Sisi Lain Toraja Dengan Keindahan Alam yang Belum Tersingkap

Tempat Wisata Terkenal di Toraja

Toraja, sebuah daerah di Sulawesi Selatan yang lebih terkenal dengan kebudayaannya terutama budaya tentang pesta kematian. Toraja ternyata memiliki sisi lain yang belum banyak diketahui berupa keindahan alam. Tidak selalu berkaitan dengan Tongkonan dan Rambu Solo, Toraja juga harus dikenal dengan keelokan panorama alamnya. Toraja memiliki area persawahan cantik yang berundak-undak seperti sawah yang terkenal di Ubud Bali. Toraja juga memiliki air terjun yang deras dan jernih, pegunungan dan bukit hijau yang indah serta udara sejuk dan langit yang bersih tanpa polusi. Artikel ini akan menceritakan tentang beberapa objek wisata alam yang harus dikunjungi saat berada di Toraja.

  • Area Perbukitan Ollon

Wisata Bukit Ollon Toraja

@toraja_lands

Area Perbukitan indah di Desa Bau, Bonggakadeng, Toraja Utara ini sedang hits dan digemari. Semua kalangan tanpa memandang usia bahkan anak-anak pasti suka berwisata ke tempat ini. Ollon, memiliki bukit-bukit hijau nan cantik yang sedap dipandang mata. Ada bukit yang dinamakan bukit teletubbies karena bentuknya memang mirip dengan bukit yang ada di film teletubbies. Hamparan padang rumput yang luas semakin mempercantik pemandangan tempat ini. Deretan lembah dan bukit yang dibelah oleh sungai besar, kawanan kuda yang sedang merumput semakin membuat Anda betah berlama-lama di sini. Keindahan ini tidak boleh terlewatkan karena sulit untuk melupakan tempat ini jika sudah pernah berkunjung ke sana. Kekurangan dari tempat ini adalah sarana dan prasarana yang masih belum memadai sehingga sangat disarankan untuk membawa makanan dan minuman jika ingin berkemah di sini.

Bukit Ollon Toraja

@spot.sulawesi

objek wisata ollon kabupaten tana toraja

@gunungdanpendaki

Lokasi ini hanya bisa ditempuh dengan kendaraan yang disewa seperti motor atau mobil karena tidak ada kendaraan umum yang melintasi desa ini. Jalanan menuju tempat ini juga belum baik karena masih banyak jalan yang berlubang. Menurut pengakuan masyarakat setempat, jalanan di sana dibangun dengan swadaya masyarakat tanpa bantuan pemerintah sehingga untuk perbaikan jalan mereka sangat berharap kepada pemerintah daerah. Tempat ini lebih baik ditempuh dari Makale dengan durasi perjalanan sekitar satu jam.  Jalan menuju tempat ini tidak mudah untuk dilalui sehingga Anda harus menyewa jeep atau motor trail. Anda pasti akan merasa seperti berwisata ke Bromo karena harus menumpangi jeep. Bagi pecinta alam jika ingin menikmati keindahan Ollon lebih lama maka sebaiknya membawa tenda untuk camping ceria bersama teman atau keluarga.

  • Lolai, Negeri di Atas Awan

lolai negeri diatas awan toraja

@renypoly

Negeri di awan adalah julukan yang sangat tepat untuk daerah ini. Desa cantik yang berada di pegunungan ini sangat layak untuk dijadikan tempat berburu sunrise yang indah. Puncak yang menjadi tempat tertinggi desa ini berada pada ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Lolai berlokasi sekitar 20 kilometer dari Rantepao, ibukota Toraja Utara. Lebih tepatnya desa ini berada di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Keindahan alam dan awan tebal di area ini sangat eksotis sehingga sangat cocok untuk dinikmati sambil minum minuman hangat. Tongkonan Lempe dan kopi khas Toraja menjadi ciri khas tempat ini. Tongkonan Lempe di sini berbeda karena tongkonan di sini dibuat berwarna-warni, sedangkan di desa lainnya tongkonan hanya berwarna coklat sesuai warna bamboo dan kayu digunakan.

puncak lolai toraja

@fiojacklyn

Rumah Tongkonan milik warga kampung itu juga bisa disewa sebagai homestay wisatawan, sesuai kesepakatan dengan pemilik rumah. Belum ada tarif khusus yang diatur karena Kampung Lolai belum dikelola oleh pemerintah setempat. Namun, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di puncak Lolai dan bermalam di tempat jika tak ingin melewatkan suasana siang dan malam. Untuk wisatawan yang ingin menggunakan fasilitas elektronik, jangan khawatir. Meski berada di pelosok, aliran listrik sudah masuk di Kampung Lolai.

  • Batutumonga

objek wisata batutumonga toraja

@dw_ulf

Daerah untuk melihat kota Rantepao dari ketinggian bernama Batutumonga. Desa yang berada di atas Gunung Sesean ini pantas untuk dikunjungi. Anda bisa melihat jelas Tongkonan, sawah, bahkan menhir yang merupakan bangunan besar yang terbuat dari batu. Desa ini sama halnya dengan Lolai memiliki spot sunrise luar biasa bagaikan negeri di atas awan yang diselimuti kabut dan awan tebal. Jika ingin pergi ke desa ini maka Anda bisa naik kendaraan umum berupa mobil pribadi dari Terminal Bolu.

lokasi batutumonga

@miraclecious

Tempat terbaik dari desa ini ada di Desa Baik yang memiliki pemandangan indah serta  tongkonan yang tersusun rapi di atas bukit. Betapa sejuk dan segarnya udara di desa ini tidak akan bisa ditemukan di perkotaan. Jika ingin merasakan keheningan malam dan keindahan desa ini lebih lama maka Anda bisa menginap di homestay dengan harga yang cukup murah.  Jalanan di Batutumonga berkelok-kelok dan banyak yang rusak sehingga harus menyiapkan diri agar tidak mabuk perjalanan. Bulan terbaik untuk mengunjungi daerah ini yaitu Maret hingga Agustus karena Anda akan melihat areal persawahan hijau dan menguning karena mendekati waktu panen.

  • Air Terjun Tujuh Tingkat

air terjun sarambu toraja

@hao_noah

Air terjun yang bernama Sarambu Marintang ini memiliki tujuh tingkat. Air terjun ini terletak di Desa Kalean Tana Toraja. Air terjun ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Makale. Untuk menuju tempat ini maka pergilah ke arah Toraja Selatan menuju Desa Pa’ Tengko lalu belok kiri ke arah Simbuang. Jalanan menuju air terjun ini cukup bagus dan luas sehingga bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Anda bisa menikmati ketujuh tingkatan air terjun ini karena terdapat batu-batu besar yang bisa dipanjat untuk mencapai puncak tertinggi dari air terjun ini.

air terjun sarambu kabupaten tana toraja sulawesi selatan

@visit.luwu

Deras dan jernihnya air pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Berfoto dari arah mana pun akan terlihat indah karena semua sisi air terjun ini menakjubkan. Jika bingung dengan rute menuju tempat ini sebaiknya bertanya kepada warga setempat namun sangat disarankan agar tidak bertanya kepada orang yang sudah tua karena umumnya mereka tidak bisa berbahasa Indonesia. Ingin merasakan kesegaran air di Toraja? Kunjungilah air terjun ini agar puas bermain air.

  • Air Terjun Sarambu Assing

Air Terjun Sarambu Assing

@visit_sulsel

Air terjun indah yang harus dikunjungi selanjutnya adalah Sarambu Assing. Terletak di Desa Patongloan Tana Toraja yang bisa ditempuh selama satu hingga dua jam dari kota Makale.  Kendaraan yang digunakan untuk menuju air terjun ini sebaiknya motor karena jalannya sempit. Kendaraan roda empat hanya bisa parkir di pinggir jalan raya. Sarambu Assing masih virgin karena belum banyak yang tahu tempat ini karena tergolong masih tersembunyi.

Wisata Air Terjun Sarambu Assing Toraja

@alfian_bangngabua

Panorama pegunungan dan pepohonan lebat menjadikan area ini sangat indah dan sejuk. Air terjun yang jernih dan deras berasal dari hutan yang lebat. Bagi para pecinta alam bisa berkemah di sekitar air terjun ini karena tersedia lokasi perkemahan.

Kepoin Yang Ini  Eksotisme Bulukumba dengan Pantai Berpasir Putih

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.