Tidore yang Membuat Betah Para Wisatawan

Tidore yang Membuat Betah Para Wisatawan

Indonesia bagian timur tidak pernah bosan menyuguhkan ragam keindahan alam yang potensial untuk menjadi tempat wisata terkenal. Salah satunya Tidore yang memiliki daya tarik sangat kuat sehingga berhasil mengundang banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Pulau Tidore merupakah salah satu pulau di kawasan Kepulauan Maluku. Pulau Tidore ini sangat eksotis sehingga semua kenampakan alamnya begitu indah seperti pantai dengan hamparan laut yang jernih dan pasir putih yang indah. Tak heran jika berbagai destinasi wisata terhampar di Pulau ini. Banyaknya objek wisata indah di Tidore pasti membuat Anda bingung harus ke mana saja. Berikut ini beberapa objek wisata alam yang wajib dikunjungi di Tidore.

Pantai Akesahu

Wisata Alam Pantai Akesahu

@kurniastuti

Pantai yang satu ini memiliki keunikan pemandangan alam sehingga membuatnya terlihat begitu cantik. Pantai ini berada di tengah area seolah dipeluk oleh perbukitan karang yang indah. Pasirnya yang begitu putih dan bersih serta air laut yang berwarna biru toska yang jernih pasti membuat semua orang betah berlama-lama di pantai ini. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki keunikan yaitu adanya kolam air panas di dalam cekungan pantai. Biasanya kolam air panas berada di daerah pegunungan, namun berbeda dengan objek wisata ini, kolam air panas justru berada di pantai. Pantai ini berada di Kecamatan Tidore Timur, sekitar 15 perjalanan darat dari pusat Kota Tidore. Di sekitar sumber air panas ini tumbuh banyak pohon yang menandakan bahwa air panas Akesahu memiliki pH netral. Ada kepercayaan bahwa pasangan muda yang mengikatkan kain merah pada akar pohon yang berada di sumber air panas ini akan langgeng. Sangat unik bukan? Tidakkah Anda penasaran seperti apa rupa dari pantai ini? Jika Anda sudah berada di Tidore maka tidak boleh sampai terlewatkan ya Pantai Akesahu ini. 

Kepoin Yang Ini  Gorontalo yang Tak Disangka Keindahannya

Pantai Cobo

Wisata Alam Pantai Cobo

@anton_as33

Pantai Cobo memiliki pemandangan alam yang eksotis nan memukau. Pepohonan yang rindang tentu membawa hawa sejuk khas pantai yang menyegarkan. Perairan di sekitar pantai ini memiliki taman laut yang sangat indah sehingga tepat untuk dijadikan tempat untuk diving dan snorkeling. Pantai Cobo berada di Kelurahan Cobodoe yang terletak di sebelah utara Pulau Tidore. Pantai ini memiliki ombak yang kecil dan dasar laut yang berpasir sehingga sangat tepat untuk bermain air. Walaupun tidak berpasir putih, namun Pantai Cobo memberikan kesejukan tersendiri karena rimbunnya pepohon di sekitarnya. Itulah yang menjadi keunikan dari pantai ini.

Gunung Kie Matubu

Wisata Alam Gunung Kie Matubu

@feri_latief

Gunung Kie Matubu tingginya sekitar 1.730 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki topografi yang terjal di sisi selatannya karena langsung berbatasan dengan laut di selatan Pulau Tidore. Dari Puncak Gunung ini bisa melihat Pulau Mare yang berada di selatan Pulau Tidore. Di sebelah utara juga terlihat Pulau Maitara dan Pulau Ternate. Puncak gunung ini berbentuk kerucut sehingga bisa menjadi spot sunrise dan sunset sekaligus dalam satu hari. Waktu pendakian sekitar 4 hingga 5 jam tergantung kondisi rombongan dan masing-masing personilnya. Sebelum mendaki ke puncak gunung ini, maka Anda harus meminta izin kepada tokoh adat di Desa Gurabunga (titik awal pendakian) yang nantinya juga akan mendapatkan nasihat tentang pantangan yang tidak boleh dilanggar saat pendakian.

Kepoin Yang Ini  Manado Jo Ngana Punya Alam Indah

Desa Gurabunga

Wisata Ke Desa Gurabunga

@wahyuudella

Desa Gurabunga berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara dan angin yang berhembus di desa ini sangat sejuk. Desa Gurabunga juga menjadi gerbang pendakian Gunung Kie Matubu. Desa Gurabunga ini tidak hanya memberikan pemandangan alam yang indah, tetapi juga memberikan suasana desa yang damai. Ada 5 marga yang tinggal di Desa Gurabunga yaitu Mahifa, Toduho, Tosofu Malamo, Tosofu Makene dan Folasowohi. Di Desa Gurabunga juga masih ada rumah adat yang keasliannya masih terjaga yang menjadi alat pemersatu dan simbol keberagaman adat budaya yang tetap terpelihara hingga sekarang.

Pulau Failonga

Wisata Alam Pulau Failonga

@hezsiahaan

Pulau Failonga merupakan sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Tidore. Pulau yang memiliki pasir putih ini memiliki pemandangan laut yang menggoda. Di bawah permukaan laut sekitar Pulau Failonga, hidup beragam terumbu karang dan ikan tropis yang sangat cantik. Perairan di Pulau Failonga sangat cocok untuk snorkling maupun diving. Jika ingin mengunjungi Pulau Failonga maka harus menyewa kapal cepat atau kapal nelayan.

Pulau Mare

Wisata Alam Pulau Mare

@alamdaeng.p

Pulau Mare berada di selatan Pulau Tidore yang akan selalu membuat Anda teringat dengan tempat ini. Pulau Mare menjadi habitat lumba-lumba yang sering terlihat di sekitar Pulau Mare. Pulau Mare juga biasa menjadi spot snorkling atau diving karena pemandangan bawah lautnya pun sangat mempesona.

Pulau Maitara

Wisata Alam Pulau Maitara

@ayodolan

Ingat dengan uang pecahan Rp. 1.000? Anda pasti bisa melihat Pulau Maitara dengan Pulau Ternate di belakangnya. Di perairan sekitar Pulau Maitara ini hidup berbagai terumbu karang dan ikan tropis yang wajib diselami dengan snorkling atau diving. Pulau Maitara dapat ditemput dengan naik perahu cepat selama 3 menit perjalanan laut. 

Kepoin Yang Ini  Gorontalo yang Tak Disangka Keindahannya

Air terjun Luku Celeng

Wisata Alam Air terjun Luku Celeng

@nita_doumadoe

Pulau yang memiliki gunung umumnya memiliki air terjun, sama halnya dengan Pulau Tidore. Ada air terjun Luku Celeng yang terletak di Dusun Golili, Kelurahanyan Kalaodi, Kecamatan Tidore Timur. Jika ingin mencapainya maka harus menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer dengan berjalan kaki dari Dusun Goliil selama 10 menit saja. Jarak yang telah ditempuh akan terbayar lunas saat tiba di tempat ini dan merasakan kesegaran air jernih yang sangat menyejukkan jiwa dan raga.

 Wisata Alam Tayawi

Wisata Alam Tayawi

@nartyabbas

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Oba yang menyajikan banyak keindahan. Mulai dari Air terjun setinggi 130 meter, 99 anak tangga dengan ketinggian 30 meter, hingga Bendungan Aketayawi yang dibangun pada tahun 2013 di Sungai Tayawi dengan panjang hampir 100 meter. Pemandangan sepanjang sungai tayawi menuju air terjun ini juga sangat indah. Wisata Alam Tayawi ini juga menjadi taman konservasi flora dan fauna karena terdapat berbagai jenis tanaman hias dan penangkaran burung langka seperti burung bidadari, kaka tua, nuri dll. Jika Anda adalah pecinta burung (bird watcher) maka sebaiknya mengintip burung-burung tersebut melalui teropong atau memotretnya. Ada sekitar 109 jenis burung di tempat ini sehingga benar-benar memesona.

Pantai Rum

Wisata Alam Pantai Rum

@mr_mriswan

Pantai Rum berada di Kecamatan Tidore Utara yang menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah dan dihiasi dengan Pulau Maitara dan Pulau Tidore. Terdapat banyak pohon kelapa khas negara tropis serta bebatuan yang terhampar semakin membuat pengunjung terpesona saat melihatnya. Jika ingin bersantai, tersedia beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk duduk sambil menikmati suasana Pantai Rum. Jika tergoda untuk bermain air maka Anda bisa berbilas di kamar mandi yang telah disediakan.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.