Ujung Kulon Keindahan Alam di Ujung Barat Pulau Jawa

eksplor pulau handeuleum

@duiprasetyo26

Ujung Kulon, daerah paling barat di Pulau Jawa ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Area yang diberi nama Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki beragam kekayaan. Hewan langka seperti badak bercula satu hidup di kawasan ini. Tidak hanya badak karena ada banyak spesies fauna lainnya seperti rusa yang tidak kalah cantiknya. Selain fauna, area ini juga kaya akan flora yang cukup langka.

Tempat Wisata Ujung Kulon

Seperti tidak ada habisnya menyuguhkan keindahan, alam di Ujung Kulon juga tidak mau kalah. Keindahan alam berupa pantai, sungai, pulau, hutan, tebing tidak pernah bosan untuk unjuk gigi. Jika ingin berkunjung ke Ujung Kulon maka Anda harus pergi ke Pelabuhan Sumur atau Taman Jaya dengan menyewa kapal biasa berkapasitas 20 orang seharga Rp 3.500.000 yang tergolong murah. Namun jika ingin menyeberang dengan kapal cepat maka Anda harus naik dari Pantai Carita seharga Rp 4.500.000 dengan kapasitas 8 orang.

Pulau Peucang

wisata pulau peucang ujung kulon

@explorepandeglang

Pulau Peucang menjadi destinasi wajib di Ujung Kulon sehingga tempat ini sangat popular. Pantai berpasir putih dan air laut yang jernih nan tenang menjadi pesona yang layak untuk dinikmati. Pulau Peucang memiliki fasilitas akomodasi bagi para pengunjung yang mau menginap di pulau ini. Terdapat banyak satwa liar yang berkeliaran di sekitar pantai atau penginapan. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Peucang antara lain trekking ke Karang Copong untuk melihat sunset yang indah,  berenang atau snorkeling di laut dangkal serta diving untuk melihat taman bawah laut yang indah lebih dekat.

wisata alam pulau peucang ujung kulon

@bantenvacation

Trekking ke Karang Copong menjadi salah satu kegiatan seru di Pulau Peucang. Anda akan menyusuri hutan hujan tropis yang lebat sambil melihat berbagai satwa seperti rusa, bahkan jika sedang hoki maka Anda akan melihat badak bercula satu. Ada cara lain untuk menuju Karang Copong yaitu naik kapal namun Anda tidak akan mendapat sensasi seru melihat satwa-satwa liar yang asik bermain di habitatnya.

Tanjung Layar

wisata pulau layar ujung kulon

@muhammadrestu_

Tanjung Layar merupakan titik nol kilometer Pulau Jawa. Gugusan karang yang besar dengan panorama Samudera Hindia dan Selat Sunda dengan pertemuan dua arus membuat tempat ini sangat menakjubkan. Anda bisa berfoto dengan latar belakang deburan ombak yang cukup tinggi, namun berhati-hati agar Anda tidak terluka oleh ombak yang tinggi. Di lokasi ini masih ada reruntuhan bangunan peninggalan zaman Belanda.

liburan ke tanjung layar ujung kulon banten

@derizalsetiawan

Berjalan kaki sambil menyusuri hutan  melalui wilayah Ciramea dan Cibom yang bisa dijadikan lokasi berkemah adalah cara terbaik untuk mencapai lokasi setelah menyeberang dari Pulau Peucang. Di tempat ini ada mercusuar yang bernilai sejarah maritim Indonesia dan colonial karena digunakan untuk memantau perairan dan kehidupan warga setempat. Dari mercusuar itu Anda bisa menyaksikan keindahan sunrise. Matahari yang berwarna orange kekuningan akan terlihat sedang merangkak untuk benar-benar bersinar dari langit yang tinggi.

Sungai Cigenter

wisata air sungai cigenter banten

@explorepandeglang

Sungai yang berada di Pulau Handeleum ini memiliki air yang berwarna hijau. Anda akan menikmati sensasi Sungai Amazon ala Indonesia dengan naik sampan menuju ke ujungnya yakni air terjun bertingkat yang indah. Di sepanjang sungai, Anda bisa melihat ular yang berada di atas pohon sehingga Anda harus waspada karena sewaktu-waktu ular itu bisa saja jatuh. Jangan lupa untuk mengabadikan momen menyusuri sungai karena hasil foto Anda akan benar-benar indah bagai berada di Sungai Amazon sungguhan.

Pulau Badul

snorkeling pulau badul

@picturebanten

Pulau mungil yang bernama Badul ini memiliki taman bawah laut yang sangat indah sehingga menjadi spot snorkeling favorit para pengunjung. Pulau ini tidak berpenghuni karena ukurannya yang kecil. Anda harus berhati-hati saat berenang atau snorkeling karena arus air lautnya cukup kuat. Air laut yang sangat jernih berwarna biru tosca pasti menggoda Anda untuk diselami. Anda bisa saja terseret ke area karang yang tajam sehingga tubuh akan terluka maka Anda harus ekstra hati-hati saat berenang atau snorkeling. Pulau Badul hanya bisa diakses melalui dua desa yaitu Desa Sumur dan Desa Tamanjaya sehingga hanya bisa naik kapal kayu biasa.

Pulau Panaitan

trip pulau panaitan

@dodinaminra

Rimba yang terletak di ujung barat Semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon ini berada di selat Sunda sehingga cukup dekat dengan Pulau Sumatera. Luas pulau ini sekitar 17 ribu hektar memiliki suasana rimba alami yang cukup lebat. Sekilas Anda akan merasa seperti berada di Baluran Banyuwangi. Pulau ini terbentuk oleh hutan alami dengan perpaduan indah antara vegetasi hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan tropis. Di dalam pulau ini ada reruntuhan berupa Arca Ganesha dan benda-benda purba lainnya sehingga tempat ini bernilai sejarah. Di pulau ini Anda juga bisa snorkeling atau diving karena arus lautnya cukup bersahabat. Namun pulau ini belum memiliki penginapan sehingga para pengunjung hanya bisa singgah saja lalu kembali ke pulau lainnya di mana penginapan Anda berada. Pulau Panaitan merupakan surga bagi para peselancar karena ombak di pulau ini sangat mendukung untuk olahraga surfing.

Pulau Handeleum

Pulau Handeleum menjadi destinasi wisata adventure sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta petualangan. Pulau Handeleum terletak di antara gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut Semenanjung Ujung Kulon. Pulau seluas 220 hektar ini merupakan habitat yang nyaman untuk satwa-satwa liar seperti rusa, ular phyton dan lainnya. Pulau ini dikelilingi oleh hutan bakau yang subur sehingga disenangi oleh hewan-hewan tertentu. Di Pulau Handeleum terdapat sungai yang membelah pulau sehingga sungai ini sering di susuri dengan sampan atau perahu kecil.

objek wisata Pulau Handeleum

@khafidmardiyansyah

Itulah beberapa objek wisata menarik di Ujung Kulon. Jika Anda berencana untuk wisata ke sana maka Anda harus pastikan bahwa Anda akan mendatangi semua tempat yang direkomendasikan dalam artikel ini. Jika ada satu tempat yang tidak dikunjungi maka kunjungan Anda akan terasa kurang memuaskan. Untuk berwisata di Taman Nasional Ujung Kulon bisa dengan 2 cara. Pertama, atur sendiri itinerary dan biaya kunjungan dibagi rata dengan teman-teman perjalanan Anda yang dikenal dengan share cost. Kedua, Anda bisa mengikuti open trip atau paket wisata yang ditawarkan oleh banyak agen wisata sehingga Anda tidak perlu repot mengatur perjalanan.

tempat wisata ujung kulon

@bantenvacation

Kedua cara itu memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Opsi pertama dengan share cost, keuntungannya Anda akan membayar biaya wisata dengan lebih murah namun kerugiannya Anda akan sangat lelah karena harus mengatur perjalanan dan semua kebutuhan secara mandiri. Opsi kedua memiliki keuntungan yaitu Anda akan berwisata dengan santai tanpa perlu memikirkan itinerary atau kebutuhan wisata. Sedangkan kekurangannya tentu saja Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena biaya wisata menjadi lebih mahal. Gaya wisata Anda menentukan pilihan Anda. Jadi kebebasan untuk memilih adalah hak Anda sepenuhnya.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.