Sudut Timur Pulau Jawa yang Tertular Keindahan Bali

Sudut Timur Pulau Jawa yang Tertular Keindahan Bali

Sudut timur atau daerah paling timur di Pulau Jawa yang dekat dengan Pulau Bali adalah Banyuwangi. Keindahan alam Bali bagaikan menular ke Banyuwangi karena banyak sekali objek wisata alam di daerah ini. Lokasinya yang bersebelahan dengan Bali dan menjadi titik penyebrangan melalui laut ke Pulau Bali sering dijadikan tempat persinggahan oleh para wisatawan. Para wisatawan pada awalnya hanya berniat untuk singgah namun justru jatuh cinta dengan Banyuwangi. Pesonanya berderetan seolah memanggil banyak orang untuk datang. Supaya Anda tidak bingung untuk memilih objek wisata mana maka ikuti terus artikel ini sampai selesai. Berikut ini beberapa objek wisata unggulan di Banyuwangi.

  • Pantai Pulau Merah

Wisata Alam Pantai Pulau Merah

@videolucuhaha

Pulau Merah yang berada di selatan Banyuwangi tepatnya di Desa Sumber Agung benar-benar memiliki pemandangan yang ikonik dan selalu terngiang dalam benak. Bukit yang berada di tengah laut menjadi ciri khas yang membuat setiap orang pasti tahu bahwa itu Pantai Pulau Merah saat melihat gambarnya. Pantai sepanjang 3 km ini begitu indah karena lautnya yang memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk dijadikan tempat berselancar (surfing). Pantai ini bahkan pernah dijadikan lokasi lomba surfing international pada tahun 2013. Jika suka berselancar namun tidak membawa papan selancar maka bisa menyewa seharga Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per papan yang harganya berubah-ubah tergantung kondisi.

Tersedia gazebo-gazebo berwarna kemerahan yang bisa disewa untuk menikmati suasana pantai. Jika beruntung biasanya pada akhir tahun atau awal tahun diadakan festival adat seperti tarian khas Banyuwangi semakin membuat pantai ini sangat menarik.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini pada sore hari karena momen matahari tenggelam akan terlihat jelas berwarna kemerahan yang menjadi penyebab pulau di tengah laut pantai ini diberi nama Pulau Merah. Dahulu pantai ini bernama Ringin Pitu namun karena hal yang sudah dijelaskan tadi menjadi lebih dikenal dengan nama Pantai Pulau Merah. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu berenang atau snorkeling yang tidak usah khawatir karena ada life guard yang bertugas, bermain voli pantai, atau menyusuri Pulau Merah dengan menyewa perahu nelayan. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan menuju pantai ini karena waktu yang ditempuh sekitar 2,5 jam. Harga tiket masuk pantai ini sebesar Rp 10.000 per orang tergantung hari kunjungan sehingga harga bisa berubah-ubah.

  • Kawah Ijen

Wisata Alam Kawah Ijen

@osingbanyuwangi

Kawah Ijen yang terkenal dengan fenomena blue fire ini selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan. Untuk melihat fenomena kawah tersebut maka Anda harus mendaki dari malam hari sekitar pukul 1 atau 2 malam karena waktu untuk mendaki gunungnya sekitar 2 hingga 3 jam tergantung kecepatan setiap orang. Fenomena tersebut bisa dilihat sekitar pukul 3 pagi sehingga semakin cepat Anda berjalan maka kemungkinan untuk melihat blue fire semakin besar. Popularitas Kawah Ijen sudah mendunia sehingga tak heran akan banyak wisatawan asing yang datang ke sana. Cagar Alam Wisata Ijen ini seluas 2.560 hektar yang meliputi kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung Ijen merupakan gunung berapi yang aktif sehingga kawah yang tersohor itu memang terbentuk akibat erupsi gunung yang dahsyat. Panorama air kawah yang berwarna hijau dan asap belerang menjadi pesona yang sangat diincar oleh para traveler terutama untuk kepentingan berfoto. Dinginnya udara akan menemani sepanjang perjalanan Anda terutama pada malam hingga pagi hari.

Kepoin Yang Ini  Probolinggo, Wisata Alam Ciamik yang Tak Terungkap

Pendakian sejauh 3 km dimulai dari Paltuding yang merupakan pos penjagaan tempat wisata ini dengan membayar karcis masuk sebesar Rp 5.000 per orang untuk turis lokal dan Rp 100.000 untuk turis asing. Saat pendakian pasti Anda akan bertemu dengan para penambang belerang yang menjadi ciri khas tempat ini. Anda bisa mengabadikan para penambang tersebut dan mereka juga menawarkan jasa untuk mendorong Anda sampai ke puncak dengan gerobak yang biasa digunakan untuk menambang belerang, Jadi untuk Anda yang tidak kuat menanjak bisa memakai jasa mereka untuk menambah penghasilan. Jika ingin datang ke tempat ini sebaiknya menyewa jeep seperti saat berwisata ke bromo atau menyewa mobil biasa tergantung banyak orang dalam rombongan Anda.

  • Pantai Mustika (Pantai Pancer)

Wisata Alam Pantai Mustika

@nindifadilatus

Pantai Mustika atau yang dikenal dengan nama Pantai Pancer ini terletak di dekat Pantai Pulau Merah, jika ingin menuju Pulau Merah maka Anda akan melewati pantai ini terlebih dahulu. Pantai ini lebih sepi daripada pantai tetangganya karena belum terlalu terkenal. Harga tiket masuknya juga sangat murah yakni hanya Rp 2.000 per orang. Pantai ini sebenarnya indah juga kalau lebih terawat seperti Pantai Pulau Merah. Pantai ini diberi nama Pantai Mustika karena konon pada zaman dahulu Ratu Kidul pernah datang ke pantai ini dan mustikanya tertinggal. Berkat mustika tersebut dipercaya membuat pantai ini menjadi lebih indah. Terletak di dataran rendah yang landai sehingga ombak pantai ini jauh lebih tenang dan suasananya rindang karena banyak pepohonan di pinggir pantai.

  • Teluk Hijau (Green Bay Beach)

Wisata Alam Teluk Hijau

@ekomahardi

Teluk Hijau atau yang lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris Green Bay ini memang sangat indah sehingga wajib dikunjungi saat berada di Banyuwangi. Diberi nama Teluk Hijau karena daratannya yang menjorok ke laut dengan air berwarna kehijauan yang bening. Pantai Teluk Hijau ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri Desa Sorongan. Untuk sampai di tempat ini memakan waktu sekitar 2 jam dari Kota Banyuwangi melalui darat. Green Bay juga bisa dicapai melalui jalur laut dari Pantai Rajegwesi dengan menyewa perahu. Pantai ini disebut pantai perawan karena belum banyak yang datang ke pantai ini karena aksesnya yang jauh.

Kepoin Yang Ini  Pesona Wisata Pantai Boom Tuban dan Harga Tiket Masuknya

Jika ingin datang ke tempat ini sebaiknya menyewa mobil yang beroda tinggi karena akses jalannya cukup menantang. Bisa juga naik motor karena bisa melewati jalur alternatif yang lebih cepat. Biaya masuk ke pantai ini sekitar Rp 10.000 per orang tanpa perbedaan hari dan dari mana turis berasal. Untuk tiba di lokasi pantai ini harus trekking melewati bukit karena kendaraan hanya bisa diparkir pada area yang sudah disediakan. Tarif parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000 tanpa hitungan jam. 

  • Taman Nasional Baluran

Wisata Alam Taman Nasional Baluran

@mbolangjatim

Taman Nasional Baluran yang dikenal dengan sebutan Little Africa ini memang mirip dengan Afrika karena area pada rumput yang luas dan dihuni dengan banyak binatang mamalia seperti rusa, banteng, dan kerbau. Savanna atau padang rumput di area ini merupakan savanna terluas di Pulau Jawa yakni 10.000 hektar dengan latar belakang panorama Gunung Baluran yang indah. Letak Baluran di Desa Wonorejo yang sebenarnya masuk wilayah Situbondo tetapi lebih dekat dari Banyuwangi sehingga lebih dikenal sebagai objek wisata Banyuwangi. Harga tiket masuk untuk turis domestik sebesar Rp 15.000 per orang dan untuk turis asing sebesar Rp 150.000 per orang. Sebaiknya menyewa kendaraan untuk datang ke tempat ini karena rutenya cukup sulit.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.