Sumba Barat Daya Pasti Mengalihkan Duniamu

Sumba Barat Daya Pasti Mengalihkan Duniamu

Sumba, sebuah daerah di Nusa Tenggara Timur yang memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Jika datang ke Sumba, mungkin Anda akan lupa dengan keindahan Bali dan Lombok. Destinasi anti mainstream ini sedang populer karena banyak artis dan selebgram yang berwisata ke sana. Infrastruktur wisata di Sumba belum selengkap di Bali atau Lombok, tetapi kepuasan Anda akan maksimal. Sumba terbagi menjadi beberapa bagian, kali ini daerah yang akan dibahas adalah Sumba Barat Daya. Sumba Barat Daya memiliki Pasola sebagai ikon budaya. Untuk lebih tahu lebih dalam tentang daerah ini maka baca terus artikel ini hingga selesai. Berikut objek wisata unggulan di Sumba Barat Daya. 

  • Desa Adat Ratenggaro 

Wisata Alam Desa Adat Ratenggaro 

@tukang_jalan

Desa adat Ratenggaro termasuk wilayah Desa Umbo Ngedo Kecamatan Kodi Bangedo yang berjarak sekitar 40 km dari Tambolaka. Belum ada angkutan umum yang mencapai lokasi ini sehingga Anda harus menyewa mobil atau jasa travel dari Tambolaka. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai desa ini dari Tambolaka sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan dengan akses jalan yang sudah beraspal. Berada di kawasan desa adat ini akan membuat Anda seperti kembali ke zaman megalithikum karena terdapat banyak kuburan batu tua. Nama Ratenggaro berasal dari kata ‘Rate’ yang berarti kuburan dan ‘Garo’ yang artinya orang-orang Garo. Konon dahulu desa ini dihuni oleh suku Garo, sebagian besar orang Garo tewas karena perang antar suku pada waktu itu. Ada 304 kubur batu dan 3 dari 304 kuburan itu berbentuk unik serta lokasinya di pinggir laut.

Desa adat ini memiliki keunikan lainnya yaitu rumah adat yang bernama Uma Kelada. Ciri khas rumah tersebut berbentuk seperti menara yang menjulang tinggi hingga 15 meter. Atap rumah tersebut terbuat dari jerami dengan ketinggian atap ditentukan oleh status soal pemilik rumah. Rumah adat itu berbentuk rumah panggung dengan 4 tingkat. Bagian rumah paling bawah untuk tempat tinggal hewan peliharaan, tingkat pertama untuk pemilik rumah, tingkat kedua untuk menyimpan hasil panen, tingkat ketiga untuk memasak dan tempat menyimpan benda keramat, tingkat teratas untuk menyimpan tanduk kerbau sebagai simbol kemakmuran dan kemuliaan.

  • Pantai Mbawana

Wisata Alam Pantai Mbawana

@tamasyeah

Pantai Mbawana terletak di kecamatan Kodi Balagahar yang berjarak sekitar 59 km dari Bandara Tambolaka dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Pantai ini memiliki panorama yang luar biasa. Terdapat tebing bolong di sekitar pantai sehingga sangat instagramable jika ingin berfoto di sekitar sana sehingga tak mengherankan pantai ini disebut juga pantai batu bolong. Jika ingin datang ke tempat ini harus menyewa mobil yang bentuknya agak tinggi karena akses jalannya berbatu. Saat tiba di lokasi, para pengunjung harus menuruni 300 anak tangga yang tentunya akan membuat lelah saat pulang karena harus menaiki 300 anak tangga lagi.

Kepoin Yang Ini  Keindahan yang Tak Pernah Lepas dari Ende

Ketika tiba di bawah, hamparan pasir putih, air laut berwarna biru muda dan ombak yang bergulung-gulung akan menyambut kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sore hari karena sunset view di tempat ini sangat indah. Matahari terbenam akan membuat langit berwarna jingga yang memantul ke permukaan laut sehingga tebing bolong akan terlihat memesona. Bagi penyuka surfing maka bisa berselancar di tempat ini karena ombaknya cukup besar. Namun harus membawa papan selancar karena tidak ada tempat penyewaan di sana. 

  • Pantai Mandorak 

Wisata Alam Pantai Mandorak 

@videolucuhaha

Pantai Mandorak terletak di Desa Pero Batang yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Tambolaka. Seperti ke tempat-tempat lainnya di Sumba, Anda harus menyewa kendaraan untuk datang ke tempat ini. Keindahan pantai ini ada pada pasir putih yang berkilau seperti kristal dan air laut yang bening. Ombak pantai yang besar dan bergulung-gulung membuat pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Anda akan melihat perahu nelayan dan sang nelayan yang duduk bersantai setelah lelah melaut. Pemandangan yang unik dan menarik untuk diabadikan. Di atas tebing pantai ini terdapat sebuah rumah orang Perancis yang bentuknya menyerupai rumah adat khas Sumba. Belum banyak yang mengetahui keindahan pantai ini sehingga sering disebut hidden paradise oleh wisatawan asing. Jumlah wisatawan asing jauh lebih banyak daripada wisatawan domestk di pantai ini. 

  • Danau Weekuri 

Wisata Alam Danau Weekuri 

@videolucuhaha

Laguna atau Danau Weekuri wajib dikunjungi karena suguhan air danau yang sangat jernih berwarna kebiruan dan perbukitan yang menghijau akan menyambut Anda. Air danau ini unik karena air danaunya asin bercampur dengan air tawar sehingga menjadi payau sehingga warna terlihat seperti air laut. Danau ini sebenarnya terbentuk dari air laut yang merembes ke dalam danau sehingga air danau ini menjadi payau. Jika suka berenang atau bermain air maka Anda wajib menceburkan diri di danau ini untuk merasakan kesejukan dan kesegarannya. Pasalnya danau ini boleh untuk berendam atau berenang. Jika ingin datang ke tempat ini tentunya harus menyewa kendaraan karena memang tidak ada kendaraan umum di area Sumba. Dari bandara Tambolaka danau ini berjarak sekitar 60 km yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Akses jalan menuju danau ini beragam, ada yang beraspal namun ada juga yang berbatu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke danau ini menjelang sore hari. Anda bisa bermain air sambil menunggu matahari terbenam. Penantian akan benar-benar terasa luar biasa karena semua keindahan akan menjadi milik Anda. 

  • Bukit Warinding 

Wisata Alam Bukit Warinding 

@travellerindokece

Jika pernah menonton film Pendekar Tongkat Emas pasti ingat dengan pemandangan bukit yang sangat indah. Nicholas Saputra sebagai pemeran utama film tersebut kerap berada di atas bukit yang menghijau dengan bentuknya yang sangat indah. Bagaikan permadani yang menghijau, bukit ini sungguh menyegarkan mata dan pikiran. Bukit Warinding namanya, benar-benar membuat Anda merinding saat berada di sana. Lokasi bukit ini tidak sulit ditemukan karena berada di tepi jalan raya utama menuju Waingapu. Jalur trekking yang tidak sulit dan tidak panjang membuat bukit ini sangat mudah untuk didaki hingga ke puncaknya. Terdapat beberapa puncak di bukit ini dan semuanya memiliki pemandangan yang sangat indah bagaikan negeri dongeng. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini yaitu pada musim kemarau antara Juni hingga Oktober karena perbukitan ini akan berwarna kekuningan yang memukau. Jika ingin bermain di bukit ini sebaiknya datang pada pagi hari karena momen sunrise sangat indah dan sekawanan kuda di lembah savanna terlihat sedang memamah biak akan menjadi suguhan yang mewah untuk Anda.

Kepoin Yang Ini  Maluku Utara Sangat Pantas Mengutarakan Rasa

Sumba Barat Daya yang beribu kota di Tambolaka memang benar-benar indah. Perjalanan udara yang jauh dan mahal menuju daerah ini akan terbayar lunas. Sejatinya keindahan tak akan bisa diukur dengan uang yang telah dikeluarkan. Selamat menikmati keindahan Sumba Barat Daya!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.