Wisata Alam di Pacitan Pasti Berkesan

Wisata Alam di Pacitan Pasti Berkesan

Pernah mendengar nama kota Pacitan? Kota ini berada di Jawa Timur namun sebenarnya letaknya berdekatan dengan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tak jarang para traveler yang berwisata di Pacitan umumnya memang memulai penjelajahan dari Yogyakarta. Pacitan terkenal kaya akan objek wisata alam berupa pantai dan goa, bahkan kota ini dijuluki kota 1001 goa lho. Banyaknya tempat wisata yang seru di Pacitan pasti membuat Anda bingung harus ke mana saja. Berikut ini beberapa tempat wisata seru yang harus dikunjungi.

  • Goa Gong

Wisata Alam Goa Gong

@sufihm

Pacitan dikelilingi oleh pegunungan kapur sehingga tanah di daerah ini kering dan tidak subur maka masyarakat setempat sedikit yang berprofesi sebagai petani. Keadilan Yang Maha Kuasa tidak pernah padam, walau tanahnya tidak subur namun terdapat anugrah besar di bawah tanah. Salah satu anugrah di bawah tanah adalah Goa Gong yang merupakan goa terindah di Asia Tenggara. Barisan stalaktit dan stalakmit di goa ini begitu indah. Goa ini sudah dikelola sehingga sudah ada penerangan yang cukup di goa ini. Para pengunjung bisa menyusuri lorong goa sepanjang 256 meter tanpa takut tersesat atau tersandung karena goa ini cukup terang. Goa ini berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Pacitan ke arah Wonogiri. Harga tiket masuk per orang hanya Rp 5.000, jika butuh guide maka Anda harus menyewa jasanya dengan tariff Rp 30.000 saja.

Alasan kenapa Goa Gong dinobatkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara akan ditemukan di ujung lorong goa. Di sana terdapat sebuah ruangan yang berbentuk kubah raksasa sepanjang 100 meter dengan lebar sekitar 40 meter dan tingginya sekitar 30 meter. Semua pengunjung akan terkagum-kagum melihat stalaktit dan stalakmit beraneka bentuk dan ukuran di seluruh penjuru ruangan. Beberapa stalaktit dan stalakmit telah diberi nama karena keindahannya. Nama-nama yang diberikan antara lain Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro, dan Buwono. Waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri seluruh bagian goa ini sekitar 2 jam. Di dalam goa ini juga terdapat beberapa mata air (sendang) yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Kamulyan, dan lain-lain.

  • Pantai Srau

Wisata Alam Pantai Srau

@ichaapriliasiami

Pantai ini bernama Srau karena terletak di Dusun Srau yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Jalan menuju pantai ini sudah baik dan mudah didatangi karena terdapat petunjuk arah. Sebaiknya menyewa kendaraan berupa motor atau mobil untuk eksplor Pacitan karena kendaraan umum jarang ditemui dan waktu tempuhnya lama. Pantai ini mulai menjadi primadona karena keindahannya tidak akan membuat Anda menyesal. Pasir pantai yang putih bersih, panorama perbukitan karang yang indah, dan ombaknya cukup besar sehingga pantai ini cocok untuk dijadikan tempat berselancar (surfing). Sebelah timur pantai ini cocok untuk menikmati sunrise yang indah. Di bibir pantai ada sekumpulan batu karang yang membentuk perbukitan kecil dengan air laut yang jernih membuat Anda tidak akan jemu untuk memandanginya. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk menyaksikan keindahan ini. Uniknya di tempat ini tidak perlu bayar parkir kendaraan. Jika ingin menginap di dekat pantai, tidak ada penginapan sehingga Anda harus menyewa kamar di rumah penduduk atau berkemah di tepi pantai dengan meminta izin penjaga terlebih dahulu.

  • Pantai Klayar

Wisata Alam Pantai Klayar

@ajiprr

Pantai yang sangat unik ini wajib dikunjungi. Pantai Klayar memiliki pesona alam yang unik berupa karang raksasa yang berbentuk seperti Sphinx yang memancurkan air laut hingga 10 meter yang disebut dengan istilah seruling pantai. Dinamakan seperti itu karena air yang menyembur ke atas itu berbunyi seperti seruling. Anda wajib mengabadikan fenomena alam itu dalam video dan foto. Pantai ini berada di Desa Salak, Kecamatan Donorojo. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Pacitan sehingga membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk tiba di pantai ini.

Kepoin Yang Ini  Probolinggo, Wisata Alam Ciamik yang Tak Terungkap

Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan untuk datang ke pantai ini karena tidak ada kendaraan umum yang melintas. Jika mengendarai mobil atau motor harus berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan ada bagian jalan yang kurang bagus. Ada hal unik lainnya yang harus dicicipi saat berada di pantai ini yaitu legen yang merupakan air manis yang berasal dari kelapa. Air ini disebut air deresan yang dijadikan bahan baku untuk membuat gula jawa. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari karena sunset di pantai ini sangat indah. Semburat senja yang berwarna kemerahan menjadi momen indah yang harus dinikmati di pantai ini.

  • Pantai Banyu Tibo

Wisata Alam Pantai Banyu Tibo

@inijawatimur

Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Goa Gong sehingga jika Anda berwisata ke Goa Gong harus mengunjungi pantai ini juga. Lokasinya berada di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. Dinamakan “Banyu Tibo’ yang berarti air jatuh karena di pantai in terdapat fenomena alam yang unik berupa air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Fenomena langka ini jarang ada di pantai lainnya sehingga Anda wajib mengabadikan panorama indah ini. Air terjun tersebut berasal dari pegunungan yang mengelilingi area pantai ini. Rute menuju pantai ini aksesnya baik sehingga siapapun tidak akan kesulitan dalam perjalanan. Namun saat sudah dekat lokasi pantai jalanan cenderung kurang bagus karena belum beraspal sehingga harus sedikit berhati-hati. Harga karcis masuk hanya sebesar Rp 5.000 per orang dan Rp 3.000 untuk anak. Keindahan hanya perlu bayar murah benar-benar tidak boleh dilewatkan!

  • Goa Tabuhan

Wisata Alam Goa Tabuhan

@giacinta61

Ada sebuah goa unik yang jaraknya tidak jauh dari Goa Gong yakni Goa Tabuhan. Sesuai dengan nama desa di mana goa ini berada yaitu Desa Tabuhan sehingga goa ini dinamakan Goa Tabuhan. Jika ingin berwisata ke Goa Gong maka Anda pasti akan melewati goa ini sehingga Anda harus mampir juga ke goa ini. Terdapat situs purbakala di dalam goa ini yang terdiri dari 2 ruangan besar yang berbentuk seperti alat-alat purbakala yang sering digunakan oleh manusia purba. Sebelumnya goa ini bernama Goa Tapan karena dahulu sering dipakai untuk bertapa. Sebenarnya diberi nama Tabuhan juga karena di dalam goa ini terdapat stalaktit goa yang bisa dimainkan seperti gendang. Saat ditabuh atau dipukul maka stalaktit tersebut akan mengeluarkan bunyi. Sungguh unik ya goa ini, jadi jangan sampai melewatkan goa ini ya!

Kepoin Yang Ini  Sudut Timur Pulau Jawa yang Tertular Keindahan Bali

Itulah keunikan objek wisata yang ada di Pacitan. Jika mengaku sebagai traveler sejati maka Anda harus datang ke kota ini untuk melakukan petualangan seru yang mungkin tidak akan didapatkan di tempat lainnya! Ajak teman-teman untuk berkunjung ke Pacitan agar momen traveling menjadi lebih seru dan tak terlupakan. Keuntungan lainnya jika datang bersama teman pasti ada yang bisa disuruh untuk memotret Anda sewaktu berwisata. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.