Wisata yang Horas Bah di Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara yang memiliki ibukota bernama Medan ini menjadi tempat wisata favorit para pelancong. Tidak hanya turis domestik, keindahan daerah ini juga terkenal ke luar negeri sehingga banyak turis mancanegara yang datang ke daerah ini. Satu objek wisata yang mendunia adalah Danau Toba yang luasnya seperti laut.

Wisata Alam di Sumatera Utara

Untuk berkunjung ke sini maka Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Kualanamu yang megah, naik bus antar provinsi jika memang tinggal di Pulau Sumatera, atau naik mobil pribadi dari daerah sekitar Sumatera Utara. Provinsi ini harus dikunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup karena seiring berjalannya waktu daerah ini semakin tertata apik. Berikut ini beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Sumatera Utara.

  • Danau Toba

Wisata Alam di Danau Toba

@noorcholis

Danau yang sangat luas bahkan lebih luas dari Singapura ini bagaikan laut. Bahkan Danau Toba diketahui sebagai danau terluas di dunia yang terbentuk akibat erupsi gunung berapi yang termasuk dalam daftar Guinness World Records. Keindahannya sudah mendunia sehingga banyak orang yang tahu tentang danau ini dan penasaran sehingga datang langsung untuk menyaksikan kemegahan danau ini. Asal mula terbentuknya danau ini kurang lebih karena gunung berapi meletus yang menjadikan sebuah kawah besar yang lama kelamaan dipenuhi air sehingga terbentuk menjadi danau. Ada sebuah pulau kecil di tengah danau ini yang bernama Pulau Samosir. Pulau ini juga tidak kalah indahnya dengan Danau Toba. Keduanya merupakan jantung yang menjadi pemompa kehidupan Suku Batak. Saat berkunjung kedua tempat ini maka Anda akan bisa berinteraksi langsung dengan suku batak.

View Danau Toba Sumatera Utara

@manaluchrisman

Udara yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air danau yang jernih berwarna biru, dan pegunungan hijau yang indah adalah gambaran kasat mata tentang danau raksasa ini.Sebaiknya datang ke Danau Toba pada April hingga Agustus karena Anda mungkin bisa menyaksikan acara ritual tradisional dari Suku Batak yaitu upacara Pesta Masyarakat Danau Toba. Upacara adat itu diadakan untuk mengingat nenek moyang dengan menampilkan nyanyian, acara olahraga, dan tarian batak. Jika ingin menginap di sekitar danau agar bisa menikmati keindahannya di pagi hari maka Anda harus menginap. Tersedia berbagai jenis penginapan yang bisa dipesan.

  • Taman Alam Lumbini

Wisata Taman Alam Lumbini

@liburan.kita

Jika berkesempatan untuk datang ke Medan, maka cobalah untuk mengeksplor daerah lainnya. Ada sebuah tempat menakjubkan di Tanah Karo ini yang terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Tempat yang dimaksud adalah Taman Alam Lumbini. Sebuah tempat yang akan membuat Anda berasa di luar negeri seperti Thailand atau Myanmar. Namun Anda tak perlu repot pergi ke luar negeri, datangi saja tempat ini yang lokasinya 50 km dari Medan dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Anda tidak perlu bayar tiket masuk kawasan ini karena setiap pengunjung hanya punya kewajiban untuk mengisi buku tamu yang ada di depan gerbang masuk. Walaupun tidak dipungut bayaran, tempat ini sangat tertata apik karena dikelola oleh pemerintah setempat. Taman Alam Lumbini yang luas lokasinya 3 hektar ini sangat unik.

Tempat Wisata Taman Alam Lumbini

@rickygazali

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik adalah replika Pagoda Shwedagon raksasa yang berada di Myanmar. Replika yang dibuka sejak tahun 2010 ini merupakan pagoda tertinggi kedua yang berada di luar Myanmar dan tentunya pagoda tertinggi di Indonesia. Jika ingin melihat pagona ini lebih dekat maka Anda harus melewati sebuah jembatan gantung sepanjang 20 meter bernama Titi Lumbini untuk menyebrang yang dihiasi dengan puluhan lentera yang bergelantungan. Di bawah Titi Lumbini ada  taman yang indah dan ditata dengan apik sehingga taman ini terlihat sangat menarik untuk berfoto atau bersantai. Setibanya di area pagoda, Anda akan melihat relief-relief unik dan patung-patung Buddha yang menyambut para pengunjung karena terletak di depan bangunan utama Pagoda emas ini. Di sebelah kiri bangunan utama tersebut ada sebuah menara dengan puncaknya berbentuk burung bekisar. Ada hiasan sulur berupa gelang-gelang emas sepanjang 1,5 meter di bawah pagoda ini. Puluhan lonceng sebagai hiasan akan berdentang jika tertiup angin karena letaknya di puncak pagoda.

  • Air Terjun Sipiso Piso

Wisata Alam Air Terjun Sipiso Piso

@ayodolan

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini letaknya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tempat  yang menjadi patokan dari destinasi ini adalah pemukiman Desa Tongging yang letaknya tidak begitu jauh. Air terjun yang berada di perbukitan setinggi 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus ini dikelola oleh Pemda Kabupaten Karo. Air Terjun Sipiso-piso merupakan air tertinggi di Indonesia karena memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Kabupaten Karo menjadi daerah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam dan luar negeri karena keberadaan air terjun yang megah ini.

Wisata Air Terjun Sipiso Piso

@farizradzi

Untuk menuju air terjun ini bisa dengan kendaraan umum, kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Jika memakai transportasi umum dari Medan, maka naik bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah tiba di Kabanjahe, lanutkan perjalanan dengan bus menuju Danau Toba dengan waktu tempuh sekitar 30 menit yang berjarak sekitar 24 Km. Pesona Air Terjun Sipiso-piso ini terlihat megah karena memang sangat tinggi dan aliran airnya deras. Sebelum bermain air sebaiknya Anda berkunjung ke gardu pandang terlebih dahulu yang terletak di puncak bukit untuk melihat hamparan keindahan Tanah Karo dan Danau Toba yang di tengahnya terdapat Pulau Samosir. Untuk menuju lokasi air terjun sudah tersedia jalur yang berbentuk anak tangga sehingga para wisatawan akan merasa lebih aman tanpa takut terpleset. Sekitar 1 jam dengan berjalan kaki untuk mencapai dasar air terjun ini sehingga bisa bermain air, berfoto, atau kegiatan mengasikkan lainnya. Pemandangan di sekitar air terjun ini juga sangat mengagumkan karena hijaunya pepohonan pinus yang rimbun. Jika ingin merenung juga bisa karena air terjun ini memiliki aliran air yang bergemuruh membuat Anda merasa damai dan tenang.

  • Air Terjun dan Telaga Dua Warna Sibolangit

Wisata Telaga Dua Warna Sibolangit

@riki_syah12

Air Terjun Dua Warna dengan ketinggian 1270 meter ini terletak di Kecamatan Sibolangit sehingga kerap dijuluki Air Terjun Sibolangit. Jika ingin datang ke lokasi air terjun ini dengan kendaraan umum maka Anda bisa naik bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Medan dengan jurusan Bumi Perkemahan Sibolangit Kabupaten Karo. Namun sebaiknya Anda memakai mobil pribadi atau mobil rental beserta supir. Jika belum pernah ke tempat ini sebaiknya Anda menyewa guide atau mengajak teman yang pernah datang ke sini karena area perjalanannya cukup sulit dan menguji adrenalin dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Jasa menyewa pemandu sebesar Rp 100.000 hingga 300.000 tergantung banyaknya orang yang harus dipandu. Namun setelah tiba di sana, rasanya semua lelah akan hilang seketika. Sebelum menikmati keindahan air terjun, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 yang tentunya tidak sebanding dengan kepuasan yang akan didapat.

Telaga Sibolangit Sumatera Utara

@mountainadventureind

Sumber airnya berasal dari Gunung Sibayak yang memiliki dua gradasi warna yang berbeda sehingga diberi nama Air Terjun Dua Warna. Air yang mengalir dari pancuran di bawah berwarna putih keabu-abuan sedangkan air terjun yang meluncur dari atas berwarna biru muda. Air terjun itu terdiri dari tiga air terjun yang alirannya cukup deras dengan pemandangan sekeliling yang sangat indah. Orang Tionghoa percaya jika mereka berkunjung ke air terjun ini maka mereka akan hoki seumur hidup. Sebenarnya perbedaan warna air ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang sehingga airnya tidak boleh diminum karena beracun. Selain memiliki 2 warna, air terjun ini juga punya 2 suhu. Air yang berwarna biru terasa dingin dan air yang berwarna putih keabu-abuan terasa hangat. Jika ingin berenang atau berendam diperbolehkan, berkemah juga boleh jadi jika ingin menikmati keindahan air terjun ini lebih lama maka Anda bisa berkemah.

Kepoin Yang Ini  Pulau Samosir, 1 Pulau Berjuta Keindahan


Itulah destinasi luar biasa yang ada di Sumatera Utara yang harus dicoba. Jika Anda belum mencicipi keindahan tempat-tempat itu setidaknya satu saja maka kunjungan Anda akan terasa kurang. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.