Tips Sederhana Bernegosiasi untuk Dapatkan Rumah Murah

Dalam setiap aktivitas jual beli sudah hal lumrah jika terjadi kegiatan tawar menawar, hal ini memang dilakukan untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan.   

Aktivitas ini pun sebenarnya kerap terjadi pada pembelian rumah khususnya rumah bekas, kegiatan tawar menawar sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Namun permasalahan yang sering dihadapi adalah terkadang pembeli sering bingung untuk menentukan harga

Tawar Menawar Dibawah Harga Incaran

Saat ingin mengajukan penawaran dengan pemilik yang menjual rumah, sebaiknya sebutkan angka yang lebih rendah dari harga transaksi yang ditawarkan. Contohnya, harga transaksi yang Anda inginkan sebesar 2,5 miliar rupiah. Harga penawaran yang diajukan sebaiknya lebih rendah dari 2,5 miliar. Misalnya saja berikan tawaran 2,2 miliar. Dengan demikian, Anda masih memiliki rentang harga 300 sampai 500 juta rupiah.

Jangan Terpengaruh Oleh Broker

Broker biasanya akan mempengaruhi Anda para pembeli rumah. Jika kurang mengetahui soal rumah incaran, Anda akan mudah dipengaruhi oleh broker. Nah, agar memiliki informasi yang cukup, lakukan survey langsung ke rumah dijual tersebut. Dengan cara ini keputusan yang diambil adalah keputusan yang bersifat realistis dan objektif.

Mintalah Tenggang Waktu Pembayaran

Ketika pihak penjual menyepakati harga, langkah selanjutnya adalah lakukan negosiasi waktu pembayaran. Anda perlu ingat bahwa pembayaran nantinya akan dibantu oleh pihak bank. Sedangkan proses pencairan dana pinjaman dana dari bank cukup lama yaitu sekitar satu bulan. Inipun tergolong proses yang paling cepat. Anda pun harus meminta tenggang waktu pembayaran pada pihak penjual.Jika kita bersungguh-sungguh ingin membeli rumah yang diinginkan, pasti pihak penjual akan mengabulkannya.

Sebaiknya Tidak Memberi Uang Muka

Anda bisa dikatakan berhasil bernegosiasi jika dapat membeli rumah incaran tanpa memberikan uang muka/ DP. Jikalaupun harus memberikan DP agar rumah incaranAnda tidak diberikan pada calon pembeli lain, berikan sekecil mungkin. Atau jika bersedia memberikan DP dengan nilai yang diinginkan oleh pihak penjual, Anda gunakan strategi menaikan harga atau mengurangi syarat-syarat pembayaran.

Pantau Terus Harga Rumah Secara Berkala

Penting bagi Anda untuk memantau harga rumah incaran, bila perlu cek setiap tiga bulan sekali, apakah rumah incaran Anda sudah terjual atau belum. Kemudian cek juga apakah harganya masih sama atau tidak. Umumnya pihak penjual akan merasa frustasi karena rumah tak kunjung laku. Saat-saat inilah Anda harus bergerak menawar rumah dijual tersebut karena penjual biasanya akan menurunkan harga.

Jangan Lupa untuk Melihat Sertifikat

Jangan lupa untuk mengecek kelengkapan legalitas rumah, seperti IMB, AJB atau sertifikat tanah. Jika ada salah satu dari legalitas tersebut tidak dimiliki oleh penjual. Maka hal ini bisa dimanfaatkan untuk menawar harga lebih murah. Selain itu jangan lupa untuk mengecek keaslian sertifikat tanah melalui Badan Pertanahan Nasional.          

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.