Wisata Mitos Curug Nangga Ajibarang

Curug Nangga Ajibarang Banyumas

Curug Nangga, terletak di desa Petahunan, Banyumas, Jawa Tengah mulai dikenal oleh banyak orang. Jika ingin naik ojek ke sana memang lebih baik, untuk kembali naik ojek juga bisa karena ada pangkalan ojek cikawung di dekat sana.

Panorama Alam Curug Nangga

@ajieaprilianto

Letak Curug Nangga

Anda sebaiknya jalan kaki menuju ke lokasi Curug Nangga dengan menyusuri jalan desa semedo atau terkenal dengan sebutan desa ‘Negeri Atas Angin’. Jalan menuju curg itu sebagian besar berupa tanjakan sehingga cukup melelahkan jika berjalan kaki. Lokasi Curug Nangga tidak jauh dari SD/MI Petahunan. Jika berjalan kaki harus berhati-hati karena rute jalannya agak licin. Sisi positif dari berjalan kaki menuju lokasi adalah badan menjadi sehat karena berolahraga dan bisa beribadah karena banyak tersenyum dengan warga lokal di sekitar Curug Nangga.

Anda ingin melihat kolam renang yang berada di bukit dengan pemandangannya yang indah? Klik link di bawah ini aja!

Kepoin Yang Ini  Berenang di Ketinggian Kolam Renang Deefa Palu

Tiket masuk Curug Nangga

Lumayan kan bisa berolahraga sambil ibadah selama 30 menit hingga akhirnya sampai di lokasi.Tiket masuk Curug Nangga sebesar Rp.10.000 per orang. Jika bawa kendaraan pribadi tidak usah khawatir karena tersedia lahan parkir kendaraan di halaman rumah warga sekitar. Untuk biaya parkir mobil sebesar Rp. 5000 sedangkan untuk motor sebesar Rp 2000. Lokasi Curug Nangga ini memang berada di seberang bukit sehingga para pengunjung harus berjalan kaki sejauh 800 meter dari lokasi parkir.

https://www.kompasiana.com/arsantaka

Jalan menuju Curug Nangga sudah cukup rapi dengan bebatuan tersusun rapi. Setiap tingkatan curug ini memiliki besaran yang berbeda. Jika tidak kuat jalan atau membawa anak kecil sebaiknya berwisata di curug bawah saja karena curug tertinggi harus melewati jalan tanah dan batu di samping curug dengan kondisi yang belum tersusun rapi. Curug pada tingkat ke 5 dari atas ada kolam besar, namun harus berhati-hati karena batu-batu di curug ini licin dengan ketinggian setiap curug sekitar 5 sampai 10 meter.

Dan bagi anda, kami juga menyediakan informasi mengenai paket wisata Merauke di link bawah ini.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Alam Merauke di Kota Paling Timur Indonesia

Kondisi curug pertama dari atas ada tebing lebar dengan curahan air yang merata. Di area pinggir curug pertama bersemak-semak dan banyak pohon. Jika ingin bermain air atau basah-basahan maka jangan lupa bawa baju ganti. Tersedia toilet dan tempat ganti baju namun sayangnya ada di atas bukit.

https://www.kompasiana.com/arsantaka

Mitos Curug Nangga Ajibarang

Menurut mitos warga sekitar, curug ini pernah menjadi tempat Sunan Kalijaga bersemedi. Namanya mitos, tidak ada bukti yang menunjukkan keterangan bahwa beliau pernah berada ditempat itu. Baik dari kesaksian warga, tulisan, atau benda peninggalan. Untuk asal-usul dari Curug Nannga ini pun tidak ada yang mengetahui. Warga sekitar melihat bentuk curug yang mirip dengan tangga, lama kelamaan orang terbiasa menyebutnya Nangga, dan dikenal lah Curug Nangga Ajibarang.

Demikian lah tulisan tentang Curug Nangga Ajibarang. Kalau kalian suka, jangan segan untuk membagikannya di sosial media kalian.

Sampai jumpa di bahasan wisata lainnya. Dadah….

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.