Wisata Manis di Daerah Hitam Manis

Wisata Manis di Daerah Hitam Manis

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Negara ini menyimpan keindahan surga di setiap pulaunya. Salah satu keindahan alam terindah ada di Maluku yang terkenal dengan Ambon Manise atau si hitam manis. Kenapa dijuluki seperti itu? Karena memang orang asli Maluku sebagian besar berkulit eksotis kehitaman namun wajahnya sangat manis. Banyak spot wisata indah yang bisa dikunjungi di Maluku jika Anda mulai bosan dengan spot wisata yang terlalu ramai dikunjungi. Indonesia Bagian Timur masih relatif sepi termasuk daerah Maluku ini sehingga daerah ini sangat layak untuk dikunjungi jika butuh ketenangan. Berikut ini beberapa tempat wisata alam di Maluku yang harus dikunjungi segera mumpung belum ramai.

  • Danau Rana

Danau terbesar di Kepulauan Maluku yang berjarak sekitar 63 km dari pusat kota Namlea adalah Danau Rana. Namlea, kota paling ramai di pulau pembuangan Pramoedya Ananta Toer. Perjalanan menuju danau ini tidak mudah karena banyak alat transportasi yang harus dinaiki. Pertama, naik kapal feri dari Ambon ke Pulau Buru. Sampai itu dilanjutkan naik mobil selama 1,5 jam dari kota Namlea ke Desa Wamlana. Lalu Anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 43 km untuk mencapai Danau Rana. Perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan akan terbayar dengan pemandangan indah di danau ini yang berupa hutan alami berpadu dengan pantulan langit ke permukaan air jernih. Danau Rana semakin cantik karena dihiasi bunga teratai. Waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah sore hari menjelang senja. Air danau yang tenang akan memantulkan warna langit jingga yang syahdu. Rasanya seperti di surga ya jadi segera datang ke danau ini. 

  • Teluk Ambon

Wisata Alam di Teluk Ambon

@y223f8

Teluk Ambon yang dikelilingi wilayah perbukitan benar-benar indah dan tak akan ada yang bisa memungkirinya. Birunya laut yang senada dengan langit ini ditumbuhi lamun, karang dan tumbuhan mangrove menjadi penghias panorama alam. Pengaruh laut Banda begitu terasa di teluk ini. Surga ini menjadi tempat ideal yang melukiskan keindahan. Maluku memang pantas dijadikan salah satu destinasi wisata kelas dunia.

  • Pantai ‘Santai’ Ambon

Wisata Alam di Pantai Santai Ambon

@duppy_septiano

Tempat yang paling pas untuk bersantai di Ambon ya Panta Santai. Kepuasaan akan Anda rasakan karena pesona pasir putih yang halus seperti bedak dan lautnya yang sangat jernih. Pantai Santai belum terlalu terkenal sehingga pantai ini sangat cocok untuk honeymoon. Pantai ini berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon. Berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Ambon bisa ditempuh selama 30 menit saja. Sekitar 100 meter dari bibir pantai, airnya juga tetap terlihat jernih dan dangkal seolah menggoda siapapun untuk berenang atau sekedar bermain air. Bebatuan karang di tepi pantai menjadi daya tarik bagi para pecinta fotografi. Santai sambil tiduran di pinggir pantai dengan dipayungi pohon kelapa adalah aktivitas terbaik yang bisa dilakukan. Keindahan bawah lautnya tak kalah cantik sehingga para pecinta laut wajib snorkeling atau diving. Jika tidak bawa alat selam maka Anda bisa menyewa di tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Terumbu karang yang cantik, ikan laut yang berwana-warni dan bintang laut yang lucu pasti menyambut kedatangan Anda dengan ramah.

  • Pantai Lelisa

Pantai Lelisa berada di Ambon tepatnya di seberang Pantai Santai dan Pantai Namalatu. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari. Pesona keindahan sunset wajib dilihat dari pantai ini. selain itu, tak mengherankan jika pantai ini ramai didatangi pada sore hari juga. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain berenang, menyelam, berjemur dan menghirup udara sambil menikmati deburan onbak pantai. Pemandangan pantai ini juga tidak kalah indah karena ada bebatuan karang di tepi pantainya. Saat air laut surut, batu-batu karang itu akan menjadi objek foto yang ciamik. Pemerintah Ambon telah membangun fasilitas dan penginapan di sekitar pantai ini sehingga siapa pun yang ingin berwisata tidak akan merasa kesulitan.

  • Pulau Pombo

Wisata Alam Pulau Pombo

@longlivethekingz

Pulau Pombo termasuk Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari Ambon untuk datang ke surga tersembunyi ini. Anda harus menyewa speedboat dari Tulehu dengan tarif Rp500.000 per kapal yang tarifnya bisa berubah sewaktu-waktu. Anda pasti melihat pulau mungil ini mengambang sendirian di tengah laut dari kejauhan. Hamparan pasir putih dan gradasi warna hijau kebiruan benar-benar membuat pulau ini eksotis. Dengan luas sekitar 3 km persegi ini siapapun bisa berwisata dengan puas serasa pulau milik pribadi karena pulau ini tidak berpenghuni. Namun pulau ini cukup dekat dengan Pulau Ambon sehingga mudah dijangkau dengan kapal.

Bagi anda yang mencari tau tentang clean water maluku utara, bisa mencari info lengkapnya di link bawah ini.

Kepoin Yang Ini  Apa itu Clean Water Maluku Utara?

Pulau terpencil ini memang masih jauh dari perhatian dan pembangunan pemerintah sehingga pulau ini benar-benar perawan. Bagi pecinta fauna pasti akan senang karena bisa melihat burung-burung Pombo yang hanya hidup di Kepulauan Maluku. Keindahan pulau ini semakin menakjubkan saat air sedang surut. Daratan semakin terlihat dengan pasir-pasir putih bersih dan lembut seperti bedak. Jika ingin menelusuri pulau ini lebih jauh, Anda harus memakai alas kaki karena banyak batu karang yang tajam. Bagi pecinta laut wajib snorkeling atau diving untuk melihat ikan, kerang, dan rumput laut yang beraneka warna dan jenis. Biota laut dan kekayaan alam yang terlihat di sekitar Pulau Pombo akan membuat takjub dan tak ingin pergi dari laut.

  • Pantai Ora

 

Wisata Alam Pantai Ora

@videolucuhaha

Pantai Ora wajib dikunjungi jika Anda berada di Maluku. Pantai ini menjadi tujuan wisata utama dan terfavorit saat ini. Jadi tak usah heran kalau pantai ini cukup ramai oleh turis lokal maupun mancanegara. Keindahan alam sekitar dan alam bawah lautnya menjadi penggoda utama untuk berwisata ke pantai ini. Pastikan Anda snorkeling atau diving di laut sekitar pantai ini karena terumbu karang dan biota laut lainnya yang beraneka jenis dan warna pasti membuat wisata Anda sangat berkesan. Pantai Ora terletak di Utara Pulau Seram tepatnya di Desa Saleman, Maluku. Perjalanan menuju Pantai Ora sangat jauh dari Bandara Internasional Pattimura. Dari Bandara Pattimura, Anda harus menuju Pelabuhan Kapal cepat di desa Tulehu untuk menyeberang ke Pulau Seram. Sebelum tiba di Desa Saleman, Anda akan melewati hutan rimba yang berkelok-kelok di Pulau Seram, namun tenang saja akses jalan sudah beraspal baik. Keasrian dan keunikan jalur pasti akan menemani perjalanan Anda sehingga tidak akan terasa lama. Hutan belantara itu memiliki sebuah lokasi yang disebut Pintu Angin oleh masyarakat setempat. Biasanya pengemudi akan berhenti di pintu angin terlebih dahulu untuk memberi kesempatan Anda yang suka berfoto dan menghirup udara sejuk secara langsung. Setelah itu, Anda akan melanjutkan perjalanan hanya sekitar 5 menit menuruni bukit dan memasuki desa Saleman. Selamat datang di Ora Beach.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.