Wisata Alam ke Gunung Telomoyo Menikmati Paralayang

Gunung Telomoyo merupakan salah satu gunung yang berada di daerah magelang. ketinggian gunung Telomoyo yaitu 1.894 dpl, sebenarnya gunung ini merupakan jenis gunung merapi tetapi dalam sejarahnya belum pernah tercatat meletus. dari atas puncak gunung Telomoyo anda bisa melihat beberapa kota sekitar antara lain salatiga, ambarawa dan secang.

Karena termasuk dalam jenis gunung merapi tidak aktif, maka terdapat kawah gunung Telomoyo yang luasnya mencapai 980 hektar dan disini juga menjadi titik tertinggi dari gunung ini.

Alamat gunung Telomoyo ini berada di desa nogosare, karang bawang getasan. sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota salatiga. untuk sampai ke puncak gunung Telomoyo ini anda bisa berjalan kaki melewati jalan setapak dengan trek yang terbilang cukup mudah bahkan bagi pendaki pemula sekalipun. nah uniknya disini tersedia landasan paralayan yang memang menjadi salah satu tujuan wisata datang ke gunung Telomoyo, akses jalan yang sudah bagus menjadikan tempat ini mudah sekali di datangi.

Nah di kalangan warga sekitar yang bermukim di kaki gunung yaitu tentang misteri gunung telomoyo yang berpusat di air terjun yang di beri nama air terjun sekar langit, nah air terjun inilah yang dipercaya masyarakat tentang kejadian yang melegenda yaitu jaka tarub dan 7 bidadari langit.

gambar dari IG @bo.gek

Wisatawan yang sekedar ingin berkunjung atau mendaki harus menyiapkan uang tiket masuk gunung telomoyo sebesar Rp 5.000/orang cukup murah kan. di gunung ini juga anda bisa menikmati sunrise gunung telomoyo (matahari terbit) yang memang di tunggu-tunggu wisatawan, saat waktu subuh sudah banyak sekali wisatawan yang berkumpul untuk melihat momen sunrise untuk di abadikan melalui kamera.

Kepoin Yang Ini  Cerita Seru Jepara yang Punya Keindahan Alam

Beberapa view yang bisa anda lihat dari puncak gunung Telomoyo antara lain danau rawa pening, gunung andong, gunung merbabu, gunung sumbing, gunung sindoro dan gunung ungaran. di puncak gunung Telomoyo terdapat tower radio yang menjadi pusat kendali ranger untuk memantau para pendaki yang tersesat.

gambar dari IG @natalia_raras

Oh iya walaupun akses ke puncak gunung ini sudah jalan aspal namun banyak jalan yang sudah rusak jadi disarankan untuk melewati dengan hati-hati terutama untuk kendaraan roda dua, akses dengan motor untuk sampai ke puncak kira-kira sekitar 20 menit saja.

Berikut ini beberapa tips untuk anda saat mendaki puncak gunung telomoyo:

  • Waktu yang paling bagus untuk mendaki puncak gunung tomoloyo yaitu saat sunrise dan sore hari sebelum matahari terbenam.
  • Jika ingin mendaki dengan berjalan kaki agar selalu berhati-hati mengingat kondisi jalan yang kurang baik.
  • Selalu jaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan di area pendakian gunung Telomoyo.
  • Bawalah perbekalan yang cukup sebelum mendaki.
  • Disarankan untuk menggunakan sepatu gunung yang nyaman serta jaket tebal untuk melawan dingin yang ekstrem di gunung telomoyo yang bisa mencapai 5 derajat celsius
  • Siapkan juga peralatan seperti senter untuk menghadapi kabut tipis saat mendaki, dan saat terjadi badai usahakan untuk berhenti mendaki dan membuat tenda darurat hal ini dilakukan agar pendaki tidak tersesat.

gambar dari IG @stembadigart

Nah jika di lihat pada peta pendakian terdapat beberapa pos yang bisa di lalui sebelum sampai ke puncak gunung Telomoyo yaitu :

  • Basecamp (anda diwajibkan melapor sebelum mendaki ke puncak)
  • Prasasti Ngrawan
  • Pos 1 Watu slongor
  • Pos 2
  • Pos 3
  • Mata Air
  • Pos 4
  • Air Terjun
  • Puncak Telomoyo (Tower PLN)
Kepoin Yang Ini  Pesona Maha Karya Tuhan di Wonosobo

Nah itulah beberapa informasi mengenai gunung Telomoyo, semoga bisa mencerahkan anda semua.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.