Tomohon yang Tak Perlu Memohon Untuk Didatangi

Tomohon yang Tak Perlu Memohon Untuk Didatangi

Tomohon, kota yang dijuluki Kota Bunga di Sulawesi Utara ini memang benar dianugerahi pesona alam yang sangat indah. Sesuai dengan namanya, terdapat pemandangan bunga-bunga di setiap sudut kota. Kota ini diapit oleh dua gunung aktif yakni Gunung Lokon (1.689 Mdpl) dan Gunung Mahawu (1.311 Mdpl). Kota sejuk seluas 11.420 hektare ini memiliki banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Berikut 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Tomohon. 

Gunung Lokon

Wisata Alam Gunung Lokon

@keindahangunung

Pendakian menuju Kawah Tompaluan yang berada di Gunung Lokon dimulai dari Kakaskasen atau Kinilow. Butuh waktu selama 1,5 jam dengan menyusuri lembah (sungai kering) Pasahapen untuk sampai di puncak gunung ini. Sumber daya alam utama dari gunung ini berupa produk erupsi gunung api yaitu batu (lava) dan pasir (lahar). Batuan lava itu tersebar di bagian timur Gunung Lokon di sekitar Pasahapen. Saat ini sumber daya tersebut telah dikelola oleh masyarakat dan perusahaan swasta untuk keperluan bangunan dan jalan. Pasir yang berasal dari lahar pada aliran sungai Pasahapen juga digunakan secara maksimal. Geowisata yang ditawarkan oleh gunung ini adalah areal perkemahan (camping ground), mendaki gunung (hiking) dan jalan-jalan di sekitar lereng yang berupa areal perkebunan rakyat. Areal perkemahan berada di lereng bagian timur, di sekitar lembah Pasahapen, dan pada jalur/route pendakian ke kawah. Air bersih bisa didapatkan dari mata air di bagian hilir Sungai Pasahapen atau air yang tergenang pada sungai itu pada musim hujan. Butuh waktu sekitar 1,5 jam dengan berjalan kaki dari desa Kakaskasen atau sekitar 2 jam dari jalan raya Manado – Tomohon. 

Kepoin Yang Ini  Manado Jo Ngana Punya Alam Indah

Gunung Mahawu

Wisata Alam Gunung Mahawu

@rika_ismawati

Gunung ini sekilas mirip dengan Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Bandung karena hanya perlu mendaki selama sepuluh menit. Setelah itu Anda akan tiba di sisi kawah gunung Mahawu. Pendakiannya juga mudah hanya melewati anak tangga yang telah disemen secara tersusun rapi. Kawah gunung ini menyajikan pemandangan alam yang indah. Tak heran kawasan ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang datang ke kota Tomohon atau Manado di Sulawesi Utara.

Di puncak gunung ini, wisatawan bisa melihat kedalaman kawah sambil berjalan mengelilingi pinggiran kawah. Pemandangan ekstotis di sekitarnya juga bisa dinikmati dengan leluasa. Pemandangan indah dari kawah Gunung Lokon berupa Gunung Manado Tua, Pulau Bunaken, Kota dan Teluk Manado, Gunung Klabat, Danau dan Kota Tondano, serta Kota Tomohon akan terlihat jelas jika Anda berani mengelilingi jalan setapak yang sudah dibeton di bibir kawah ini. Saat berada di puncak ini, Anda seolah telah berhasil menaklukkan sebagian Sulawesi Utara.

Danau Linow

Wisata Alam Danau Linow

@chatleenmst

Danau Linow ini sangat unik karena bisa berubah tiga warna. Area danau ini dikelilingi dengan hamparan hijau pepohonan nan sejuk. Pohon cemara dan kicauan burung belibis yang bermain-main di atas danau akan menemani kunjungan Anda ke danau ini. Tempat ini seolah potongan surga yang diturunkan Tuhan ke bumi. Danau ini menjadi destinasi wisata andalan Kota Tomohon. Danau ini adalah danau vulkanis yang warna air danaunya sering berubah yakni menjadi warna hijau toska, biru, dan coklat susu. Perubahan warna itu terjadi akibat tingginya kadar belerang di danau ini. Pancaran sinar matahari akan semakin membuat danau ini bersinar indah. Jika cuaca mendung pasti keindahan danau ini sedikit berkurang karena warna yang terlihat hanya coklat susu. Pada saat cuaca cerah dengan sinar matahari yang terang, maka air danau akan terlihat berwarna hijau toska dan biru. Siapapun yang melihatnya pasti akan terpukau. Hawa Kota Tomohon yang sejuk dengan temperatur udara antara 18-20 derajat Celsius membuat siapapun akan betah berada di kota ini. Jika berkunjung ke Tomohon terutama ke danau ini wajib menyiapkan baju hangat karena udaranya dingin.

Kepoin Yang Ini  Berenang di Ketinggian Kolam Renang Deefa Palu

Bukit Doa

Wisata Alam Bukit Doa

@yolabudiman

Kawasan Bukit Doa ini memiliki daya tarik kuat bagaikan magnet bagi wisatawan. Lokasinya yang begitu luas dan hijau sungguh menyejukkan mata yang memandangnya. Hamparan hijau pohon dan rerumputan memenuhi tempat ini. Lingkungan yang bersih dan tertata dengan rapi menjadikannya tempat wisata religi umat Kristiani yang tepat. Lokasi ini juga sering dijadikan area outbond, gathering, tempat pemberkatan nikah, serta pesta pernikahan bernuansa taman. Pemandangan Kota Tomohon, pegunungan sekitar dan Gunung Lokon terlihat jelas dari bukit ini. Walaupun Bukit Doa Tomohon ini adalah kawasan wisata religi umat Kristiani, tetapi nyatanya tidak hanya umat Kristen yang berkunjung ke sini. Umat agama apapun datang ke tempat ini untuk berwisata dan berfoto karena pemandangannya memang benar-benar fantastis. Tidak akan ada yang mengingkari keindahannya. Benar-benar menyejukkan mata, hati, dan pikiran.

Puncak Temboan

Wisata Alam Puncak Temboan

@like_celebest

Bersantai ditemani dengan kopi atau teh hangat sambil menikmati pemandangan gunung, danau dan laut pasti tidak akan yang menolak. Hal itu sangat mungkin dilakukan di Puncak Temboan. Anda bisa menikmati tiga sudut pandang pemandangan alam itu dengan jelas. Dari puncak yang terletak di Kelurahan Rurukan Satu, Kecamatan Tomohon Timur ini para pengunjung dapat menikmati megahnya Gunung Klabat. Tahukah apa itu Gunung Klabat? Itu adalah gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Di sisi lain dari puncak ini, ada pemandangan Danau Tondano yang sangat megah. Pasti tahu kan bahwa danau terbesar di Sulawesi Utara adalah Danau Tondano. Semua itu terlihat sangat jelas dari Puncak Temboan ini. Tidak hanya itu, laut Kota Bitung juga terlihat cukup jelas dari kejauhan. Kota Tondano tentunya menjadi pemandangan wajib yang terlihat. Ibu kota Kabupaten Minahasa ini terlihat seperti miniatur kecil di samping Danau Tondano.

Kepoin Yang Ini  Berenang di Ketinggian Kolam Renang Deefa Palu

Air Terjun Tumimperas

Wisata Alam Air Terjun Tumimperas

@asti_araluen

Air Terjun Tumimperas terletak di Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan. Lokasinya yang strategis sehingga mudah dijangkau tentunya menarik banyak wisatawan untuk datang. Jaraknya hanya sekitar 8 Km dari Pusat Kota Tomohon yang bisa ditempuh sekitar 15 menit lewat Woloan maupun Saronsong dengan kendaraan roda empat maupun dua. Akses jalan sudah memadai karena berbentuk hot mix yang tidak akan membuat para pengunjung kesulitan. Air terjun Tumimperas tingginya mencapai 57 meter. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tumimperas ada sedikit tantangan karena harus menuruni anak tangga dengan jarak sekitar 100 Meter. Saat tiba di depan air terjun pasti rasa lelah akan lenyap karena menyaksikan pemandangan yang menakjubkan dari jembatan yang tepat berada di atas air terjun. Kesejukan dan riuhnya suara air terjun pasti membuat semua pengunjung merasa rileks. Didukung dengan suasana yang masih alami dan dihiasi pepohonan rindang di sekelilingnya pasti membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Anda juga bisa beristirahat di pondok-pondok sederhana yang dibangun di sekeliling lokasi air terjun ini.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.