Surga yang Dirindukan di Sumba Timur

Surga yang Dirindukan di Sumba Timur

Surga sepertinya nama yang cocok untuk Sumba. Keindahan alam dalam berbagai bentuk membuat semua orang akan merasa kagum dan enggan untuk beranjak dari posisinya. Akan timbul rasa rindu yang mendalam saat sudah kembali ke tempat asal apalagi sudah melakukan rutinitas lagi. Sumba Timur yang memiliki ibukota Waingapu ini wajib didatangi karena memiliki banyak objek wisata alam yang tak diragukan lagi keindahannya.  Satu hal yang pasti, untuk eksplorasi objek wisata di Sumba wajib menyewa kendaraan karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di jalan raya. Berikut ini beberapa tempat yang wajib dikunjungi jika berada di Sumba Timur.

  • Pantai Walakiri

Wisata Alam Pantai Walakiri

@ayodolan

Pantai yang terletak di Desa Watumbaka Kecamatan Pandawai berjarak sekitar 24 km yang bisa ditempuh selama 30 menit saja dari pusat kota Waingapu. Selain itu wilayah pantai ini cukup dekat dari jalan raya menuju arah Melolo. Momen sunset di pantai ini sudah banyak diakui sebagai spot berburu sunset terindah di Sumba. Panorama matahari berwarna jingga dengan pohon-pohon bakau yang bentuknya unik seperti para penari sangat pantas dinobatkan sebagai spot sunset terbaik di Sumba. Keunikan lain dari pantai ini yaitu ada 2 jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan di area bekas laut yang surut. Pasir di tepi pantai seperti pasir pantai pada umumnya yaitu berupa butiran berwarna putih gading. Sedangkan pasir di area bekas laut yang surut seperti bedak atau semen basah yang mengering dan mengeras. Ada garis batas yang jelas antara kedua jenis pasir tersebut sehingga lengkap sudah keunikan pantai ini. Pantai ini mulai terkenal karena sudah terpampang di instagram Mira Lesmana yang merupakan produser terkenal. Namun tidak ada tarif yang dikenakan oleh warga setempat walau pantai ini berada di dekat pemukiman penduduk.

  • Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu

@mas.indr4

Pantai ini terletak di ujung timur Pulau Sumba sehingga untuk menuju lokasi pantai ini butuh waktu yang cukup lama karena jaraknya yang sangat jauh dari pusat kota Waingapu.  Pantai Watu Parunu terletak di Desa Lain Janji Kecamatan Wulla Waijelu. Perjalanan yang jauh dan melelahkan akan terbayar lunas dengan sajian keindahan pantai ini. Hamparan pasir putih, ombak yang beriringan, dan air laut yang jernih benar-benar panorama dambaan semua orang. Ciri khas pantai ini yaitu keberadaan tebing batu putih yang tersusun oleh beberapa jenis batuan di ujung timur pantai. Bentuk tebing tersebut meliuk-liuk bagaikan bentuk ombak di laut. Saat air laut surut maka tebing batu ini bisa dicapai dengan melewati sebuah batu besar yang berlubang. Nama Watu Parunu berasal dari kata Watu yang berarti Batu dan Parunu yang berarti Menunduk. Setiap orang yang melewati batu berlubang itu harus menunduk sehingga dinamakan seperti itu. Pantai ini belum terkenal seperti Pantai Walakiri sehingga pantai ini sangat cocok untuk didatangi jika Anda membutuhkan ketenangan. Hanya suara ombak yang terdengar bagaikan alunan musik yang syahdu.

  • Air Terjun Tanggedu

Wisata Alam Air Terjun Tanggedu

@ayodolan

Air terjun nan megah seperti Grand Canyon di Amerika bernama Tanggedu. Air terjun ini terletak di Desa Tanggedu yang berjarak sekitar 4,6 km dari Waingapu yang melewati 2 desa yaitu Desa Mondu dan Prainatang. Untuk mencapai air terjun ini butuh tenaga ekstra karena trek yang dilalui cukup sulit. Kendaraan hanya bisa sampai di Desa Mondu, kemudian Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan sejauh 3 km. Kerap disebut Grand Canyon Indonesia karena air terjun ini begitu megah. Bebatuan besar yang seolah menopang air terjun menjadi faktor pendukungnya. Ada 2 sumber mata air yang menyumbang derasnya aliran air sehingga ada 2 warna berbeda pada aliran air terjun tersebut. Lingkungan yang asri karena pepohonan yang lebat di kawasan ini membuat udara terasa sejuk. Kesejukan makin terasa saat menyentuh air yang jatuh ke sebuah cekungan seperti kolam. Tak ada salahnya untuk berendam di tempat ini. Dijamin pasti Anda tidak mau keluar dari kolam alami tersebut.

  • Bukit Persaudaraan

Wisata Alam Bukit Persaudaraan

@rotyohana

Bukit yang bernama lengkap Bukit Persaudaraan Mau Hau ini lokasinya cukup dekat dari ibukota Waingapu. Bukit ini sudah menjadi destinasi wajib bagi para traveler yang  tiba di Sumba Timur. Lokasinya tak jauh dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda yang dahulu bernama Mau Hau yakni sekitar 3 km. Bukit ini mulai terkenal sejak dijadikan lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas karya Mira Lesmana. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di bukit ini karena akses jalan sudah cukup bagus. Bukit ini tak terlalu sulit untuk didaki, dari puncaknya akan tersaji pemandangan sawah, padang rumput, dan Sunga Kambaniru. Daerah yang berpotensi besar untuk peternakan ini memang kenampakan alamnya sangat mendukung. Belasan hewan mamalia ternak seperti sapi, kerbau, kuda, dan kambing menambah indahnya pemandangan bukit. Sebaiknya datang ke bukit ini pada pagi hari untuk melihat sunrise dan cuaca belum terlalu panas. Bisa juga datang pada sore hari untuk melihat sunset yang indah. Tak ada kata yang mampu mewakili keindahan bukit ini. Silakan datang sendiri untuk membuktikannya.

  • Air Terjun Waimarang

Wisata Alam Air Terjun Waimarang

@warawiriindonesia

Air terjun Waimarang Sumba Timur yang indah ini berada di Melolo Kecamatan Umalulu. Dari Waingapu berjarak sekitar 83 km yang membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Jika menyewa mobil maka harus diparkir di tempat terdekat karena harus trekking menuju lokasi air terjun. Air Terjun Waimarang ini tidak ada biaya masuk seperti objek wisata lainnya di Sumba. Banyak keunikan yang dimiliki oleh air terjun yang berwarna hijau tosca ini. Terdapat kolam alami yang berada di bawah air terjun ini sehingga siapapun yang ingin berendam bisa melakukannya di kolam ini. Kesegaran dan kesejukan akan dirasakan saat berada di sana. Air terjun ini dikelilingi tebing batu yang menambah keindahan panorama tempat ini. Jika suka menguji adrenalin maka Anda bisa melakukan cliff jumping, Namun ingat keselamatan itu penting sehingga Anda harus berhati-hati karena batu-batunya licin. Di sekeliling air terjun setinggi 2 meter ini terdapat hutan yang lebat sehingga menambah syahdu suasana ditambah dengan kicauan burung yang bersahutan.

Kepoin Yang Ini  The Crossborder Atambua yang Penuh Pesona

Itulah beberapa tempat menakjubkan di Sumba Timur. Anda harus menyaksikan secara langsung keindahan semua tempat yang ada di artikel ini supaya wisata di Sumba semakin lengkap.  Tak perlu lagi ada keraguan untuk mengunjungi Sumba Timur, hal yang harus dilakukan adalah menabung dan menyusun itinerary perjalanan. Keindahan tidak akan bisa dibandingkan dengan uang yang terpakai untuk wisata. Kepuasan batin yang harus menjadi tujuan utama karena jiwa yang sehat akan membuat Anda semakin produktif. Selamat bersenang-senang di Sumba Timur!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.