Tempat Wisata di Cianjur yang Murah ini Wajib Kamu Datangi

Tempat wisata di Cianjur yang murah

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan objek wisata di Cianjur Jawa Barat namun ingin hemat ongkos. Anda bisa memilih berwisata di tempat-tempat yang kami bahas di bawah ini.

Kawasan Puncak

gambar dari IG fan.fatell

Objek wisata ini berupa pemandangan pegunungan yang indah dan bersuasana sejuk ini berada di wilayah kabupaten Cianjur dan kabpuaten Bogor. Merupakan daerah lereng pegunungan Gede Pangrango, kawasan puncak sebagian besar masuk ke wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Saat akhir pekan atau musim liburan tempat ini banyak menjadi tempat peristirahatan warga Jakarta karena suasananya yang alami dan sejuk.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

TN Gunung Gede Pangrango gambar dari IG @arifkurniaaa

Salah satu taman nasional tertua di Indonesia ini merupakan taman nasional yang berfungsi melindungi kecantikan flora dan fauna yang ada di Jawa Barat. Suasananya disini sejuk, nyaman, dan asri. Cocok untuk liburan bersama keluarga ataupun teman sekolah, kuliah, atau bekerja. Untuk kawan-kawan yang ingin berkemah disini bisa berkemah di Kandang Badak atau Kandang Batu. Siapkan pula fisik dan stamina anda saat ingin mendaki gunung ini.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara gambar dari IG @susan_tiany

Taman bunga seluas 23 hektar ini letaknya dekat dengan TN Gunung Gede Pangrango. Terdapat banyak jenis tipe tanaman dan bunga yang tumbuh di tempat ini. Terutama jenis anggrek yang terdapat kurang lebih 2000 jenis anggrek yang tumbuh disini. Untuk anda yang membawa anak kecil juga tersedia wahana permainan seperti minicar dan juga permainan ketangkasan. Jangan takut lapar juga saat disini, karena disediakan fasilitas restoran.

Situs Gunung Padang

gambar dari IG @blomkelilingdunia

Objek wisata ini adalah situs peninggalan jaman megalitikum. Tempat ini tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Luas komplek utamanya kurang lebih 900 meter persegi dan menjadikannya punden berundak  terbesar di Asia Tenggara. Untuk yang datang kesini untuk mengambil foto yang bagus disarankan datang bukan pada hari libur. Karena saat hari libur tempat ini penuh. Akses jalan roda empat sudah bagus, namun masih sempit. Jadi harus berhati-hati yang membawa roda empat kesini. Tiket masuk ke tempat ini hanya 20 ribu rupaih sudah termasuk parkir. Sudah ada area makan yang harganya pun murah.

Istana Cipanas

Merupakan salah satu istana kepresidenan Indonesia. Istana ini terletak di Desa Cipanas, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur di kaki gunung Gede. Istana ini dibuka untuk umum. Di dalamnya terdapat museum yang menyimpan sejarah menarik tentang Indonesia. Pemandangan istana ini sangat indah dengan udara sejuk dan nyaman.

Pantai Jayanti

gambar dari IG @kanangapuspa

Adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pantai ini berdekatan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan. Kurangnya dari pantai ini masih kurang perhatian dari pemkab Cianjur untuk masalah fasilitas seperti tempat berteduh, tempat sampah, dan penginapan yang memadai. Ombak di pantai ini juga lumayan besar, jadi berhati-hatilah saat anda sekeluarga bermain di pantai ini.

Kabupaten Cianjur tempat menarik

Dengan deretan wisata di atas yang murah, menjadikan kabupaten Cianjur tempat yang menarik. Berbagai macam jenis wisata ada disini. Ada wisata alam atau wisata bangunan bersejarah. Namun masih ada beberapa objek wisata yang kurang diperhatikan oleh pemkab Cianjur misalnya objek wisata Pantai Jayanti. Retribusi parkir disana 5 ribu rupiah untuk roda dua dan 10 ribu rupiah untuk roda empat menurut salah satu pengunjung masuk ke tangan oknum warga disana. Sungguh sayang sekali. Semoga wisata Cianjur makin maju ke depannya.

Tempat wisata Cipanas Cianjur

Dari 5 tempat wisata di atas yang termasuk wisata di daerah Cipanas adalah Istana Cipanas dan TN Gunung Gede Pangrango.

Ada apa lagi di Cianjur selain 5 tempat di atas? Yuk kita bahas secara singkat dibawah ini.

Wana wisata Mandalawangi Cianjur

Tempat ini adalah area berkemah yang terletak di  Mandalawangi Camp Ground Cipanas, Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas.

Wisata Cianjur Selatan

Salah satu wisata Cianjur Selatan yang kita bahas di atas adalah Pantai Jayanti. Wisata yang lain nanti kita bahas ya!

Wisata Kolam Renang Cianjur

Untuk wisata kolam renang yang ada di Cianjur, akan kita bahas di tulisan lainnya. Mohon ditunggu ya !

Telaga Biru Cianjur

Telaga yang terletak di jalur pendakian ke puncak Gunung Gede Pangrango. Warna biru dari telaga ini di dapat dari pengaruh warna tanaman di sekitar telaga.

Pantai Arfa Cianjur

Untuk pantai ini agak membingungkan, karena yang ada di Cianjur hanya ada Pantai Apra dan bukan pantai Arfa. Mungkin orang kepeleset lidah dalam penyebutan nama pantai ini.

Demikian pembahasan wisata murah yang ada di Cianjur ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menikmati liburan namun tidak menguras kantong saat liburan di Cianjur. Kalau kalian suka, jangan segan untuk membagikan tulisan ini di sosial media kalian.

Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Dadah…

Wisata Alam Lainnya :

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.