Sumbawa Besar Menyuguhkan Bukti KebesaranNya

Sumbawa Besar Menyuguhkan Bukti KebesaranNya

Pulau Sumbawa merupakan pulau yang terdiri dari 4 kabupaten dan 2 kota menjadi juara wisata alam. Popularitasnya tidak hanya di kalangan pelancong dalam negeri, namun sudah mendunia sehingga tak usah heran jika lebih banyak lihat bule daripada wisatawan lokal. Destinasi wisata alam di pulau ini adalah kabupaten Sumbawa yang terletak di antara kabupaten Sumbawa Barat dan Dompu. Kabupaten yang memiliki ibukota Sumbawa Besar ini luas wilayahnya lebih dari 6 ribu kilometer persegi. Jadi Anda tak usah heran kalau daerah ini kaya akan destinasi wisata yang luar biasa indah dan tak tertandingi. Berikut ini beberapa objek wisata alam unggulan yang dimiliki Sumbawa.

  • Pulau Moyo

Wisata Alam Pulau Moyo

@sumbawaexplorer

Popularitas Pulau Moyo tidak kalah dengan Pulau Bali di mata masyarakat dunia. Beberapa tokoh dunia seperti mendiang Lady Diana, Mick Jagger, hingga David Beckham dan Edwin van Der Sar pernah berlibur di pulau ini. Di dalam pulau yang namanya justru asing di telinga warga Indonesia ini terdapat sebuah resort mewah bernama Amanwana Resort. Biaya menginap per malam sangat spektakuler sehingga hanya orang-orang kaya yang mampu menginap di sana. Pulau ini memiliki banyak tempat liburan seru sehingga kegiatan outdoor menjadi pilihan utama. Ingat ya, Pulau Moyo nan eksotis ini berada di kabupaten Sumbawa walau letaknya terpisah dari Pulau Sumbawa utama.

Jika berada di Pulau Moyo, jangan sampai lupa untuk mengunjungi Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini terletak di tengah hutan Pulau Moyo yang tepatnya berada di dusun Oiramu, desa Labuhan Aji, kecamatan Labuhan Badas. Air Terjun Mata Jitu ini memiliki sumber air yang sangat jernih dan menyegarkan. Karakteristik utama dari air terjun itu yang diingat oleh banyak orang yaitu 3 undakan dengan kolam berwarna hijau jernih. Benar-benar suguhan mewah bagaikan surga. Kebersihan air terjun ini sangat diperhatikan sehingga kolam air alami tersebut tidak boleh dijadikan tempat untuk berendam. Ada tempat pemandian khusus yang telah disediakan jika para pengunjung ingin bermain air.

Kepoin Yang Ini  Gili Gili Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Masih berada di Pulau Moyo, Pantai Ai Manis memang semanis namanya. Pantai ini memiliki taman bawah laut yang sangat indah karena masih terjaga kelestariannya. Pantai Ai Manis memiliki pasir putih yang lembut, terumbu karang yang subur, dan ikan-ikan tropis yang berlimpah. Pantai ini belum seramai pantai-pantai lainnya sehingga Anda pasti benar-benar merasa seperti ada di surga. Kesunyian dan keindahan menjadi sebuah kepastian yang disuguhkan oleh pantai ini. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang wajib dilakukan untuk melihat sendiri keindahan bawah lautnya. Jika ingin puas menjelajahi setiap sudut pantai ini maka Anda bisa menginap dengan berkemah di tepi pantai.

  • Gili Keramat dan Gili Bedil

Wisata Alam Gili Keramat dan Gili Bedil

@jelajahsumbawa

Duo Gili yaitu Gili Keramat dan Gili Bedil wajib menjadi tujuan kunjungan Anda. Dua pulau mungil ini sedang hits dan mulai ramai dikunjungi karena keindahannya mengimbangi Tiga Gili di pulau Lombok. Kedua gili ini terletak di wilayah desa Labuhan Padi, kecamatan Utan. Dua pulau ini berdekatan, letaknya hanya terpisah oleh selat yang sempit. Keduanya memiliki alam bawah laut yang begitu indah karena berada pada satu laut. Untuk itu aktivitas snorkeling atau diving tidak boleh luput dari daftar Anda. Sangat rugi jika sudah ada di pulau-pulau mungil ini tetapi tidak menyelami keindahan bawah lautnya. 

  • Air Terjun Agal

Wisata Alam Air Terjun Agal

@rinowahyupradana

Air terjun ini terletak di Kecamatan Alas yang berjarak sekitar 23 kilometer dari Pelabuhan Poto Tano. Air Terjun Agal berada di punggung sebuah gunung bernama sama dengan air terjun ini. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus trekking selama 2 jam. Air terjun ini bertingkat dengan jumlah tingkatan mencapai 10 buah dengan tinggi setiap tingkatnya antaraa 3 hingga 7 meter. Pada setiap tingkatnya terdapat kolam yang airnya murni dan dingin. Air terjun ini belum dikelola secara profesional sehingga suasana alami dan menyegarkan pasti Anda rasakan.

  • Pulau Bungin

Wisata Alam Pulau Bungin

@thelangkahtravel

Tahukah Anda pulau apa yang paling padat ditinggali manusia di dunia? Pulau itu ada di Indonesia yang termasuk wilayah Sumbawa bernama Pulau Bungin. Pulau ini terletak di kecamatan Alas sekitar 70 km dari kota Sumbawa Besar. Pantas saja pulau ini dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia karena pulau kecil ini dihuni oleh 14 ribu jiwa per kilometer perseginya. Tak heran jika dilihat dari angkasa wilayah pulau ini hanya berisi bangunan yang tak menyisakan ruang terbuka. Benar-benar padat! Bahkan tak ada lahan untuk pepohonan sama sekali. Kawasan padat penduduk biasanya dihadapkan dengan berbagai masalah terutama masalah keamanan. Namun tidak dengan Pulau Bungin, pulau ini sangat damai karena masyarakatnya hidup tenang tanpa kejahatan. Keunikan pulau ini yaitu mayoritas penduduk yang tinggal di pulau ini adalah suku Bugis dan Mandar dari Sulawesi walau lokasinya ada di Sumbawa. Jika butuh sesuatu yang unik dan berbeda dari liburan Anda maka wajib datang ke pulau ini. Coba buktikan sendiri tentang fakta yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Pantai Kencana

Wisata Alam Pantai Kencana

@m.law

Pasti tak asing dengan ungkapan, ‘Santai kayak di pantai’ bukan? Jika ingin melakukan hal sesuai ungkapan tersebut maka datanglah ke Pantai Kencana di Sumbawa. Pantai ini berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar. Ciri khas pantai ini yaitu berbentuk seperti teluk yang melengkung. Tak hanya itu, pada setiap ujung lengkungan juga memiliki karakter yang berbeda. Di ujung kiri hanya berupa rimbunan pohon dengan pasir putih yang menawan. Sedangkan pada ujung lengkungan di sebelah kanan terdapat gugusan karang yang begitu gagah. Air laut di Pantai Kencana juga sangat jernih sesuai dengan ciri khas pantai-pantai yang ada di Sumbawa. Ombak yang tenang dan air yang jernih pasti membuat semua orang betah berlama-lama di pantai ini, namun waktu yang dihabiskan pasti lebih banyak di laut. Semua pengunjung pasti langsung ingin menceburkan diri ke laut karena lautnya begitu menggoda.

  • Teluk Saleh

Wisata Alam Teluk Saleh

@rastukaryana

Teluk Saleh harus diunggulkan namanya karena pulau-pulau tropis di kabupaten Sumbawa sebagian besar berkumpul di perairan teluk ini. Namun justru banyak yang tidak menyadari nama teluk ini. Teluk Saleh merupakan perairan di utara Sumbawa yang sangat luas. Terdapat banyak pulau kecil ini teluk ini yang sering dijadikan destinasi kunjungan dalam kegiatan islands hopping. Teluk ini memiliki kekayaan alam bawah laut yang luar biasa untuk kepentingan wisata seperti snorkeling dan diving, hingga ikan yang besar dan lezat yang telah diekspor ke berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, air laut di teluk ini sangat jernih bagaikan cermin. Pulau-pulau yang berada di atas perairan teluk tersebut terpantulkan wujudnya di permukaan air. Benar-benar teluk surga yang harus diketahui nama dan keberadaannya.

Kepoin Yang Ini  Tempat Wisata Bersejarah di Mataram ini Tak Boleh Anda Lewatkan

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.