Tangkuban Perahu, Legenda yang Harus Kamu Abadikan saat di Bandung

Deskripsi Tangkuban Perahu

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu ialah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai elevasi setinggi 2.084 meter.  Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya ialah 17 derajat celcius pada siang hari dan 2 derajat celcius pada malam hari.

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai area hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Asal usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang diceritakan jatuh cinta untuk ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Bagi menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengemukakan syarat agar Sangkuriang menciptakan sebuah danau dan suatu perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut sehingga tiba dalam suasana terbalik. Perahu berikut yang lantas membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Keberadaan gunung ini serta format topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di masing-masing sisinya menguatkan teori eksistensi sebuah danau besar yang sekarang merupakan area Bandung. Diyakini oleh para berpengalaman geologi bahwa area dataran tinggi Bandung dengan elevasi kurang lebih 709 m di atas permukaan laut adalahsisa dari telaga besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu adalah sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. Fenomena laksana ini dapat disaksikan pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan area Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan kisah masyarakat area itu dipercayai adalah sebuah arsip masyarakat area Gunung Sunda Purba terhadap peristiwa pada ketika itu.

Kepoin Yang Ini  Jangan Hanya Beras yang Dicari Saat Wisata Ke Cianjur

Misteri Gunung Tangkuban Perahu

  • Misteri Tanjakan Emen Tangkuban Perahu, tanjakan ini mempunyai suasana hening dan mencengkam di siang hari lagipula malam pastinya diseling bau belerang yang menyengat menusuk hidung. Kanan kiri lembah-lembah dan bukit-bukit perkebunan teh menjepit jalan agak serupa wilayah hutan jati ini memang misterius. Menurut kisah dari mulut ke mulut di wilayah itu ada lelaki separuh baya yang mempunyai nama Emen sudah ditabrak lari. Kemudian mayatnya disembunyikan di rimbun pepohonan selama tanjakan. Sejak saat tersebut arwah Emen menuntut balas dendam untuk siapa saja yang lewat tanjakan tersebut.
  • Wanita Misterius di Tangkuban Perahu, berdasarkan cerita nyata yang dirasakan pengunjung, sebut saja Andi. Dia merasakan perjumpaan dengan perempuan misterius di sekitar pintu masuk mengarah ke Tangkuban Perahu. Wanita itu meminta bantu untuk menggali selendangnya yang hilang di dekat kawah gunung, Anto tadinya mengiyakan, tetapi setelah 3 jam menggali selendang tersebut tak pun ketemu. Dan ketika berkeinginan mencari perempuan tersebut, perempuan tersebut telah menghilang entah kemana. Di samping itu tidak sedikit pendaki gunung yang tidak jarang tersesat, pingsan atau panik saat memanjat gunung Tangkuban Perahu. Nasroni di antara pendaki gunung pernah tersesat dan nyaris pingsan sebab 4 jam tak kunjung memahami jalan kembali. Seperti terdapat kabut gaib yang menutupi pandangannya.
  • Misteri Air Kahuripan Tangkuban Perahu, mitos yang berkembang di masyarakat bahwa air kahuripan dapat dijadikan sarana sekian banyak pengobatan. Karena dengan mitos itu sampai sekarang tidak sedikit peziarah yang ngalap berkah di lokasi ini. Di samping mandi di air kahuripan dengan destinasi pengobatan, disisi lain dapat untuk menyegarkan badan dari perjalanan kaki yang paling jauh.
  • Surga yang Tersembunyi di Tangkuban Perahu, keberadaan curug Cimuja terletak di area paling hulu. Dahulu curug ini sering dipakai untuk memuja dan bersemedi memohon sesuatu. Pemujaan seringkali dilakukan pada malam hari. Bila sang pemuja telah selesai mengucapkan doa-doanya, ia mesti mandi pada malam hari di bawah tumpahan curug ini.
Kepoin Yang Ini  Eksplor Cirebon yang Asik dan Unik

Bentuk Gunung Tangkuban Perah

Bentuk gunung ini ialah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang beralih dari unsur timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melewati letusan kebanyakan ialah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan ialah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan ketika gunung tidak aktif ialah uap belerang.

Meletusnya Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu ini tergolong gunung api aktif yang statusnya dipantau terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih mengindikasikan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda kegiatan gunung berapi ini ialah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya ialah di kasawan Ciater, Subang. Gunung Tangkuban Parahu pernah merasakan letusan kecil pada tahun 2006, yang mengakibatkan 3 orang luka ringan.

Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu

Sebelum dapat menikmati keindahan yang tersaji di wisata tangkuban perahu pasti pengunjung mesti menunaikan tiket masuknya terlebih dahulu, adapun harga tiket masuk tangkuban perahu dapat dilihat dibawah ini.

Kategori Turis Lokal Turis Asing
Tiket Senin-Jumat (Weekday) Rp 20.000 Rp 200.000
Tiket Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 30.000 Rp 300.000
Parkir Sepeda Rp 7.000 Rp 10.000
Parkir Motor Rp 12.000 Rp 17.000
Parkir Mobil Rp 25.000 Rp 35.000
Parkir Bus Rp 110.000 Rp 150.000

Gambar Gunung Tangkuban Perahu

gambar dari sharetempatwisata.com

Kelihatan dari jauh keelokan Gunung Tangkuban Perahu dihiasi kabut tipis dan siluet langit yang berwarna kemerahan. Menambah suasana eksotis dan misterius dari gunung ini

gambar dari explorebandungbarat.com

Beberapa wisatawan menikmati pemandangan kawah gunung Tangkuban Perahu. Hati-hati ya, jangan menaiki pagar pembatas!

gambar dari sharetempatwisata.com

Seorang wisatawan melihat dari dekat kawah gunung Tangkuban Perahu. Terlihat kepulan asap keluar dari mulut kawah yang menandakan gunung berapi ini masih aktif dan bisa meletus kapan saja. Jadi tetap waspada saat berlibur disini ya!

Itulah dia keindahan dari eksotis dan misteriusnya gunung Tangkuban Perahu yang mempunyai sejarah panjang baik sebagai legenda Sangkuriang atau sebagai rangkaian gunung berapi aktif yang akan selalu abadi di setiap hati para wisatawan yang datang liburan kesini untuk menjelajah wisata bandung yang murah dan menarik.

Kepoin Yang Ini  Mengenang Tempo Dulu di Jalan Braga, Seindah Mengenang Mantan

Sekian tulisan mengenai gunung Tangkuban Perahu ini. Kalau kalian suka, jangan sungkan untuk membagikan tulisan ini di sosmed kalian. Sampai jumpa di bahasan wisata lainnya. Dadah…

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.