pamer foto sedang di Pantai Lakeba agar teman-teman atau siapapun yang melihat foto Anda menjadi ingin berkunjung ke pantai ini juga. Biasanya pantai lebih asyik dikunjungi pada sore hari menjelang sunset namun tidak dengan pantai ini. Pantai Lakeba lebih menarik untuk dikunjungi pada malam hari. Lampu-lampu kecil dari kapal penangkap ikan yang lalu lalang menjadi pemandangan yang indah dan romantic sehingga sangat tepat untuk menghabiskan malam bersama pasangan di pantai ini. Duduk manis di pinggir pantai atau di cafe-cafe menjadi pilihan yang ciamik karena Anda bisa berasa di Bali atau Lombok. Pemda Baubau dan masyarakat setempat memang niat untuk memajukan pantai ini dan membuatnya lebih terkenal.

  • Bukit Palatiga

Wisata Alam Bukit Palatiga

Wisata Alam Bukit Palatiga

Selain pantai, Baubau juga punya destinasi wisata lainnya berupa bukit. Namun tetap saja yang akan dilihat adalah keindahan laut atau pantai. Bukit Palatiga adalah tempat yang dimaksud, dari bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan laut di bagian selatan Pulau Buton. Bukit ini telah dirancang dan dibangun sedemikian rupa sehingga posisinya sangat pas untuk menikmati pemandangan laut. Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini pada sore hari. Mengapa? Karena matahari sudah tidak menyengat dan pemandangan laut menjadi sangat syahdu. Undakan-undakan dan tiang-tiang lampu di sepanjang bukit membuatnya semakin indah dan enak untuk dilihat. Dari atas bukit, Anda bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sambil memandangi keindahan laut lepas. Aduhai, sungguh keindahan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bukit ini berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Baubau sehingga tak butuh waktu lama untuk sampai di sana.

  • Gua Lakasa

Wisata Alam Gua Lakasa

@hijahsuryawati

Baubau juga punya gua yang sangat indah. Gua yang indah dan terkenal itu bernama Lakasa. Gua ini memiliki daya tarik berupa air yang mengkristal sehingga berubah menjadi batu yang berada di langit-langit gua sehingga membentuk stalaktit. Keindahan stalaktit itu berada di kedalaman sekitar 120 meter. Terdapat kubangan air di dalam gua sehingga untuk mencapai keindahan stalaktit tersebut harus berenang atau berjalan di air. Airnya yang dingin pasti membuat Anda sedikit bergidik, apalagi kondisi gua yang temaram. Lokasi gua ini berjarak sekitar 9 km dari pusat Kota Baubau, lebih tepatnya berada di Kecamatan Betoambari

  • Air Terjun Samparona

Wisata Alam Air Terjun Samparona

@shary_chasae

Baubau memiliki beberapa kawasan wisata air terjun yang sangat indah. Salah satunya adalah Air Terjun Samparona yang terletak di kecamatan Sorawolio. Air terjun ini berjarak sekitar 13 dari pusat kota Baubau. Air Terjun Samparona berada di alam terbuka dengan suasana alam yang indah seperti air terjun pada umumnya. Untuk sampai di lokasi air terjun ini, para pengunjung harus berjalan melewati jalan setapak di antara perkebunan dan persawahan. Perjalanan menuju air terjun ini saja sudah indah, apalagi kalau sudah sampai di lokasi air terjunnya. Air terjun setinggi sekitar 100 meter ini memiliki debet air yang sedang atau tidak deras sehingga air terjun sangat cocok untuk bermain air, mandi atau berenang. Satu yang pasti, airnya sangat segar dan menyegarkan.

  • Air Terjun Tirtarimba

Wisata Alam Air Terjun Tirtarimba

@munez_ingky

Baubau juga masih punya air terjun indah lainnya yaitu Air Terjun Tirtarimba. Air terjun ini jauh lebih kerena karena memiliki bentuk yang unik seperti payung jika dilihat dari kejauhan. Air terjun yang berada di sebuah hutan lindung ini sudah pasti berudara sejuk. Air yang mengalir deras dengan suara keras menjadi semacam terapi jiwa untuk para pengunjung. Siapapun akan merasa damai saat berada di sana. Air terjun ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Baubau sehingga tidak butuh waktu lama untuk sampai di air terjun ini. Tidak terlalu tinggi namun cukup lebar dan unik sudah pasti akan membuat siapapun yang datang ingin menceburkan diri ke dalam kolam alami di sana. Kesegaran dan kesejukan menjadi perpaduan yang sangat indah. Benar-benar harmoni alam yang akan membuat Anda merasa bahagia.

Kepoin Yang Ini  Sejarah dan Wisata Pulau Labengki di Konawe Utara

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.