Tempat Wisata Bersejarah di Mataram ini Tak Boleh Anda Lewatkan

gambar dari : sportourism.id

Berwisata ke Mataram sebaiknya tidak hanya ke pantai dan lokasi tongkrongan asyik saja. Lengkapi dengan wisata edukasi dan sejarah. Apalagi tempat wisata di Mataram yang kali ini akan dibahas merupakan destinasi wisata yang tak hanya penuh edukasi namun juga seru dan indah. Jadi, tak ada ruginya Anda berkunjung ke sana. Coba cek daftarnya berikut ini.

  1. Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan adalah salah satu kota yang dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Dalam bahasa suku sasak, Ampenan artinya persinggahan. Penamaan ini tak lepas dari posisi kota tua tersebut di masa penjajahan Belanda yang difungsikan sebagai pelabuhan.

Di Kota Tua Ampenan, Anda akan diperlihatkan bangunan-bangunan tua khas zaman Belanda. Suasananya semakin unik karena penghuni kota adalah campuran berbagai suku. Ada Arab, Bugis, Melayu, dan China. Menjelajah kota tua pelabuhan yang dibangun pada 1924 tentunya akan memberikan sensasi berbeda.

  1. Desa Suku Sasak Sade

Untuk menyelami kebudayaan dan tradisi suku Sasak yang merupakan penduduk asli pulau Lombok, datanglah ke Desa Sade, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Lokasi desa ini berjarak sekitar 43 km dari pusat Kota Mataram. Namun dari Bandara Internasional Lombok jaraknya hanya 11 km saja.

Kepoin Yang Ini  Pulau Lombok, Lambang Kecantikan Alam yang Hakiki

Di Desa Sade Anda akan menyaksikan adat dan budaya suku Sasak yang masih dipertahankan dengan kukuh. Mulai dari bentuk rumah, bahan bangunan, hingga cara membersihkan dan merawat rumah. Tradisi menenun juga masih dijaga di desa ini, bahkan menjadi syarat seorang gadis digolongkan siap menikah.

  1. Masjid Kuno Bayan Beleq

Masjid Bayan merupakan penanda bahwa daerah Bayan adalah pintu masuk Islam ke Pulau Lombok. Dari sinilah dakwah Islam akhirnya mendominasi Pulau Lombok hingga pulau tersebut berjuluk Pulau Seribu Masjid. Masjid Kuno Bayan Belek telah berusia lebih dari 300 tahun karena dibangun pada abad 17. Berjarak sekitar 78 km dari Kota Mataram, Masjid ini tepatnya berada di Jl. Labuan Lombok, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Masjid Bayan Beleq memang sudah tidak digunakan untuk beribadah setiap harinya. Baru pada hari-hari besar masjid ini digunakan sebagai tempat berkumpul dan mengadakan peringatan. Untuk mengikuti acara yang diadakan, Anda diharuskan mengenakan pakaian adat sasak, antara lain dodot dan sapuk.

  1. Museum Negeri NTB

Museum Negeri NTB berdiri tahun 1982. Di museum ini terdapat koleksi benda-benda bersejarah hingga benda-benda yang diyakini berkekuatan gaib. Yang paling mengagumkan adalah buaya berukuran 4 meter dengan lebar mencapai 1 meter. Buaya yang diawetkan ini berasal dari Dompu.

Museum Negeri NTB berlokasi di Jalan Panji Tilar Negara No.6, Taman Sari, Ampenan, Kota Mataram. Letaknya yang dekat dengan jalan tentu akan mudah ditemukan. Sambil jalan-jalan keliling kota mencari tempat kuliner, Anda bisa mampir ke Museum ini. Apalagi harga tiket masuknya hanya Rp2.000 per orang.

  1. Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB

Ciri khas dan daya tarik utama dari masjid ini adalah Menara 99. Seperti namanya, tinggi menara tersebut 99 meter, mengambil jumlah Asma al-Husna. Untuk naik ke puncak menara, pengunjung akan diajak naik lift yang tersedia. Menara ini terdiri dari 13 lantai, dan lantai yang bisa dinaiki pengunjung hanya lantai 3, lantai 6, lantai 9, dan lantai 13. Dari menara yang menjulang, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Mataram yang elok. Biaya naik ke Menara 99 hanya Rp5.000 per orang. Datanglah sebelum jam 17.00 sore agar bisa naik ke menara.

Kepoin Yang Ini  Sumbawa Besar Menyuguhkan Bukti KebesaranNya

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata yang tak boleh terlewatkan. Jangan khawatir soal tempat menginap. Anda bisa memanfaatkan hotel murah di Mataram yang menjalin kerjasama dengan Airy Rooms.

Soal murah jangan ditanya lagi. Begitu pun soal fasilitasnya. Dengan memilih kamar jenis Eco, Anda bisa menikmati fasilitas AC, TV, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih, dan tak ketinggalan WiFi gratis. Cek dan pesan secepatnya melalui aplikasi Airy.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.