fbpx
Wisata Kalimantan Selatan

Wisata Antimainstream di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan dengan ibukota Banjarmasin memiliki banyak destinasi wisata yang harus dikunjungi. Kalimantan yang identik dengan sungai memang terwakili oleh Kalimantan Selatan. Jika pada saat belajar Geografi waktu sekolah dahulu pasti kita mengenal Kalimantan sebagai pulau yang identik dengan hutan dan sungai seolah tidak memiliki gunung. Anggapan itu salah ternyata di Kalimantan Selatan terdapat beberapa gunung dengan panorama yang indah.  Sudah penasaran seperti apa wisata yang ada di Kalimantan Selatan? Simak terus artikel ini sampai selesai ya.

Wisata di Kalimantan Selatan

  • Danau Seran

Wisata Alam Danau Seran Kalimantan Selatan
@lelanangjagat

Danau yang terletak di wilayah Banjarbaru Kalimantan Selatan ini sangat layak untuk dikunjungi. Lokasinya yang dekat dari Bandara Syamsudi Noor sangat mudah untuk ditemukan. Jika bingung harus ke mana saat menunggu teman atau mulainya acara maka sebaiknya Anda ke Danau Seran untuk mendapatkan udara segar dan pemandangan yang indah. Untuk menuju lokasi, Anda bisa memesan ojek online yang butuh waktu hanya sekitar 10 hingga 20 menit dari bandara dengan tariff yang cukup murah. Danau ini tidak seperti danau pada umumnya karena ada pulau mungil dan cantik di seberangnya sehingga kalau punya waktu senggang yang lama maka Anda harus menyeberang ke pulau itu. Sebaiknya berwisata ke Danau Seran pada musim kemarau karena air danau tidak akan keruh dan pemandangannya menjadi sangat indah.

Terdapat fasilitas kapal tradisional untuk mengelilingi danau dan menyebrang ke pulau. Jika ingin berkeliling danau bisa membayar kapal sebesar Rp 15.000 per orang, sedangkan untuk menyebrang pulau hanya Rp 5.000 per orang karena tidak sampai 5 menit pasti sudah ada di pulau itu. Pemandangan yang unik juga bisa kita nikmati di pulau kecil itu karena pepohonan hijau yang rindang serta ketersediaan fasilitas yang ciamik seperti ayunan, rumah pohon, dan payung-payung  cantik yang digantung di pohon-pohon. Bersama keluarga atau teman-teman semakin asik karena ada warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman yang cukup mengenyangkan. Kalau ingin camping dengan membawa makanan dari rumah juga bisa tetapi ingat sampahnya harus dibuang ke tempat sampah yang disediakan.

  • Wisata Alam Pagat Batu Benawa

Wisata Alam Pagat Batu Benawa
@banjarmasinkeren_

Kawasan wisata alam yang masih baru ini harus segera Anda datangi sebelum ramai pengunjung. Lokasi tempat ini di Pagat, Hulu Sungai Tengah. Untuk menuju lokasi wisata ini harus memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang melintasi daerah itu. Area pagat ini terletak di kaki Bukit Batu Bini berjarak sekitar 7 km dari kota Barabai. Wisata lengkap ada di tempat ini dan karcis masuknya sangat murah yakni Rp 3.000 saja. Ada apa saja di tempat ini? Anda bisa menikmati wisata bukit, sungai, goa yang dilatar belakangi pegunungan. Kesejukan udara dan panorama sawah yang indah juga menjadi daya tarik tempat ini. Kalimantan yang identik dengan sungai bisa dibuktikan di sini. Para pengunjung bisa bermain di tepi sungai kemudian menyebrang untuk menyusuri goa yang indah.

Kepoin Yang Ini  Hulu Sungai Selatan, Kecantikan Alam di Kalimantan Selatan
Lokasi Wisata Pagat Batu Benawa
@ozanpb

Untuk menyebrang agar bisa mendaki bukit atau menyusuri goa ada 2 cara yaitu melewati jembatan yang indah atau dengan rakit buatan penduduk yang harus bayar Rp 2.000 per orang. Naik rakit tentunya punya sensasi berbeda daripada sekedar melewati jembatan. Adrenalin akan sedikit terpacu karena rakit relatif bergoyang saat diinjak. Jadi sangat direkomendasikan untuk mencoba kedua cara itu agar merasakan 2 sensasi berbeda. Misalnya untuk menyebrang ke bukit dengan naik rakit kemudian untuk kembali melewati jembatan atau sebaliknya. Uang yang tidak seberapa itu bisa memberi penghasilan tambahan lho kepada penduduk lokal. Tidak usah takut lapar atau haus karena ada penjual yang menjajakan makanan dan minuman.

Bagi para penyuka tantangan atau ingin menguji adrenalin maka harus mendaki bukit yang cukup terjal dan melelahkan. Rasa lelah akan terbayar lunas oleh pemandangan di atas bukit yang sangat indah. Anda bisa selfie dari ketinggian yang terlihat seolah Anda sudah mendaki gunung yang sangat tinggi. Sangat disarankan untuk berwisata pada musim kemarau agar jalan atau trek tidak licin sehingga tidak membahayakan. Pada musim kemarau, air juga akan sangat jernih karena tidak bercampur air hujan yang terkadang membuat air sungai berwarna kecoklatan sehingga terlihat kotor. Bagi para backpacker yang ingin camping ceria juga bisa lho karena terdapat area untuk camping di pinggir sungai.

  • Pasar Terapung Banjarmasin

Wisata Pasar Terapung Banjarmasin
@pandaxboz_

Tempat yang menjadi khas Kalimantan Selatan tentunya tidak boleh dilewatkan. Anda akan melihat pasar terapung seperti yang pernah hits pada iklan RCTI zaman dahulu. Pasar terapung ini telah menjadi objek wisata yang terletak di Sungai Barito. Pasar tradisional ini buka dari pukul 06.30 sampai pukul 08.00 WITA. Harus diingat ya, pasar terapung ini hanya buka pada pagi hari. Semua pedagang dan pembeli memakai alat transportasi bernama jukung (perahu) untuk melakukan transaksi jual beli. Jika ingin merasakan keunikan yang hanya ada di Kalimantan Selatan maka pasar ini harus dikunjungi. Untuk menuju Sungai Barito ini dari Bandara Syamsudin Noor hanya sekitar 45 menit. Berbagai makanan tradisional dan buah-buahan dijual di sini seperti pasar tradisional pada umumnya namun pasar ini berbeda karena dilakukan di sungai. Anda akan merasakan keramaian tradisional yang khas dan naik perahu kecil sambil berbelanja. Harga yang ditawarkan juga cukup murah jadi kalau bisa tidak usah menawar ya, anggap saja sebagai satu cara untuk menghidupkan roda ekonomi daerah.

Kepoin Yang Ini  Gemerlap Alam Martapura Bagai Intan

Keseruan pasar ini tidak akan ditemukan di tempat lain karena banyak hal unik yang bisa dilihat. Anda bisa memandangi rumah-rumah tradisional warga sungai Barito yang terbuat dari kayu ulin yang kuat dan anti air sehingga rumah-rumah di sana tidak mudah rusak karena tahan dengan berbagai musim. Melalui Sungai Barito Anda bisa menyebrang ke Pulau Kembang. Ada apa di pulau itu? Ada cukup banyak monyet ekor panjang dan monyet berhidung mancung bernama bekantan yang hidup di pulau ini. Layaknya monyet pada umumnya, jangan sampai membawa makanan yak arena mereka akan mengincar Anda. Jangan memakai aksesoris yang mengundang perhatian monyet karena mereka pasti akan mencurinya. Singkatnya durasi pasar terapung maka sebaiknya dilengkapi dengan wisata ke Pulau Kembang.

Setelah membaca artikel ini pasti Anda tidak akan bingung lagi harus wisata ke mana. Bagi Anda penyuka wisata domestic maka Kalimantan Selatan harus masuk daftar kunjungan Anda. Tiket pesawat pulang pergi yang tidak mahal juga bisa menjadi faktor pendorong untuk ke sini. Coba cek harga penerbangan ke Kalimantan Selatan sekarang pasti tidak akan membuat kantong Anda jebol. Keindahan dan keunikan tidak akan terbayar dengan uang berapa pun nominalnya. Jadi tidak usah ragu lagi untuk membeli tiket pesawat ke Kalimantan Selatan ya. Enjoy your trip!

Wisata Alam Lainnya :

Kepoin Yang Ini  Hulu Sungai Selatan, Kecantikan Alam di Kalimantan Selatan
Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Adblock Detected

Tolong bantu kami dengan mematikan anti iklan. Terima kasih