Temukan Wisata Alam Istimewa di Kediri

Temukan Wisata Alam Istimewa di Kediri

Kabupaten Kediri merupakan salah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kediri ternyata banyak memiliki destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kediri terkenal sebagai kota pusat perdagangan gula dan rokok yang berprestasi ini juga berprestasi dalam bidang pariwisata. Wisata alam yang indah dan bersih dengan beragam kenampakan alam menjadi keunggulan Kediri. Berikut ini beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Kediri agar ada oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke tempat asal.

  • Gua Selomangleng

Wisata Alam Gua Selomangleng Kediri

@griawan1

Wisata Gua Selomangleng terpilih sebagai objek wisata utama di Kediri karena cukup populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam yang berukuran cukup besar jika dilihat dari bentuknya sehingga goa ini terlihat mencolok dari kejauhan. Gua ini unik karena dinding goa ini bercorak tertentu seperti relief yang menghiasai dinding bagian luar gua ini. Relief goa tersebut ada yang berbentuk manusia dan binatang. Jika dieksplor lebih lanjut ke dalam goa maka suasana yang cukup menantang akan menyambut Anda. Goa ini terletak di Jalan Mastrip, Pojok, Mojoroto yang berjarak sekitar 2 km saja dari pusat kota Kediri. Nama Selomangleng berasal dari kata Selo yang berarti batu dan mangleng yang berarti menggantung. Nama tersebut sesuai dengan panorama batu-batu yang menggantung di langit-langit goa ini.

  • Gunung Wilis

Wisata Alam Gunung Wilis Kediri

@noeha_creation

Wisata Gunung Wilis menjadi gunung favorit para pecinta alam karena pemandangan yang indah dan trek yang tidak terlalu sulit. Gunung ini cukup luas wilayahnya karena merambah ke beberapa daerah antara lain Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo dan Madiun. Tak heran kalau gunung ini memiliki banyak jalur pendakian. Jika jalur yang dipilih dari Kediri maka Anda harus ambil arah timur menuju Kecamatan Mojo dan kabar gembiranya adalah jalan menuju ke puncak gunung Wilis sudah dibangun secara memadai melalui Mojo. Jalur alternatif melalui Kecamatan Mojo menuju ke puncak juga dapat melalui Kecamatan Semen dengan akses jalan yang sudah memadai juga karena bisa dilalui oleh 2 mobil.

  • Bukit Ongakan atau Kura-Kura 

Wisata Alam Bukit Ongakan atau Kura-Kura  Kediri

@deabolu

Wisata Bukit Ongakan terletak di lereng Gunung Kelud Kediri. Pasca erupsi pada pertengahan Februari 2014 keberkahan meliputi kawasan ini sehingga alam sekitar menjadi subur. Tak hanya itu, kawasan ini juga dikelola oleh masyarakat setempat menjadi destinasi wisata unggulan di Kediri. Bukit Ongakan juga dikenal dengan nama Bukit Kura-Kura karena sekilas bentuknya memang mirip kura-kura. Nama Ongakan berasal dari bahasa Jawa “mengongak” artinya melihat atau melongok ke atas. Suasana yang sejuk dengan aroma khas pegunungan akan menemani petualangan Anda. Dari puncak Ongakan juga bisa memandangi keindahan panorama dengan latar belakang Gunung Kelud dan Waduk Selorejo di Kabupaten Malang. Jangan pernah lupa untuk mengabadikan momen keindahan bukit ini dengan berfoto. Lokasi Bukit ini berada di lereng Gunung Kelud sebelah utara yaitu di Desa Besowo Kecamatan Kepung.

  • Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud Kediri

@nongkrongkediri

Wisata Gunung Kelud sudah tersohor keindahannya. Kegagahan gunung ini membuat para pendaki pasti memasukkan gunung ini dalam daftar destinasi wajib untuk dikunjungi. Berjarak sekitar 30 Km dari pusat Kota Kediri ke arah timur membuat gunung ini cukup mudah untuk didatangi. Hal unik muncul di tempat wisata ini, pasca erupsi gunung ditemukan sebuah patung Mahesa Suro yang dipercayai oleh masyarakat setempat adalah seorang penunggu Gunung Kelud. Gunung ini memang terkenal dengan berbagai kisah mistis. Mau percaya atau tidak itu menjadi pilihan Anda, yang terpenting adalah menjelajahi gunung ini harus dengan bijaksana tanpa merusak dan mengotori.

  • Air Terjun Irenggolo 

Wisata Alam Air Terjun Irenggolo Kediri

@nerissa_arviana

Air terjun Irenggolo terletak di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 1200 MDPL. Air Terjun Irenggolo cukup deras alirannya yang mengaliri tebing-tebing di sekitarnya setinggi 80 Meter. Tebing-tebing tersebut berbentuk undakan-undakan kecil sehingga pemandangan di sekitar air terjun menjadi sangat ciamik. Air terjun ini berjarak sekitar 28 Km dari pusat kota Kediri yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan naik kendaraan pribadi. Namun bisa juga naik kendaraan umum dengan rute angkutan menuju Terminal Tamanan Kediri, lalu naik angkutan desa menuju Kecamatan Mojo dan turun di Desa Besuki. Untuk sampai di lokasi bisa berjalan kaki atau naik ojek. Akses jalan menuju air terjun ini mulus sehingga tidak menyulitkan para pengunjung yang hendak datang ke tempat ini. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 3.000 saja per orang dengan biaya parkir motor Rp 2.000 tanpa hitungan jam. Fasilitas cukup memadai seperti toilet dan mushola sehingga Anda bisa wisata dengan tenang di tempat ini. 

  • Air Terjun Dolo

Wisata Alam Air Terjun Dolo Kediri

@ayodolan

Air Terjun Dolo terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Air terjun ini juga berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut. Hutan alami yang rindang membuat udara di kawasan ini menjadi sejuk. Debit air terjun ini tidak terlalu deras, namun airnya dingin sehingga menyegarkan siapapun yang menyentuh airnya. Air terjun berundak-undak sehingga panoramanya sangat unik. Pada musim hujan area ini akan tertutup kabut tebal sehingga mungkin para pengunjung tidak diperbolehkan untuk masuk. Spot foto terindah ada di bagian bawah air terjun sehingga Anda akan terlihat seperti berdiri sejajar dengan air terjun. Fasilitas sudah cukup memadai seperti toilet, mushola, warung, bahkan ada jogging track. Bagi Anda yang suka berolahraga lari maka Anda wajib mencoba sensasi berlari dengan udara yang dingin dan suara air terjun yang menggema. Pasti seru!

  • Bukit Gandrung

Wisata Alam Bukit Gandrung Kediri

@ilhamadikusuma

Wisata Bukit Gandrung sedang digandrungi oleh traveler. Bukit ini sedang populer dan menjadi destinasi wajib para pelancong terutama yang tinggal di area Jawa Timur. Jika ingin sampai di puncak bukit gandrung maka Anda harus berjalan kaki (tracking) sejauh 6 Km sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung seberapa cepat Anda berjalan. Kelelahan Anda akan terbayar lunas saat tiba di puncak bukit karena pemandangannya sangat menakjubkan. Jangan sampai lupa untuk berfoto di puncak bukit ini. Dijamin hasil foto Anda pasti instagramable. Bukit Gandrung lokasi tepatnya di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan. Jika ingin datang ke bukit ini harus dengan naik motor karena akses jalannya hanya biasa dilewati motor.

  • Bukit Dhoho Indah

Wisata Alam Bukit Dhoho Indah Kediri

@hammockerskediri

Bukit Dhoho Indah (BDI) sedang hits di media sosial seperti facebook, twitter, terutama instagram. Berada di area perbukitan sehingga udaranya sejuk dan panorama alamnya sangat indah. Area wisata ini mengusung konsep wisata Techno Edu Park yang menyediakan berbagai wahana outbond seperti flying fox dan wall climbing. Area yang paling disenangi anak muda adalah area yang dipasangi hammock. Anak muda akan berkumpul atau nongkrong bareng teman-temannya sambil berfoto. Bukit Dhoho Indah terletak di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan. Harga tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang tanpa perbedaan usia dan hari. Untuk biaya parkir motor seharga Rp 3.000 dan mobil seharga Rp 5.000 tanpa hitungan jam.

Kepoin Yang Ini  Kecantikan Pulau Bawean yang Belum Terekspos

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.