Telusuri Keindahan Sumatera Selatan

Provinsi yang memiliki ibu kota bernama Palembang dan identik dengan Pempek ini ternyata memiliki keindahan alam di luar dugaan. Mungkin banyak orang hanya mengenal Sungai Musi dengan Jembatan Ampera yang ikonik, namun ternyata masih banyak tempat yang belum banyak dieksplorasi oleh para wisatawan.

Jelajah Alam Sumatera Selatan

Jika ingin lebih tahu banyak tentang destinasi wisata alam di Sumatera Selatan, simak terus artikel sampai selesai. Berikut ini beberapa tempat indah yang wajib dikunjungi jika berada di Palembang dan sekitarnya.

  • Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu

@apriliapiola

Layaknya hutan wisata yang rimbun dengan pepohonan, Punti Kayu di Palembang ini didominasi dengan pohon pinus yang membuat tempat ini semakin sejuk. Hutan wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Jika pernah ke Sangeh Bali atau setidaknya tahu tentang monkey forest di Bali maka di tempat ini juga sama. Terdapat banyak monyet yang tengah bersantai di pohon atau bermain sambil bergelantungan di atap-atap bangunan. Uniknya monyet-monyet di sana tidak akan mengganggu pengunjung, tidak seperti monyet yang buas dan galak di Uluwatu. Mereka akan mendekati jika diberi makanan, namun tidak akan mencuri barang apapun dari para pengunjung. Hutan Wisata Punti Kayu ini kaya flora dan fauna yang beragam. Jenis flora yang ada di hutan ini antara lain Pinus (Pinus Merkussi), Akasia (Acacia Mangium), Mahoni (Switenia Swageri), Talog (Muntingia calabura), dan Pulai (Alstonia Granensis). Jenis fauna yang ada di sana antara lain kera ekor panjang, beruk, tupai, biawak, musang, bahkan serangga langka yang belum diberi nama ilmiah.

Tersedia berbagai wahana wisata seperti jembatan gantung, perahu bebek, perahu naga, kebun binatang, outbond training yang dilengkapi dengan kanopi bridge dan flying fox. Untuk eksplor rawa hutan bisa naik perahu naga, sambil melihatsekawanan kera ekor panjang dan burung-burung langka yang hinggap di pohon jika beruntung. Sebelum masuk ke tempat ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Pada hari libur atau weekend untuk orang dewasa akan ada kenaikan harga menjadi Rp 12.500 saja per orang. Namun saat telah masuk biasanya akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp 10.000 per orang untuk orang dewasa saja, setelah itu Anda akan bebas memakai semua fasilitas di tempat itu. Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 sehingga para pengunjung harus memperhatikan jam operasional ini.  Untuk menuju Taman Wisata Alam Punti Kayu maka berangkatlah menuju jalan Kol, Burlian, kecamatan Sukarami. Atau jika dari Masjid Agung Palembang maka langsung pergi menuju Jalan Jendral Sudirman sampai KM 7. Jika naik kendaraan umum maka naik bus dari halte bus Masjid Agung Palembang dengan naik bus Trans Musi, lalu berhenti di Punti Kayu.

  • Goa Putri

Wisata Alam Goa Putri

@okuterkini

Goa Putri terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) atau sekitar 1 jam dari Baturaja. Lebih mudahnya dari Muara Enim bisa melalui jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim hanya sekitar setengah jam perjalanan. Gua sepanjang 150 meter ini telah berumur sekitar 350 tahun dan masih eksis hingga saat ini. Untuk sampai ke lokasi Gua Putri mudah untuk ditemukan karena terdapat petunjuk arah yang jelas. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk pergi ke tempat ini. Suasana peopohan yang sangat rindang, halaman parkir yang luas dan beberapa warung menjadi fasilitas yang tersedia di tempat ini. Jadi para pengunjung tidak akan kelaparan atau kehausan karena bisa membelinya di sana.

Kepoin Yang Ini  Jelajahi Jambi Demi Keindahan yang Alami

Sebelum masuk, Anda harus membayar retribusi sebesar lima ribu rupiah per orang. Biaya parkir mobil juga lima ribu rupiah. Anda akan melihat pemandangan gua berupa batu-batu besar dari arah luar yang ada di bagian atas dan bawah (stalaktit dan stalakmit). Gua ini termasuk Instagramable karena banyak spot unik yang sangat bagus dijadikan latar foto. Bunyi air bergemericik air dari Sungai Sumuhun menjadi simfoni alam yang mengiringi derap langkah selama di dalam Gua Putri. Selain keindahan, Gua Putri juga memiliki nilai sejarah yang tidak boleh dilewatkan. Bau khas kelelawar dan suara pekikan kelelewar di atas langit-langit gua akan menjadi pemandangan yang menemani perjalanan Anda. Setiap sudut Gua Putri layak untuk dinikmati sehingga kalau Anda membawa kamera harus memotret semua sudutnya.

  • Bukit Siguntang

Wisata Alam Bukit Siguntang

Wisata Alam Bukit Siguntang

Bukit Siguntang menjadi tempat suci dan penuh kharisma sejak abad 14-17 karena terdapat makam para tokoh keturunan Kerajaan Sriwijaya dan menjadi pusat keagamaan Budha pada masa itu. Bukit ini tingginya sekitar 27 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 12,8 hektar ini terletak di Jalan Srijaya Negara. Terdapat benda-benda bersejarah yang bisa ditemukan di sekitar Bukit Siguntang antara lain pecahan-pecahan tembikar dan keramik peninggalan Dinasti Tang. Di dalam area bukit ini terdapat sebuah menara pandang yang berada di tengah-tengah Bukit Siguntang untuk melihat pemandangan di sekitar bukit.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Alam yang Tak Diragukan di Bengkulu

Jalan menuju bukit berupa jalan setapak yang ditumbuhi pohon-pohon rindang. Bukit ini menjadi titik tertinggi di Kota Pelembang sehingga menjadi lokasi yang paling aman kalau banjir terjadi.  Bukit ini biasa ramai oleh para pengunjung yang melakukan berbagai kegiatan seperti ziarah, lokasi foto pre-wedding, berwisata sejarah atau sekedar refreshing di tempat ini. Terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan yang pas untuk menemani wisata Anda di tempat ini. Tidak ada larangan apapun saat berkunjung ke tempat ini asalkan menjaga kesopanan karena terdapat area makam. Namun para pengunjung harus memperhatikan bahwa ada beberapa pohon yang diberi tulisan ‘jangan diganggu’ karena pohon tersebut dilindungi oleh pengelola tempat itu. Jika ingin datang ke Bukit Siguntang cukup mudah karena lokasinya berada di tengah kota Palembang. Perjalanan harus ditempuh dari pusat kota menuju Ampera lalu Bukit Besar. Akses jalan tersebut membawa Anda langsung ke Bukit Siguntang. Untuk masuk kawasan bukit ini harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 3000 saja per orang untuk dewasa dan Rp. 2000 per anak.

  • Air Terjun Bidadari

 

Air Terjun Bidadari berada di Desa Karang Dalam, Lahat, Sumatera Selatan. Air Terjun Bidadari ini sebenarnya bernama Ayek Asam. Air Terjun ini bermuara ke sungai Lematang dengan ketinggian sekitar 30 meter sehingga air terjun ini terlihat megah. Pemberian nama Air Terjun Bidadari karena dahulu tempat ini menjadi tempat pemandian bidadari. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun Bidadari ini yaitu pada saat musim kemarau karena pada musim hujan area ini tertutup kabut dan debit air sangat deras sehingga areanya menjadi sangat licin. Tidak ada warung di sekitar kawasan ini sehingga para pengunjung harus

Wisata Alam Air Terjun Bidadari

@winanda_i_s

membawa perbekalan makanan dan minuman jika ingin berlama-lama di tempat ini.

Kepoin Yang Ini  Jelajahi Jambi Demi Keindahan yang Alami

Jika naik kendaraan umum dari Palembang maka Anda bisa naik travel atau bus dengan rute Palembang – Lahat dari terminal Karyajaya Palembang lalu turun di Desa Karang Dalam. Lama perjalanan dengan bus sekitar 7 jam. Cara lain untuk menuju tempat ini yaitu dengan naik kereta api jurusan Palembang – Lahat di Stasiun Kertapati Palembang dengan lama perjalan sekitar 6 jam sehingga lebih cepat daripada naik bus. Kemudian dari Lahat naik bus lagi menuju Pagaralam, lalu turunlah di Desa Karang Dalam. Setelah tiba di Karang Dalam, Anda harus berjalan kaki selama 45 menit untuk menuju ke lokasi wisata melalui jalan setapak dengan view perkebunan penduduk berupa kopi dan karet.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.